Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran IPA materi Atmosfer Bumi untuk siswa kelas VIII SMPN 3 Tulungagung / Mochammad Farid Yusuf

Main Author: Yusuf, Mochammad Farid
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/525/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Yusuf, Mochammad Farid. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPAMateriAtmosfer BumiUntuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tulungagung.Skripsi, JurusanTeknologiPendidikan, FakultasIlmuPendidikan, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Anselmus J.E Toenlioe, M.Pd, (II) Dr. Agus Wedi, M.Pd. Kata Kunci: Multimedia Pembelajaran, IPA, Atmosfer Bumi, Kelas VIII Berdasarkananalisiskebutuhan yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Tulungagungkelas VIIIpada Mata PelajaranIPAdapatdiketahuihal berikut, (a)pembelajaran IPA kelas VIII pokokbahasanstrukturbumidanbencana, khususnyamateriatmosferbumi guru masihmenggunakanbukuteksdanpenjelasansecaraumum di dalamkelas, (b)kekuranganvariasidalampenggunaan media pembelajarandalamkegiatanbelajarmengajar di dalamkelas, khususnyapenggunaan multimedia pembelajaranpadapembelajaran IPA, (c) oleh karena itu salah satu cara yang dapat digunakan untuk menutupi kekurangan tersebut melalui penggunaan multimedia pembelajaran interaktif, dan(d) tersedianyalaboratoriumkomputer yang dapatdigunakandalampembelajaransiswa. Salah satujenis media pembelajaranberbasiskomputeradalah multimedia pembelajaran, di manapembelajarandapatdikendalikansendiriolehsiswamelaluiperangkatkomputer.Berkaitandenganitu, diperlukanpengembangan multimedia pembelajaran yang dapatmempermudahsiswadan menutupi kekurangan dalam pembelajaran IPAmengenaimateriatmosfer bumi di SMP Negeri 3 Tulungagung. Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmenghasilkan multimedia pembelajaraninteraktif yang layakmelaluiujivalidasisehinggadapatdigunakan padamatapelajaran IPA kelas VIII SMPN 3 TulungagungkabupatenTulungagung dan mengkaji efektifitas pemanfaatn multimedia pembelajaran IPA atmosfer bumi. Multimedia pembelajaran yang dikembangkanmenggunakan model pengembangan Lee danOwens (2004) yang terdiridari, (1) analisiskebutuhan, (2) analisisAwal-Akhir, (3), desain, (4) pengembangan, (5) implementasi, (6) evaluasi. Hasilvalidasiolehahli media memberikanpenilaian85% dengankriteria valid, ahlimaterimemberikanpenilaian93,3% dengankriteria valid, ujicobasiswaperseoranganmenghasilkanpenilaian 98,3% dengankriteria valid, ujicobalapanganmenghasilkanpenilaian90,4% dengankriteria valid, dantes hasil belajar siswa setelah menggunakan multimediamenghasilkanpenilaian77,8% siswa yang memenuhi KKM. Hal ini menunjukkan bahwa multimedia ini layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA kelas VIII khususnya materi atmosfer bumi. Oleh karena itu media inidapatdigunakansiswasebagaialternatifsumberbelajar, bagi guru sebagaialternatif media pembelajaran, . Pengembang lain diharapkan penelitian ini bermanfaatsebagaimasukandalammelakukanpengembangan multimedia pembelajaranuntukmateri yang lain.