Kesiapan guru geografi dalam merancang pembelajaran berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMA Negeri Kota Malang / Lastanto

Main Author: Lastanto
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52707/
Daftar Isi:
  • Dalamrangkamempersiapkansekolahyangmandiripihakpemerintah/Diknastelahmemberikanotonomiyangluaskepadasekolahuntukmengeloladanmengembangkankurikulum.Jikameninjaukurikulumsebelumyasecaragarisbesardimulaidarikurikulum1975kurikulum1984dankurikulum1994secarasubstansitidakterjadiperubahanyangmendasar.Perubahanmendasarterjadiantarakurikulum1994menujukurikulum2004danKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)yangmenuntutkemandirianguruuntukmengembangkanindikatorkompetensipembelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikankesiapangurugeografidalammerencanakanpembelajaranberdasarkanKurikulumTingkatSatuanPendidikandiSMANegerise-KotaMalang.Penentuanrespondendalampenelitianinimenggunakanmetodesensus.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwakesiapanguru-gurugeografiterhadap(1)pengetahuantentangkonsepKTSPsebagianbesartergolongbaik(2)frekuensikeikutsertaangurudalammengikutipelatihan/workshopmasihtergolongkurangyaitubaru39persenyangsudahmengikutipelatihansebanyak3-4kalihasilketercapaiantindaklanjutdaripelatihanjugamasihtergolongkurangyaitubaru39persenyangbarupadatahappembahasanpenyusunanperangkatpembelajaran(3)kemampuanmengembangkankompetensiyangmeliputikemampuanmemetakankompetensidankemampuanmengembangkanindikatorpembelajarantergolongcukupyaitu69persensebagianbesarsudahmerumuskansebagiankompetensiindikatorpembelajaran(4)kemampuanmenyusunperangkatpembelajaransebagianbesarsudahmenyusunsecarakeseluruhan.Bertitiktolakdaritemuanpenelitianinimakadapatdisimpulkanbahwasebagianbesarguru-gurugeografidiSMANegerise-KotaMalangmemilikikesiapanyangbaikdalamperencanaanKTSP.Halyangperlumendapatperhatiankhususadalah(1)padaaspekpelatihan/workshopKTSPperluadanyaupayapeningkatandankontinuitasdaripihakgurudalammengikutiberbagaipelatihanmenyongsongpemberlakuanKTSP(2)kemampuanmengembangkankompetensiyangmerupakanaspekutamapelaksanaanKTSPyaitukemampuanmemetakankompetensidanpengembanganindikatorpembelajaranbelummemadaikarenasebagianbesarguru-gurugeografidiSMANegeriMalangbarumengembangkansebagian.DengandemikianperluadanyaupayapeningkatandanpengembanganindikatorkompetensipembelajaransecarakeseluruhandaripihakgurudalamkegiatanbelajarmengajardisekolahsehinggakedepangurugeografidiharapkansudahsiapdalammerencanakanpembelajaranberdasarkanKTSP.