Aplikasi metode problem solving untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa geografi di SMI Negeri I Paiton / Hendra Pratama

Main Author: Pratama, Hendra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52718/
Daftar Isi:
  • Berdasarkanhasilobservasiyangdilakukanpadatanggal7dan14Januari2008dikelasXI-IA3SMANegeriIPaitondiketahuibahwadidalamkegiatanpembelajarangurutelahmengaplikasikanbeberapametodepembelajaranmisalnyateknikdiskusitanyajawabdemonstrasidanpemberiantugasdiluarkelastetapisiswamasihterlihatkurangtermotifasisehinggasiswamenjadikurangaktifdidalamkegiatanpembelajaran.Dari48orangsiswayangdianggapaktifdalamkegiatanpembelajaranhanyaada3orangsiswadanyangkurangaktifhanya45orangsiswa.Bilaadapertanyaandariguruhanya3orangsiswatersebutyangmenjawabsedangkan45orangsiswalainnyahanyadiamdanketikagurumemberikankesempatanuntukbertanyakepadasiswajarangsekaliadapertanyaandarisiswa.Situasiiniterjadikarenasiswayangmenjawabpertanyaandianggapolehsiswalainnyamencariperhatian.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(ClasromActionResearch)yangdilaksanakandalam2siklustindakansetiapsiklusterdiriatasduakalipertemuanselama2jampelajaran.SubyekpenelitianyangdigunakanadalahdalampenelitiantindakankelasiniyaitusiswakelasXI-IA2semestergenaptahunajaran2006-2007SMUNegeriIPaitonyangberjumlah48siswaterdiri23siswalaki-lakidan25siswaperempuan.Dalampenelitianinidatayangdiperolehberupaaktivitasdanhasilbelajarsiswa.AktivitasbelajarsiswadiukurmenggunakandeskriptordimanasemuakegiatansiswadicatatsedangkanhasilbelajarsiswadiukurberdasarkanselisihtespadasiklusIdengantespadasiklusII.Instrumenyangdigunakanyaitusoalteslembarobservasiaktivitassiswadancatatanlapangan.BerdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwaadanyapeningkatanaktivitasbelajardanhasilbelajarsiswaXIIA-2SMUNegeriPaitonditunjukkandenganpeningkatanrata-ratapresentasekerjasamasiswadankeberhasilantindakandari5384(kurang)padasiklusImeningkatmenjadi7995(baik)padasiklusII.Peningkatanhasilbelajarsiswadapatdiketahuidarirata-rataselisihskorpre-tesdanpostessebesar1814padasiklusImeningkatmenjadi2112padasiklusIIsedangkanketuntasanbelajarsiswapadasiklusIsebesar6411%kemudianmeningkatlagimenjadi9231%padasiklusII.