Pengaruh metode pemberian tugas luar kelas (membuat peta pikiran (mind map) terhadap hasil belajar geografi siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Malang / Yunita Istikomah
Main Author: | Yunita Istikomah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52714/ |
Daftar Isi:
- Manusiadalamhidupnyaselaluberpikir.Namunpikiranmanusiamemilikikelemahanyaitukurangmampumengingatsesuatusecaradetildalamwaktulama.Olehsebabitutanpamencatatataumengulang-ulanguntukmengingatnyamanusiahanyamampumengingatsebagiankecilsajainformasiyangditerimanyatersebut.Dengandemikianmencatatdapatmeningkatkandayaingat.Tetapimencatatsecarakonvensionalyaitumencatatkataperkatabarisdemibarisdalambentukkalimatdanparagrafbelumtentumampumeningkatkancarabekerjaotak.Caramencatatsepertiinimengakibatkanbanyakbahanluputdaripencatatankitadanumumyalebihbanyakterdiridarikalimatdankata-katayangtidakpenting.Halinimembuatprosesreview(pendalaman)menjadilamadanterhambat.Makauntukituperlumenambahkanhalbarudalammencatatgunamemudahkansiswauntukbelajarlebihmenyenangkandalammemahamimateripelajaranyaitudenganmenerapkanpembelajaranpetapikiran(mindmap).Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpenggunaanpetapikiran(mindmap)terhadaphasilbelajarsiswadalambidanggeografi.Penelitianinidilakukandenganjenispenelitianeksperimensemu(quasyexperiment)menggunakansubjekkelasVIII-EsebagaikelaseksperimendankelasVIII-HsebagaikelaskontroldiSMPN5Malangtahunajaran2007/2008.Instrumenpenelitianiniberupapratesdanpascates.Teknikanalisisyangdigunakanadalahuji-tdenganmenggunakanujitindependentsamplesdenganbantuanSPSS13.0forwindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanyangsignifikanantaranilairata-ratahasilbelajarkelaseksperimendengankelaskontrol.Darihasilanalisisdiketahuibahwanilairata-ratahasilbelajarkelaseksperimensebesar3037sedangkankelaskontrolsebesar2225dengannilaiprobabilitas(sig)0000dannilaithitung3778.Dengandemikiannilaiprobabiliatas0000005dannilaithitung(3778)ttabel(1991)makahipotesispenelitianiniditerimaartinyaadapengaruhantarasiswayangmenggunakanmetodepemberiantugasmembuatpetapikiran(mindmap)denganyangtidakmenggunakanmetodepemberiantugasmembuatpetapikiran(mindmap).Bertitiktolakdaritemuanpenelitianinidikemukakansaran-saransebagaiberikut(1)pembelajaranpetapikiranperludilakukanolehgurubidangstudigeografikarenadapatmeningkatkanhasilbelajargeografisiswa(2)penelitianiniperludikembangkanuntukmateriselainUnsurFisikWilayahIndonesia.