Penerapan pembelajaran kooperatif model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar geografi pada materi pelestarian lingkungan hidup siswa kelas XI IPS-2 SMAN 1 Kesamben / Anis Satuna Dhiroh

Main Author: Dhiroh, Anis Satuna
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52771/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKDhirohAnisSatuna.2009.PenerapanPembelajaranKooperatifModelProblemBasedLearningUntukMeningkatkanKemampuanMemecahkanMasalahdanHasilBelajarGeografiSiswaKelasXIIPS-2SMAN1KesambenPadaMateriPelestarianLingkunganHidup.SkripsiJurusanGeografiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SumarmiM.Pd(II)Drs.TimotiusSuwarnaM.Pd.KataKuncipenerapanProblemBasedLearningkemampuanmemecahkanmasalahhasilbelajar.UpayapeningkatankualitassumberdayamanusiaIndonesiasalahsatunyadilakukanmelaluipeningkatankualitaspendidikan.Demitercapainyapeningkatankualitaspendidikantersebutsalahsatuupayapemerintahadalahmenentapkanstandarketuntasanminimalyangharusdicapaidalampembelajaranbaikstandartetuntasanminimaluntukketerampilanprosesmaupunhasilbelajaryangdiperolehsiswadalampembelajaran.BerdasarkanhasilobservasiawalterhadaphasilbelajarsiswaketuntasanpembelajaranGeografidiSMAN1Kesambenhanyamencapai45%danbelummemenuhistandarketuntasanminimum75%.Denganbelumtercapainyaketuntasanhasilbelajarsiswaselanjutnyadilakukanpengamatanterhadapaktivitassiswadikelas.Darihasilobservasitersebutdiketahuibahwakemampuanmemecahkanmasalahyangdimilikisiswasangatrendahyaitu225%.TujuanpenelitianiniadalahmeningkatkankemampuanmemecahkanmasalahdanhasilbelajarGeografidenganmenerapkanpembelajarankooperatifmodelProblemBasedLearning.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangterdiridaritahapperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Penelitianiniterdiridari2sikluspembelajaranyangmasing-masingsiklusterdiridari2kalipertemuan.PenelitianinidilakukandikelasXIIPS-2SMAN1KesambenpadabulanMei2009sampaiJuni2009dandatayangdiperolehdianalisissecarakuantitatifdankualitatif.HasilyangdiperolehdalampenelitianiniadalahkemampuanmemecahkanmasalahyangdimilikisiswamengalamipeningkatandaripratindakankesiklusIdandarisiklusIkesiklusII.Besarnyapeningkatanyangpertamaadalah45%yaitudari225%padapratindakanmenjadi675%padasiklusI.Peningakatnyangkeduasebesar25%yaitudari675%padasiklusImenjadi925%padasiklusII.SelainkemampuanmemecahkanmasalahhasilbelajarGeografisiswajugamengalamipeningkatan.Peningkatanhasilbelajarranahkognitifyangpertamaadalah125%yaitudari45%padapratindakanmenjadi675%padasiklusI.Peningkatankeduasebesar20%yaitudari675%padasiklusImenjadi875%padasiklusII.Danpeningkatanpadaranahafektifyangpertamaadalah15%yaitudari525%padapratindakanmenjadi675%padasiklusI.Peningkatankeduamencapai175%yaitudari675%padasiklusImenjadi85%padasiklusII.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutmakadapatdisimpulkanbahwatelahterjadipeningkatankemampuanmemecahkanmasalahdanhasilbelajarGeografisetelahditerapkanpembelajarankooperatifmodelProblemBasedLearning.DisarankankepadaparaguruGeografiuntukmencobamenerapkanmodelProblemBasedLearningagarkualitaspembelajaranGeografisemakinmeningkat.Kepadapihaksekolahdisarankanagarmemberikanfasilitasyangmenunjangkeberhasilanpenerapanmodeltersebutdisekolah.