Pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar IPS geografi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Malang / Nurul Hidayati

Main Author: Hidayati, Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52762/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHidayatiNurul.2009.PengaruhPenggunaanPembelajaranKooperatifModelTeamAssistedIndividualization(TAI)terhadapHasilBelajarIPSGeografiKelasVIISMPNegeri4Malang.SkripsiJurusanGeografiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.EdyPurwantoM.Pd(II)Dra.YuswantiArianiRahayuM.Si.KatakuncihasilbelajarpembelajarankooperatifmodelTAIPemilihanmodelpembelajaranyangtepatakanmemperbesarpeluangpencapaiankeberhasilanbelajarsiswa.Pemilihanmodelpembelajaranharusmemperhatikankemampuansiswayangsecaraumumtidaksamaantarasiswasatudenganyanglain.Faktorutamaadalahintelegensidanlatarbelakangsiswayangberagam.Selainitudayaserapterhadapmateripelajaranantarasiswasatudengansiswayanglaintidaksamasehinggamempengaruhihasilbelajaryangdicapai.Olehkarenaituguruperlualternatifmodelpembelajaranuntukmengatasikeberagamankarakteristiksiswatersebutsalahsatunyaadalahdenganpembelajaranindividual.Namundemikianbanyaknyajumlahsiswadalamkelasdanberbagaikekurangandalampembelajaranindividusepertiefektivitaspembelajaranwaktutenagadantuntutankurikulumsertakendalayanglainmakapembelajaranindividusangattidakmemungkinkanuntukdilaksanakan.Alternatifyangdapatdilakukanguruyaitumelaluipenggunaanmodelpembelajaranyangmengarahpadapembelajaranindividusecaraterprogram.AdapunmodelpembelajaranyangsesuaidenganpermasalahantersebutadalahModelTeamAssistedIndividualization(TAI).ModelTAIdirancangsebagaimodelpembelajaranyangmengkombinasikanpembelajaranindividudenganpembelajarankooperatif.DenganModelTAImakakelemahanyangadadalampembelajaranindividumaupunpadapembelajarankooperatifdapatdiminimalisirdengankelebihanyangadapadakeduanya.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpenggunaanModelTAIterhadaphasilbelajarIPSGeografi.Penelitianinitermasukjenispenelitianeksperimensemu(quasiexperiment)menggunakanrancanganPretest-posttestControlGroupDesign.SubjekpenelitianterdiridarisatukelaseksperimendansatukelaskontrolsiswakelasVIISMPN4Malang.Instrumenpenelitianberupatesyangterdiridaripratesdanpascates.Teknikanalisisdatamenggunakanuji-tdenganSPSS14.00forWindows.HasilanalisisdatamenunjukkanbahwahasilbelajarIPSGeografisiswayangmenggunakanModelTAIlebihbaikdaripadasiswayangtidakmenggunakanModelTAI.DengandemikiandapatdikemukakanbahwapenggunaanModelTAIberpengaruhpadahasilbelajarIPSGeografisiswa.SaranyangdiajukanuntukgurubidangstudiGeografiadalahmenjadikanModelTAIsebagaialternatifmodelpembelajaranuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.SaranuntukpenelitianselanjutnyaadalahmengujicobakanModelTAIpadamateriberbedadanjenjangkelasatausekolahyanglebihtinggisertamengkombinasikandenganmediapembelajaranyanglebihvariatifsehinggatampakpengaruhyangbesarterhadaphasilbelajarsiswadanmemperolehmanfaatyanglebihbesardariModelTAI.