Analisis teks buku sekolah elektronik (BSE) IPS terpadu kelas VII SMP/MTs terbitan Depdinas pada kompetensi dasar mendiskripsikan gejalaatmosfer dan hidrosfer serta pengaruhnya bagi kehidupan / Wahyu Wardani

Main Author: Wardani, Wahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52752/
Daftar Isi:
  • Bukuteksmerupakansalahsatubahanajaryangpentingdalamkegiatanpembelajaranterlebihlagibagiguruyangtidakmampuatautidaksiapmembuatbahanajarsendiriberdasarkanstandarkompetensidalamkurikulumyangberlaku.Bukuteksjugaperlumengalamipengembanganbaikdarisegikurikulerisimaupunbahasayangdigunakanbaikberupaanalisisbahanajarmaupunvalidasibahanajar.TujuanpenelitiansecaraumumadalahuntukmengetahuitingkatkesesuaianisidengankurikulumsertauntukmengetahuitingkatkebenarankonsepdanbahasayangterdapatdalambukuajarBSEIPSTerpadukelasVII.Selainuntukmengetahuiketigahaltersebutpenelitianinijugabertujuanuntukmengetahuiseberapabesarperanananpenggunaanmediauntukmenjelaskansuatukonsep.Penelitianinimerupakanpenelitiananalisisisidenganmenggunakandokumensebagaiobjeknya.Rancanganpenelitianmenggunakanteknikanalisisisiuntukmendiskripsikansecaraobjektifsistematisdankumunikatifisikomunikasiyangtampakdenganmenggunakanseparangkatproseduruntukmenarikkesimpulandarisebuahbukuataudokumen.PopulasidalampenelitianiniadalahsemuaBukuSekolahElektronikIPSTerpaduSMPkelasVIIterbitanDIKNASyangtelahberedar.PenentuansampelmenggunakanPurpusiveSamplingyaitudenganpertimbanganbahwabukuajartersebutbanyakdipakaidiSMPNegeridiKotaMalangyaituBSEyangberjudulMariBelajarIPSIlmuPengetahuanSosialKelasVII.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwaterdapatbeberapamateriataukonsepyangtidaksesuaidenganindikatorkebenarankonsep(konsepterdefinisidankonsepkonkrit)masihrendahkebenaranbahasadalambukuajarBSEIPSTerpadusedangdanmediayangdigunakandalambukuajarsudahcukupbagusdancukupinovatif.Darihasilkesimpulandisarankanapabilamenggunakanbukuteksyangsudahadahendaknyaditelaahterlebihdahuluagarkesalahanyangadadalambukuajartersebuttidakdisajikandalampembelajaran.Lebihbagusapabiladalammengajarseoranggurumampumembuatbahanajarsendirisesuaidenganketentuanilmiahyangadadansesuaikriteriadalamkurikulumyangberlakubaikkonsepyangingindisampaikanmaupuncarapenulisanketikamenyusunbukuajar.