Analisis teks buku sekolah elektronik (BSE) IPS terpadu kelas VII SMP/MTs terbitan Depdinas pada kompetensi dasar mendiskripsikan gejalaatmosfer dan hidrosfer serta pengaruhnya bagi kehidupan / Wahyu Wardani
Main Author: | Wardani, Wahyu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52752/ |
Daftar Isi:
- Bukuteksmerupakansalahsatubahanajaryangpentingdalamkegiatanpembelajaranterlebihlagibagiguruyangtidakmampuatautidaksiapmembuatbahanajarsendiriberdasarkanstandarkompetensidalamkurikulumyangberlaku.Bukuteksjugaperlumengalamipengembanganbaikdarisegikurikulerisimaupunbahasayangdigunakanbaikberupaanalisisbahanajarmaupunvalidasibahanajar.TujuanpenelitiansecaraumumadalahuntukmengetahuitingkatkesesuaianisidengankurikulumsertauntukmengetahuitingkatkebenarankonsepdanbahasayangterdapatdalambukuajarBSEIPSTerpadukelasVII.Selainuntukmengetahuiketigahaltersebutpenelitianinijugabertujuanuntukmengetahuiseberapabesarperanananpenggunaanmediauntukmenjelaskansuatukonsep.Penelitianinimerupakanpenelitiananalisisisidenganmenggunakandokumensebagaiobjeknya.Rancanganpenelitianmenggunakanteknikanalisisisiuntukmendiskripsikansecaraobjektifsistematisdankumunikatifisikomunikasiyangtampakdenganmenggunakanseparangkatproseduruntukmenarikkesimpulandarisebuahbukuataudokumen.PopulasidalampenelitianiniadalahsemuaBukuSekolahElektronikIPSTerpaduSMPkelasVIIterbitanDIKNASyangtelahberedar.PenentuansampelmenggunakanPurpusiveSamplingyaitudenganpertimbanganbahwabukuajartersebutbanyakdipakaidiSMPNegeridiKotaMalangyaituBSEyangberjudulMariBelajarIPSIlmuPengetahuanSosialKelasVII.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwaterdapatbeberapamateriataukonsepyangtidaksesuaidenganindikatorkebenarankonsep(konsepterdefinisidankonsepkonkrit)masihrendahkebenaranbahasadalambukuajarBSEIPSTerpadusedangdanmediayangdigunakandalambukuajarsudahcukupbagusdancukupinovatif.Darihasilkesimpulandisarankanapabilamenggunakanbukuteksyangsudahadahendaknyaditelaahterlebihdahuluagarkesalahanyangadadalambukuajartersebuttidakdisajikandalampembelajaran.Lebihbagusapabiladalammengajarseoranggurumampumembuatbahanajarsendirisesuaidenganketentuanilmiahyangadadansesuaikriteriadalamkurikulumyangberlakubaikkonsepyangingindisampaikanmaupuncarapenulisanketikamenyusunbukuajar.