Perbedaan Sikap Dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran PPKn Antara Siswa Yang Berasal Dari MTs Dengan Siswa Yang Berasal Dari SLTP Pada Kelas II Di SMK Nu-1 Banjarwati Paciran Lamongan oleh Khoirul Bariyah
Main Author: | Khoirotul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52601/ |
Daftar Isi:
- SistempendidikandiMadrasahmemilikijampelajarandansistemmanajemenyangtidakberbedajaubdengansistemsekolahumum.perbedaannyahanyaterletakpadasegitujuanlingkunganbelajargurudanisikurikulum.sekolahUmumlebihmenekankankegiatannyapadaupayamendidiksiswauntukmengusaidasar-dasarilmupengetahuansedangkanMadrasahlebihmenekankanpadapenguasaadnasar-dasailrmukeagamaan.KeadaantersebutmenimbulkansuatuWrtanyaanberkaitandenganpenerimaan(sikap)siswaterhadapPPKnyangakanberpengaruhterhadapprestasibelajarnya.SehubungandenganitupenelitianinidilakukandengantujuanuntukmengetahuaidatidaknyaperbedaansikapdanprestasibelajarPpKnantarasiswayangberasaldariMTsdengansiswayangberasaldariSLTpdenganjalanrnenganalisidsatatentangsikapterhadapPPKndanprestasbielajarppKn.PenelitianinidilakukanpadakelasIIsMKNU-lBanjarwatiKalupatenLamongan.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahrancangankausalkomparatif.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasIIsMKNU-lBaqfarwatiKabupatenLamongansedangkansampeldiambildengancaratehnikclusterrandomsamplingD.atasikapterhadapPpKndiperolehdariskalasikapmodelLikertdannilaiulanganhariandigunakanuntukmenentukanprestasbielajarppKn.Datayangdiperolehkemudiandianalisisdenganmenggunakantsknikanalisisstatistikdeskriptifdananalisisuji(beda).HasilpenelitianinimenunjukkanbahwasiswayangberasaldariMTs99anyak62orang(5391%)dansiswayangberasaldarisLTpsebanyak53orang(609%).PadaumumnyabaiksiswayangberasaldariMTsmaupunyangberasardarisLTPmempunyaikecenderungasnikappositifterhadapppKnDemikianjugabaiksiswayangberasaldariMTsmaupunyangberasadrariSLTppadaumumnyamemilikiprestasbielajarPPKIyangcukupbaikpula.Darihasiluji-tdiketahuibahwaterdapatperbedaansikapterhadapppKnantarasiswayangberasadlariMTsdengansiswayangberasadlarisLTp(t294gp005).sEmentaraitudarihasilperbandingannilairata-ratanydaiketahuibahwasikapsiswayangberasaldariMTslebihpositifdaripadasiswayangberasaldarisLTP.TidakadaperbedaanprestasibelajarantarasiswayangberasaldariMTsdengansiswayangberasadlariSLTP(t-1414p005).-