Penerapan pembelajaran kooperatif model problem posing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B pada mata pelajaran IPS geografi kompetensi dasar mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan tahun

Main Author: Hilmi, M. Fuad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52768/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHilmiM.Fuad.2009.PenerapanPembelajaranKooperatifModelProblemPosinguntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasVIIIBPadaMataPelajaranIPSGeografiKompetensiDasarMendiskripsikanPermasalahanLingkunganHidupdanUpayaPenanggulangannyadalamPembangunanBerkelanjutanTahunAjaran2008/2009diSMPNegeri18Malang.SkripsiJurusanGeografiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SumarmiM.Pd.(II)Drs.YusufSuhartoKatakunciproblemposinghasilbelajarIPSgeografiModelpembelajaranteachercenteredmasihseringdigunakandiSMPNegeri18MalangkhususnyapadamatapelajaranIPSGeografi.Gurumasihberperansebagaisumberutamabelajar.Haliniberdampakpadahasilbelajarsiswa.Dari36jumlahsiswakelasVIIIBsiswayangbelajartuntasberjumlah12orangdenganpersentase3333%.Sedangkannilairata-ratapelajaranIPSGeografiadalah525.Halinibelummemenuhikriteriaketuntasanminimal(KKM)matapelajaranIPSGeografiyangditentukanolehsekolahyaitu67danketuntasanklasikal75%.Hasilbelajarinisangatjauhdariharapan.RumusanmasalahdalampenelitianiniadalahapakahpembelajaranmodelkooperatiftipeproblemposingdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranIPSGeografipadakompetensidasarmendeskripsikanpermasalahanlingkunganhidupdanupayapenanggulangannyadalampembangunanberkelanjutandiSMPNegeri18Malang.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK)yangdilaksanakanduasiklus.Masing-masingsiklusterdiridaritigakalipertemuanatauenamjampelajaran.Penelitianinidilaksanakanpadasemester1bulanDesembertahunajaran2008-2009.SubyekpenelitianadalahsiswakelasVIIIBSMPNegeri18Malangyangberjumlah36siswaterdiridari17siswalaki-lakidan19siswaperempuan.Datayangdiperolehdaripenelitianiniberupahasilbelajarkognitifsiswayangdiukurberdasarkankriteriketuntasanminimalmatapelajaranbelajarsiswasecaraklasikal.Sedangkaninstrumenyangdigunakanyaitusoaltesevaluasidancatatanlapangan.Hasilpenelitiandiperolehbahwaterjadipeningkatansecaraklasikalhasilbelajarsiswapadaranahkognitifsebesar556%padasiklus1danmeningkatsebesar4445%padasiklus2.Peningkatanrata-ratahasilbelajarsiswapadasiklus1adalah1325%sedangkanpadasiklus2meningkatsebesar2236%.BerdasarkanhasilinidisimpulkanbahwadenganmetodepembelajarankooperatiftipeproblemposinghasilbelajarsiswakelasVIIIBSMPNegeri18Malangmengalamipeningkatan.DisarankanpadagurumatapelajaranIPSGeografiataugurumatapelajaranlainsertapenelitilainagarmenggunakanpembelajarankooperatifmodelproblemposingyangtelahterbuktimampumeningkatkanhasilbelajarsiswa.