Pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar IPS geografi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Malang / Nurul Hidayati
Main Author: | Hidayati, Nurul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52762/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHidayatiNurul.2009.PengaruhPenggunaanPembelajaranKooperatifModelTeamAssistedIndividualization(TAI)terhadapHasilBelajarIPSGeografiKelasVIISMPNegeri4Malang.SkripsiJurusanGeografiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.EdyPurwantoM.Pd(II)Dra.YuswantiArianiRahayuM.Si.KatakuncihasilbelajarpembelajarankooperatifmodelTAIPemilihanmodelpembelajaranyangtepatakanmemperbesarpeluangpencapaiankeberhasilanbelajarsiswa.Pemilihanmodelpembelajaranharusmemperhatikankemampuansiswayangsecaraumumtidaksamaantarasiswasatudenganyanglain.Faktorutamaadalahintelegensidanlatarbelakangsiswayangberagam.Selainitudayaserapterhadapmateripelajaranantarasiswasatudengansiswayanglaintidaksamasehinggamempengaruhihasilbelajaryangdicapai.Olehkarenaituguruperlualternatifmodelpembelajaranuntukmengatasikeberagamankarakteristiksiswatersebutsalahsatunyaadalahdenganpembelajaranindividual.Namundemikianbanyaknyajumlahsiswadalamkelasdanberbagaikekurangandalampembelajaranindividusepertiefektivitaspembelajaranwaktutenagadantuntutankurikulumsertakendalayanglainmakapembelajaranindividusangattidakmemungkinkanuntukdilaksanakan.Alternatifyangdapatdilakukanguruyaitumelaluipenggunaanmodelpembelajaranyangmengarahpadapembelajaranindividusecaraterprogram.AdapunmodelpembelajaranyangsesuaidenganpermasalahantersebutadalahModelTeamAssistedIndividualization(TAI).ModelTAIdirancangsebagaimodelpembelajaranyangmengkombinasikanpembelajaranindividudenganpembelajarankooperatif.DenganModelTAImakakelemahanyangadadalampembelajaranindividumaupunpadapembelajarankooperatifdapatdiminimalisirdengankelebihanyangadapadakeduanya.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpenggunaanModelTAIterhadaphasilbelajarIPSGeografi.Penelitianinitermasukjenispenelitianeksperimensemu(quasiexperiment)menggunakanrancanganPretest-posttestControlGroupDesign.SubjekpenelitianterdiridarisatukelaseksperimendansatukelaskontrolsiswakelasVIISMPN4Malang.Instrumenpenelitianberupatesyangterdiridaripratesdanpascates.Teknikanalisisdatamenggunakanuji-tdenganSPSS14.00forWindows.HasilanalisisdatamenunjukkanbahwahasilbelajarIPSGeografisiswayangmenggunakanModelTAIlebihbaikdaripadasiswayangtidakmenggunakanModelTAI.DengandemikiandapatdikemukakanbahwapenggunaanModelTAIberpengaruhpadahasilbelajarIPSGeografisiswa.SaranyangdiajukanuntukgurubidangstudiGeografiadalahmenjadikanModelTAIsebagaialternatifmodelpembelajaranuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.SaranuntukpenelitianselanjutnyaadalahmengujicobakanModelTAIpadamateriberbedadanjenjangkelasatausekolahyanglebihtinggisertamengkombinasikandenganmediapembelajaranyanglebihvariatifsehinggatampakpengaruhyangbesarterhadaphasilbelajarsiswadanmemperolehmanfaatyanglebihbesardariModelTAI.