Pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah geografi siswa kelas XI SMAN 1 Kesamben Jombang / Istika Arini Putri

Main Author: Putri, Istika Arini
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52678/
Daftar Isi:
  • PutriIstikaArini.2013.PengaruhPenerapanModelPembelajaranProblemBasedLearning(PBL)terhadapKemampuanPemecahanMasalahGeografiSiswaKelasXISMAN1KesambenJombang.SkripsiProgramStudiPendidikanGeografiFISUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.BudiHandoyoM.Si.Pembimbing(II)Dra.YuswantiArianiWirahayuM.SiKatakunciProblemBasedLearning(PBL)kemampuanpemecahanmasalah.Pembelajarangeografiselamainihanyafokuspadakemampuansiswauntukmenghafalinformasibukuteks.PenerapanmodelpembelajarandenganmenggunakanmasalahsangatdiperlukansiswaSMANegeri1KesambenJombanggunamelatihberpikirkritisuntukmencarisolusibagisuatupermasalahan.ModelyangtepatuntukmeningkatkankemampuanmemecahkanmasalahyaituPBL.PBLmendorongpemahamanyanglebihdalamdarisuatumaterikarenasiswatidakhanyamemperolehpengetahuandasarselamabelajartetapimemperolehpengalamanbagaimanamenggunakanpengetahuannyauntukmenghadapidanmenyelesaikanmasalahyangsebenarnyaterjadi.Siswabelajarmelaluipermasalahan-permasalahanpraktisyangberhubungandengankehidupannyatasehinggasiswamampumengaplikasikannyadalammenghadapipermasalahanyangmungkinterjadidikehidupansehari-hari.TujuanpenelitianuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranPBLterhadapkemampuanmemecahkanmasalahgeografisiswakelasXISMANegeri1Kesamben.Rancanganpenelitianmenggunakaneksperimensemu(quasieksperiment).Subjekpenelitianberjumlah66siswayangterbagidalamduakelasyaitukelasXIIPS1sebagaikelaskontroldankelasXIIPS2sebagaikelaseksperimen.InstrumenpenelitianberupatesesaiuntukmengukurkemampuanmemecahkanmasalahdenganranahkognitifC4danC5padamateripemanfaatandanpelestarianlingkunganhidup.Analisispenelitianmenggunakanujit(t-test)denganprogramSPSS16.0forWindows.HasilanalisisujitmenunjukkannilaiSig(0045)(005).Rata-ratagainscoresiswakelaseksperimensebesar1515lebihtinggidaripadasiswakelaskontrolyaitusebesar1149makaH0ditolak.HaliniberartiadapengaruhsignifikanpenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL)terhadapkemampuanmemecahkanmasalahgeografipadasiswakelasXISMAN1Kesamben.KemampuanmemecahkanmasalahpadakelaseksperimenyangmenggunakanmodelpembelajaranPBLlebihtinggidaripadakelaskontrolyangtidakmenggunakanmodelpembelajaranPBL.SaranyangdirekomendasikanpadagurugeografiagardalampenerapanPBLdisesuaikandenganmateriyangbercorakanalisissepertimenganalisisunsur-unsurgeosfermenganalisisfenomenabiosferdanantroposfermenganalisispemanfaatandanpelestarianlingkunganhidupsertamenganalisiswilayahdanperwilayahan.Bagipenelitiselanjutnyasebaiknyapenelitiandiarahkanpadatahapanpenyelidikanindividudankelompokyanglebihbaikkarenapadatahapinitidaksemuasiswadapatmengemukakanpendapatmengenaialternatifsolusiuntukmemecahkanpermasalahanyangmerekahadapi.