Hubungan antara fasilitas belajar, motivasi belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran PKn siswa SMPN 1 Wajak Kabupaten Malang / Titik Soraya
Main Author: | Titik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52572/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSuroyaTitik.2009.HubunganAntaraFasilitasBelajarSiswaMotivasiBelajardanPrestasiBelajarMataPelajaranPendidikanKewarganegaraan(PKn)SMPNegeri1WajakKabupatenMalang.SkripsiJurusanPendidikanPancasiladanKewarganegaraanFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.ArbaiyahPrantiasihM.Si(II)Drs.NurWahyuRochmadi.M.PdM.Si.KataKunciFasilitasBelajarMotivasiBelajarPrestasiBelajarFasilitasbelajardanmotivasibelajarmerupakanduadiantarabanyakfaktoryangmempengaruhiprestasibelajarsiswa.UntukmengetahuifasilitasbelajarmotivasibelajardanprestasibelajarSMPN1WajakKabupatenMalangsertahubunganketiganyamakadilakukanpenelitianini.Adapuntujuanpenelitianiniadalahuntuk(1)menjelaskankondisifasilitasbelajarsiswaSMPN1Wajak(2)menjelaskangambaranmotivasibelajarsiswaSMPN1Wajak(3)menjelaskangambaranprestasibelajarPKnsiswaSMPN1Wajak(4)menjelaskanhubunganantarafasilitasbelajarsiswadenganprestasibelajarmatapelajaranPKnsiswaSMPN1Wajak(5)menjelaskanhubunganantaramotivasibelajardenganprestasibelajar(6)menjelaskanhubunganantarafasilitasbelajarsiswamotivasibelajardanprestasibelajarmatapelajaranPKnsiswaSMPN1Wajak.PenelitianinidilakukandiSMPN1WajakKabupatenMalang.RancanganpenelitianyangdigunakanadalahDeskriptifKorelasional.PopulasipenelitianiniadalahsiswaSMPN1WajakKabupatenMalangtahunajaran2008/2009.Teknikyangdigunakandalampengambilansampeladalahteknikproporsionalrandomsampling.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahkuesionerdandokumentasi.AnalisispenelitianmenggunakananalisisdeskriptifuntukmendeskripsikanfasilitasbelajarsiswamotivasibelajardanprestasibelajarPKn.AnalisisregresigandauntukmengetahuiadatidaknyahubunganantarafasilitasbelajarsiswamotivasibelajardanprestasibelajarPKn.Hasilpenelitianadalahsebagaiberikut.Analisispersentasedari60siswamenunjukkansebesar55%denganjumlahsiswasebanyak33siswamemilikiFasilitasbelajarsesuaidengankebutuhanbelajar.Motivasiyangdimilikitergolongtinggidenganpersentase6333%danprestasiyangdimilikitergolongtinggidenganpersentasesebesar75%beradapadakriteriabaik.Analisisliniergandamenggunakantaraf5%diketahuibahwaterdapathubunganpositifyangsignifikanantarafasilitasbelajarsiswamotivasibelajardanprestasibelajarmatapelajaranPKndengannilaiF-hitung50784nilaikoefisienregresi0126.DisimpulkanbahwavariabelX1danvariabelX2berpengaruhsecarasignifikanterhadapprestasibelajarbaiksecaraparsialmaupunsimultan.Berdasarkantemuanpenelitiandiatasdikemukkansaransebagaiberikut(1)beberapapendidikatauguruhendaknyadapatmeningkatkanlagipemberianmotivasibelajaragarsiswalebihsemangatdalambelajaryaitudengancaramenggunakanmetodebelajaryangbervariasidanlain-lainsehinggaprestasiyangdicapaiolehsiswaakanlebihbaik(2)orangtuahendaknyamelakukanpemantauanbelajardantidakmenyerahkanmasalahpendidikanpadasekolahsepenuhnyadanlebihmemperhatikankebutuhanakanfasilitasbelajarsiswayangdimilikiuntukmenunjangprosesbelajarsehinggaakanterdapatkesamaantujuansekolahdankeluargadalammendukungprestasisiswa(3)siswahendaknyaselalumemanfaatkanfasilitasyangtelahtersediadengansebaik-baiknyameningkatkankesadarandanpentingnyabelajardenganjalanaktifdanselalumenumbuhkansertamemeliharamotivasibelajartersebutagarmotivasitersebuttetaptinggidanbahkanditingkatkanlagi(4)untukpenelitianselanjutnyalebihmenvariasikanvariabelyangditelitisepertimenambahvariabelpenilaianeksterndaninternbagigurukebiasaanbelajarcaramendidikorangtuadanvariabellainyanglebihkomplekdanluassehinggahasilnyaakandapatlebihmenggambarkanfaktor-faktoryangmempengaruhiprosesbelajar.