Penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) untuk meningkatkan minat belajar IPS-Geografi siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Soko, Tuban / Titi Winarni
Main Author: | Winarni, Titi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52680/ |
Daftar Isi:
- WinarniTiti.2014.PenerapanModelPembelajaranGroupInvestigation(GI)untukMeningkatkanMinatBelajarIPS-GeografiSiswaKelasVIII-SMPNegeri1SokoKabupatenTuban.SkripsiJurusanIPS-GeografiFISUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.SudarnoHerlambangM.Pd(2)Dr.BuijantoM.Sos.KataKunciGroupInvestigation(GI)MinatBelajar.12288122881228812288PelaksanaanpembelajarankooperatifIPS-Geografiselamainikurangmaksimaldikarenakankurangnyacontoh-contohrealyangdapatdiamatiolehsiswa.HaltersebutmenjadikanpelajaranIPS-Geografikurangmeninggalkanmaknadanmanfaatuntuksiswa.Gurulebihmenugaskankepadasiswauntukberkelompokdanmenugaskanuntukmenyampaikanmaterididepankelas.Berdasarkanhasilobservasikurangdari25%siswayangikutaktifdalamdiskusisecarabersama-samadikelas.Saatgurumemberikantugasuntukdikerjakanpadatahapevaluasisiswakurangfokusdalammengerjakannya.Hanya29%siswayangmengerjakansecaramandiritanpabertanyakepadatemannya.UntukmengatasipermasalahantersebutpenelitimengambillangkahuntukmenerapkanmodelpembelajaranGI.RumusanmasalahpenelitianiniadalahapakahpenerapanmodelpembelajarangroupinvestigationdapatmeningkatkanminatbelajarIPS-GeografisiswakelasVIII-DSMPNegeri1Soko.12288122881228812288JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelasyangmenuntutpenelitiuntukterlibatlangsungdalamprosespenelitianmulaidaritahapperencanaanpenelitianhinggapelaporandata.Pengambilandatadalampenelitianinidilakukandenganobservasidanpenyebaranangket.PenelitianinidilaksanakandikelasVIII-SMPNegeri1Sokodenganjumlah31siswapadaKDmendeskripsikanpermasalahanlingkunganhidupdanupayapenanggulangannyadalampembangunanberkelanjutan.12288122881228812288Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaadanyapeningkatanminatbelajarsiswadenganpeningkatansebesar1465.SaranyangdiajukanpadapenelitianiniadalahbagiguruataupenelitiselanjutnyayangakanmenerapkanmodelpembelajaranGIsebaiknyamempersiapkansemuatahapankhususnyatahappenyelidikandenganmaksimal.Haltersebutdikarenakanpadatahappenyelidikanyangdilakukandiluarruanganmembutuhkanpengawasandankontrolguruyanglebihbanyakdaripadadidalamruangan.