Penerapan pembelajaran kooperatif model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar geografi pada materi pelestarian lingkungan hidup siswa kelas XI IPS-2 SMAN 1 Kesamben / Anis Satuna Dhiroh
Main Author: | Dhiroh, Anis Satuna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52771/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKDhirohAnisSatuna.2009.PenerapanPembelajaranKooperatifModelProblemBasedLearningUntukMeningkatkanKemampuanMemecahkanMasalahdanHasilBelajarGeografiSiswaKelasXIIPS-2SMAN1KesambenPadaMateriPelestarianLingkunganHidup.SkripsiJurusanGeografiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SumarmiM.Pd(II)Drs.TimotiusSuwarnaM.Pd.KataKuncipenerapanProblemBasedLearningkemampuanmemecahkanmasalahhasilbelajar.UpayapeningkatankualitassumberdayamanusiaIndonesiasalahsatunyadilakukanmelaluipeningkatankualitaspendidikan.Demitercapainyapeningkatankualitaspendidikantersebutsalahsatuupayapemerintahadalahmenentapkanstandarketuntasanminimalyangharusdicapaidalampembelajaranbaikstandartetuntasanminimaluntukketerampilanprosesmaupunhasilbelajaryangdiperolehsiswadalampembelajaran.BerdasarkanhasilobservasiawalterhadaphasilbelajarsiswaketuntasanpembelajaranGeografidiSMAN1Kesambenhanyamencapai45%danbelummemenuhistandarketuntasanminimum75%.Denganbelumtercapainyaketuntasanhasilbelajarsiswaselanjutnyadilakukanpengamatanterhadapaktivitassiswadikelas.Darihasilobservasitersebutdiketahuibahwakemampuanmemecahkanmasalahyangdimilikisiswasangatrendahyaitu225%.TujuanpenelitianiniadalahmeningkatkankemampuanmemecahkanmasalahdanhasilbelajarGeografidenganmenerapkanpembelajarankooperatifmodelProblemBasedLearning.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangterdiridaritahapperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Penelitianiniterdiridari2sikluspembelajaranyangmasing-masingsiklusterdiridari2kalipertemuan.PenelitianinidilakukandikelasXIIPS-2SMAN1KesambenpadabulanMei2009sampaiJuni2009dandatayangdiperolehdianalisissecarakuantitatifdankualitatif.HasilyangdiperolehdalampenelitianiniadalahkemampuanmemecahkanmasalahyangdimilikisiswamengalamipeningkatandaripratindakankesiklusIdandarisiklusIkesiklusII.Besarnyapeningkatanyangpertamaadalah45%yaitudari225%padapratindakanmenjadi675%padasiklusI.Peningakatnyangkeduasebesar25%yaitudari675%padasiklusImenjadi925%padasiklusII.SelainkemampuanmemecahkanmasalahhasilbelajarGeografisiswajugamengalamipeningkatan.Peningkatanhasilbelajarranahkognitifyangpertamaadalah125%yaitudari45%padapratindakanmenjadi675%padasiklusI.Peningkatankeduasebesar20%yaitudari675%padasiklusImenjadi875%padasiklusII.Danpeningkatanpadaranahafektifyangpertamaadalah15%yaitudari525%padapratindakanmenjadi675%padasiklusI.Peningkatankeduamencapai175%yaitudari675%padasiklusImenjadi85%padasiklusII.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutmakadapatdisimpulkanbahwatelahterjadipeningkatankemampuanmemecahkanmasalahdanhasilbelajarGeografisetelahditerapkanpembelajarankooperatifmodelProblemBasedLearning.DisarankankepadaparaguruGeografiuntukmencobamenerapkanmodelProblemBasedLearningagarkualitaspembelajaranGeografisemakinmeningkat.Kepadapihaksekolahdisarankanagarmemberikanfasilitasyangmenunjangkeberhasilanpenerapanmodeltersebutdisekolah.