Penerapan pembelajaran kooperatif model GI (Group Investigation) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi pokok bahasan pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan kelas XI IPS III MAN Tulungagung I / Mohamad Mamba
Main Author: | Su'ud, Mohamad Mambaus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52772/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSuudMohamadMambaus.2009.PenerapanPembelajaranKooperatifModelGI(GroupInvestigation)untukMeningkatkanAktivitasdanHasilBelajarSiswapadaMataPelajaranGeografiPokokBahasanPelestarianLingkunganHidupdanPembangunanBerkelanjutanKelasXIIPSIIIMANTulungagungI.SkripsiJurusanGeografiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SumarmiM.Pd(II)Drs.SudarnoHerlambangM.Si.KataKuncipembelajarankooperatifmodelGIaktivitashasilbelajarProsespembentukankompetensidikatakanefektifapabilaseluruhpesertadidikterlibatsecaraaktifbaikmentalfisikmaupunsosial.Padapendekatanpembelajarankontekstualsiswadituntutmampumenemukansendirifenomenayangterdapatdilingkunganmerekayangberkaitandenganmateripembelajarandikelas.Pengalamansiswasecaralangsungdapatmeningkatkanhasilbelajarsertakeberhasilanproses.Datahasilobservasiawalmenunjukkan1)padaaktivitashanyaterdapat2887%siswamencapaitarafkeberhasilandan2)padahasilbelajarhanyaterdapat3333%siswatuntasbelajar.Berdasarkanpermasalahantersebutperluditerapkanpembelajaranyangmampumengarahkansiswauntukmenemukansendiridilapangantentangmateriyangtelahdidapatdikelas.AlternatifpembelajarantersebutadalahpenerapanpembelajarankooperatifmodelGI(GroupInvestigation)yangbertujuanmeningkatkanaktivitassiswadanhasilbelajarsiswa.TahapanpembelajaranmodelGI(GroupInvestigation)adalahtahappengelompokkandanpemilihantopiktahapperencanaantahapinvestigasitahappengorganisasiansertatahapevaluasi.PenelitianinibertujuanmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswadenganmenerapkanpembelajarankooperatifmodelGI(GroupInvestigation)padapokokbahasanPelestarianLingkunganHidupdanPembangunanBerkelanjutan.Penelitianinitermasukpenelitiantindakankelas(classroomactionresearch)yangterdiridariduasiklusmasing-masingsiklusterdiridaritigapertemuan.Teknikpengumpulandataaktivitassiswamenggunakanlembarobservasiaktivitassiswasedangkanhasilbelajardenganmenggunakantespadaakhirsetiapsiklus.Datatersebutdianalisisdenganperhitunganrata-ratadanpersentaseyangkemudiandiartikansecaradeskriptifkualitatif.PenelitianinidilaksanakandiMANTulungagungIjalanMastripBejiBoyolanguTulungagungdengansubjeksiswakelasXIIPSIIIyangberjumlah42siswa.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaaktivitasbelajarsiswameningkatdarisebelumtindakankesiklusIdandarisiklusIkesiklusIIdimanapersentasekeberhasilanaktivitassiswapadasaatsebelumtindakanadalah2837%meningkatpadasiklusImencapai5000%danmencapai8333%padasilklusII.Peningkatanpersentasejugaditunjukkanpadaketuntasanhasilbelajarsiswasecaraklasikaldimanapersentaseketuntasanbelajarsebelumtindakanadalah3333%meningkatpadasiklusImencapai5952%dan8809%padasiklusII.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwapembelajarankooperatifmodelGI(GroupInvestigation)dapatmeningkatkanaktivitasbelajardanhasilbelajarsiswasiswakelasXIIPSIIIMANTulungagungI.PemahamansiswaterhadapmateripembelajarandiawalpelaksanaanpembelajaranGI(GroupInvestigation)perludisampaikanolehguru.Tetapisebelummateridisampaikanguruperlumelakukantesawaluntukmengetahuitingkatpemahamansiswaterhadapmaterisehinggabataspenyampaiangurudapatdisesuaikan.PembelajaranGI(GroupInvestigation)dapatditerapkanpadamateriyangbersifatanalitikyanglainmisalkanpadakompetensidasarMenganalisisHidrosferdanDampaknyaTerhadapKehidupanBumiMenganalisisSebaranHewandanTumbuhanMengidentifikasiJenis-JenisSDAdanPemanfaatannya.Penyususnanlembarinvestigasiperludibuatsecarasistematisdanlebihmudahdipahamisiswa.