Penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) untuk meningkatkan minat belajar IPS-Geografi siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Soko, Tuban / Titi Winarni

Main Author: Winarni, Titi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52680/
Daftar Isi:
  • WinarniTiti.2014.PenerapanModelPembelajaranGroupInvestigation(GI)untukMeningkatkanMinatBelajarIPS-GeografiSiswaKelasVIII-SMPNegeri1SokoKabupatenTuban.SkripsiJurusanIPS-GeografiFISUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.SudarnoHerlambangM.Pd(2)Dr.BuijantoM.Sos.KataKunciGroupInvestigation(GI)MinatBelajar.12288122881228812288PelaksanaanpembelajarankooperatifIPS-Geografiselamainikurangmaksimaldikarenakankurangnyacontoh-contohrealyangdapatdiamatiolehsiswa.HaltersebutmenjadikanpelajaranIPS-Geografikurangmeninggalkanmaknadanmanfaatuntuksiswa.Gurulebihmenugaskankepadasiswauntukberkelompokdanmenugaskanuntukmenyampaikanmaterididepankelas.Berdasarkanhasilobservasikurangdari25%siswayangikutaktifdalamdiskusisecarabersama-samadikelas.Saatgurumemberikantugasuntukdikerjakanpadatahapevaluasisiswakurangfokusdalammengerjakannya.Hanya29%siswayangmengerjakansecaramandiritanpabertanyakepadatemannya.UntukmengatasipermasalahantersebutpenelitimengambillangkahuntukmenerapkanmodelpembelajaranGI.RumusanmasalahpenelitianiniadalahapakahpenerapanmodelpembelajarangroupinvestigationdapatmeningkatkanminatbelajarIPS-GeografisiswakelasVIII-DSMPNegeri1Soko.12288122881228812288JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelasyangmenuntutpenelitiuntukterlibatlangsungdalamprosespenelitianmulaidaritahapperencanaanpenelitianhinggapelaporandata.Pengambilandatadalampenelitianinidilakukandenganobservasidanpenyebaranangket.PenelitianinidilaksanakandikelasVIII-SMPNegeri1Sokodenganjumlah31siswapadaKDmendeskripsikanpermasalahanlingkunganhidupdanupayapenanggulangannyadalampembangunanberkelanjutan.12288122881228812288Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaadanyapeningkatanminatbelajarsiswadenganpeningkatansebesar1465.SaranyangdiajukanpadapenelitianiniadalahbagiguruataupenelitiselanjutnyayangakanmenerapkanmodelpembelajaranGIsebaiknyamempersiapkansemuatahapankhususnyatahappenyelidikandenganmaksimal.Haltersebutdikarenakanpadatahappenyelidikanyangdilakukandiluarruanganmembutuhkanpengawasandankontrolguruyanglebihbanyakdaripadadidalamruangan.