Pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah geografi siswa kelas XI SMAN 1 Kesamben Jombang / Istika Arini Putri
Main Author: | Putri, Istika Arini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52678/ |
Daftar Isi:
- PutriIstikaArini.2013.PengaruhPenerapanModelPembelajaranProblemBasedLearning(PBL)terhadapKemampuanPemecahanMasalahGeografiSiswaKelasXISMAN1KesambenJombang.SkripsiProgramStudiPendidikanGeografiFISUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.BudiHandoyoM.Si.Pembimbing(II)Dra.YuswantiArianiWirahayuM.SiKatakunciProblemBasedLearning(PBL)kemampuanpemecahanmasalah.Pembelajarangeografiselamainihanyafokuspadakemampuansiswauntukmenghafalinformasibukuteks.PenerapanmodelpembelajarandenganmenggunakanmasalahsangatdiperlukansiswaSMANegeri1KesambenJombanggunamelatihberpikirkritisuntukmencarisolusibagisuatupermasalahan.ModelyangtepatuntukmeningkatkankemampuanmemecahkanmasalahyaituPBL.PBLmendorongpemahamanyanglebihdalamdarisuatumaterikarenasiswatidakhanyamemperolehpengetahuandasarselamabelajartetapimemperolehpengalamanbagaimanamenggunakanpengetahuannyauntukmenghadapidanmenyelesaikanmasalahyangsebenarnyaterjadi.Siswabelajarmelaluipermasalahan-permasalahanpraktisyangberhubungandengankehidupannyatasehinggasiswamampumengaplikasikannyadalammenghadapipermasalahanyangmungkinterjadidikehidupansehari-hari.TujuanpenelitianuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranPBLterhadapkemampuanmemecahkanmasalahgeografisiswakelasXISMANegeri1Kesamben.Rancanganpenelitianmenggunakaneksperimensemu(quasieksperiment).Subjekpenelitianberjumlah66siswayangterbagidalamduakelasyaitukelasXIIPS1sebagaikelaskontroldankelasXIIPS2sebagaikelaseksperimen.InstrumenpenelitianberupatesesaiuntukmengukurkemampuanmemecahkanmasalahdenganranahkognitifC4danC5padamateripemanfaatandanpelestarianlingkunganhidup.Analisispenelitianmenggunakanujit(t-test)denganprogramSPSS16.0forWindows.HasilanalisisujitmenunjukkannilaiSig(0045)(005).Rata-ratagainscoresiswakelaseksperimensebesar1515lebihtinggidaripadasiswakelaskontrolyaitusebesar1149makaH0ditolak.HaliniberartiadapengaruhsignifikanpenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL)terhadapkemampuanmemecahkanmasalahgeografipadasiswakelasXISMAN1Kesamben.KemampuanmemecahkanmasalahpadakelaseksperimenyangmenggunakanmodelpembelajaranPBLlebihtinggidaripadakelaskontrolyangtidakmenggunakanmodelpembelajaranPBL.SaranyangdirekomendasikanpadagurugeografiagardalampenerapanPBLdisesuaikandenganmateriyangbercorakanalisissepertimenganalisisunsur-unsurgeosfermenganalisisfenomenabiosferdanantroposfermenganalisispemanfaatandanpelestarianlingkunganhidupsertamenganalisiswilayahdanperwilayahan.Bagipenelitiselanjutnyasebaiknyapenelitiandiarahkanpadatahapanpenyelidikanindividudankelompokyanglebihbaikkarenapadatahapinitidaksemuasiswadapatmengemukakanpendapatmengenaialternatifsolusiuntukmemecahkanpermasalahanyangmerekahadapi.