Meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII F melalui pembuatan majalah dinding (mading) pada pembelajaran pranata sosial dan penyimpangannya di SMP Negeri 4 Malang / Nurdina Astari
Main Author: | Astari, Nurdina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52766/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNurdinaAstari.2009.MeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasVIIIFMelaluiPembuatanMajalahDinding(Mading)diSMPNegeri4Malang.SkripsiJurusanGeografiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.EdyPurwantoM.Pd(II)Drs.YusufSuhartoKataKunciMajalahDindingHasilBelajarBerdasarkanpengamatanyangdilakukandiSMPNegeri4Malangdiketahuibahwadalampembelajarangeografigurumenggunakanmetodeceramahdantanyajawab.Gurukurangmemberikankesempatankepadasiswauntukberdiskusidengantemannyabelajarmenyampaikanpendapatdanmenghargaipendapattemannyasehinggasiswaterlihatsangatpasif.TujuanpenelitianiniuntukmeningkatkanhasilbelajargeografisiswakelasVIIIFSMPNegeri4Malangmelaluipenerapanpembelajarankooperatifdenganmetodepembuatanmajalahdinding.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(ClassroomActionResearch)yangdilaksanakandalamduasiklus.Satusiklusterdiridariduakalipertemuan.Masing-masingpertemuanterdiridaripertemuanpertama2jampelajaranpertemuankedua2jampelajaran.Alokasiwaktu1jampelajaranterdiridari45menit.Tindakanyangdilakukanyaitupembelajarankooperatifdenganmetodepembuatanmajalahdinding.Langkah-langkahmetodepembelajaranpembelajaranpembuatanmadingyaitu(1)Siswamembentukkelompokyangterdiridari6orang(2)Dalamsetiapkelompokmenentukanketuakelompokdananggotasertapresentator(3)Kemudiansiswamembuatmadingdengantemayangberbedadisetiapkelompok(4)Setiapkelompokmempresentasikanhasilkaryanya.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniyaitulembarobservasianalisisresponsifitasdancatatanlapangan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwahasilbelajarsiswameningkatdarisebelumtindakankesiklusIdankesiklusII.Kondisiawalhasilbelajarsiswamendapatnilairata-rata69denganketuntasanbelajarsiswayaitu30%.PadasiklusIrata-ratahasilbelajarsiswameningkatmenjadi80denganketuntasanbelajarsiswa86%.PadasiklusIIrata-ratahasilbelajarsiswasemakinmeningkatyaitu82denganketuntasanbelajarsiswa92.Adapunsaranyangdiberikanyaitu(1)Bagigurugeografidisarankanuntukmenggunakanmetodepembelajaranpembuatanmajalahdindingini(2)Guruhendaknyamelakukanmanajemenwaktudanguruharusmampumengelolakelasdenganbaikagartidakterjadikegaduhanselamaprosespembelajaranberlangsung(3)Bagipenelitiselanjutnyadiharapkandapatmelakukanpenelitiansejenisdalamrangkamemperbaikikualitaspembelajarankooperatifdenganmetodepembuatanmajalahdindinginidengansubjekpenelitianyangberbeda.i