Kesiapan guru geografi dalam merancang pembelajaran berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMA Negeri Kota Malang / Lastanto
Main Author: | Lastanto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52707/ |
Daftar Isi:
- Dalamrangkamempersiapkansekolahyangmandiripihakpemerintah/Diknastelahmemberikanotonomiyangluaskepadasekolahuntukmengeloladanmengembangkankurikulum.Jikameninjaukurikulumsebelumyasecaragarisbesardimulaidarikurikulum1975kurikulum1984dankurikulum1994secarasubstansitidakterjadiperubahanyangmendasar.Perubahanmendasarterjadiantarakurikulum1994menujukurikulum2004danKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)yangmenuntutkemandirianguruuntukmengembangkanindikatorkompetensipembelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikankesiapangurugeografidalammerencanakanpembelajaranberdasarkanKurikulumTingkatSatuanPendidikandiSMANegerise-KotaMalang.Penentuanrespondendalampenelitianinimenggunakanmetodesensus.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwakesiapanguru-gurugeografiterhadap(1)pengetahuantentangkonsepKTSPsebagianbesartergolongbaik(2)frekuensikeikutsertaangurudalammengikutipelatihan/workshopmasihtergolongkurangyaitubaru39persenyangsudahmengikutipelatihansebanyak3-4kalihasilketercapaiantindaklanjutdaripelatihanjugamasihtergolongkurangyaitubaru39persenyangbarupadatahappembahasanpenyusunanperangkatpembelajaran(3)kemampuanmengembangkankompetensiyangmeliputikemampuanmemetakankompetensidankemampuanmengembangkanindikatorpembelajarantergolongcukupyaitu69persensebagianbesarsudahmerumuskansebagiankompetensiindikatorpembelajaran(4)kemampuanmenyusunperangkatpembelajaransebagianbesarsudahmenyusunsecarakeseluruhan.Bertitiktolakdaritemuanpenelitianinimakadapatdisimpulkanbahwasebagianbesarguru-gurugeografidiSMANegerise-KotaMalangmemilikikesiapanyangbaikdalamperencanaanKTSP.Halyangperlumendapatperhatiankhususadalah(1)padaaspekpelatihan/workshopKTSPperluadanyaupayapeningkatandankontinuitasdaripihakgurudalammengikutiberbagaipelatihanmenyongsongpemberlakuanKTSP(2)kemampuanmengembangkankompetensiyangmerupakanaspekutamapelaksanaanKTSPyaitukemampuanmemetakankompetensidanpengembanganindikatorpembelajaranbelummemadaikarenasebagianbesarguru-gurugeografidiSMANegeriMalangbarumengembangkansebagian.DengandemikianperluadanyaupayapeningkatandanpengembanganindikatorkompetensipembelajaransecarakeseluruhandaripihakgurudalamkegiatanbelajarmengajardisekolahsehinggakedepangurugeografidiharapkansudahsiapdalammerencanakanpembelajaranberdasarkanKTSP.