Penerapan strategi pembelajaran timbal balik (reciprocal teaching) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan perolehan belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri Ambulu Jember / Ida Kurniawati

Main Author: Ida Kurniawati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52713/
Daftar Isi:
  • FaktapembelajarangeografidiSMANAmbuluJembermenunjukkanbahwa(1)evaluasihasilbelajarsiswakelasX.4padamaterikonseppendekatanprinsipdanaspekgeografimeliputiaspekpengetahuanpemahamandanpenerapan.Rata-ratahasilteskognitifsebesar4653dan82%siswabelummencapaiKKMmatapelajarangeografi.Halinimenunjukkanbahwapemahamankonsepgeografisiswamasihrendah.(2)KegiatankelompokdandiskusikurangefektifkarenahannyabeberapasiswayangaktifdanbelumsiapdenganbahanyangakandidiskusikanPenelitiantindakankelasinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanperolehanbelajarsiswakelasX.4diSMANAmbuluJemberpadasemesterItahunajaran2007/2008padatanggal25oktober-6desember2007.Penelitianinidilaksanakandengan3siklus.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwasecaraklasikalpadasiklus12dan3skorrata-ratakemampuanberpikirkritisberturut-turutsebesar252(kurangkritis)314(cukupkritis)dan421(kritis).Skorrata-rataaktivitaskelompokpadasiklus12dan3dalamkategorisangataktifberturut-turutyaitusebesar353370370.Skorrata-rataaktivitassiswapadasiklus123berturut-turutsebesar291(aktif)317(aktif)376(sangataktif).Rata-rataskorteshasilbelajarsiswapadasiklus12dan3berturut-turutsebesar669183298742.DarihasilpenelitiandisarankanbahwastrategipembelajaranReciprocalTeachingditerapkanuntukmateritatasuryadanjagadrayadandidukungdenganmediayangrelevan.