Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi pada mata pelajaran PPKn di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Nur Khafido

Main Author: Khafido, Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/52408/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKKhafidoNur.2019.PenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeSTADUntukMeningkatkanKeaktifandanHasilBelajarSiswaKelasXAkuntansiPadaMataPelajaranPPKndiSMKMuhammadiyah2Malang.SkripsiJurusanHukumdanKewarganegaraanFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SriUntariM.Si(II)Drs.PetirPudjantoroM.Si.KatakunciPembelajaranKooperatifTipeSTADkeaktifanhasilbelajarPPKn.Kegiatanpembelajaranakanberjalansecaradinamisapabilaantaragurudansiswasama-samaterlibatdalamprosespembelajaran.Namundalamduniapendidikanmasihbanyakterdapatpermasalahansalahsatunyayaitumasalahdalamprosespembelajaran.Kegiatandalamprosesbelajarmengajardidalamkelasmasihdidominasiolehkeaktifangurubukansiswa.Dalamkegiatanpembelajarangurumenggunakanmetodeceramah.Selamakegiatanpembelajaranterlihatsebagiansiswamengantukdidalamkelasdanterlihathanyamendengarkanpenjelasangurunamunketikagurumemberikanpertanyaantidakbisamenjawab.Kondisitersebutmenunjukkankeaktifansiswadalamkegiatanpembelajaranmasihrendah.Haltersebutberdampakpulaterhadaphasilbelajarsiswa.BerdasarkandokumentasihasilbelajarsiswapadamatapelajaranPPKndiperolehbahwadari18siswahanya4siswayangmendapatkannilaidiatasKriteriaKetuntasanMinimal(KKM)yaitu75sedangkansisanyamasihmemperolehnilaidibawahKKMyaitu50.MenyikapipermasalahantersebutperluditerapkanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADsebagaialternatifuntukmengatasisiswayangpasifselamaprosespembelajarandanhasilbelajarsiswayangdibawahKKM.Tujuandalampenelitianiniadalah(1)BagaimanapenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADkelasXAkuntansipadamatapelajaranPPKndiSMKMuhammadiyah2Malang(2)ApakahpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADdapatmeningkatkankeaktifanbelajarsiswakelasXAkuntansipadamatapelajaranPPKndiSMKMuhammadiyah2Malang(3)ApakahpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasXAkuntansipadamatapelajaranPPKndiSMKMuhammadiyah2Malang.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.Karenauntukmemahamifenomenayangdialamiolehsubyekpenelitian.SubjekpadapenelitianiniadalahkelasXAkuntansiSMKMuhammadiyah2Malangyangterdiridari18siswa.Jenispenelitianyangdilakukandalampenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(ClassroomActionResearh).PTKdilakukanprosespengkajianberdaurdari4tahapyaitu(1)Perencanaantindakan(2)Pelaksanaantindakan(3)Observasi(4)Refleksi.iiBerdasarkanhasilobservasipadasiklusIpenelitikurangmemberikanmotivasidanpenelitihanyafokusterhadapsiswayangaktifsehinggakegiatanpembelajaranbelumberjalansecarakondusif.KeaktifansiswapadasiklusIbelumnampaksepertiaktivitasberbicaraberfikirmaupunmenulis.PadasiklusIhanyadidominasiolehsiswayangaktifyaitusiswayangaktifmenjawabpertanyaanbertanyamaupunmengungkapkanpendapat.SedangkanpadasiklusIIpenelitimemberikanperhatiankepadaseluruhsiswadanpenelitimemberikanmotivasidenganmenyampaikankepadasiswasiswamemperolehpenghargaanberupajajancoklatapabilasiswaaktifselamakegiatanpembelajaran.HaltersebutcukupmembangkitkansemangatsiswadalamkegiatanpembelajarankhususnyapadamatapelajaranPPKn.BerdasarkanhasilanalisispenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADdiketahuibahwapresentasekeberhasilantindakanpenelitipadasiklusImenujukkan7966%dengantarafkeberhasilanBaik.PadasiklusIIterjadipeningkatansebesar1517%yaitudari7966%padasiklusImenjadi9483%padasiklusII.SedangkanhasilanalisisdiketahuibahwapresentasekeberhasilankeaktifansiswapadasiklusImenujukkan51%dengantarafkeberhasilanCukup.PadasiklusIIterjadipeningkatansebesar1175%yaitudari51%padasiklusImenjadi6275%padasiklusII.DanhasilbelajarsiswadapatdiketahuiPadasiklusInilairata-rata7888denganpresentasesiswayangtuntassebesar11siswa(61%).PadasiklusIInilairata-rata8416yaitudari61%padasiklusImenjadi88%padasiklusIIdenganpresentasesiswayangtuntassebesar16siswa(88%)terjadipeningkatan27%.Bertitiktolakdaripenelitianinibeberapasaranyangdiajukanpenelitiadalah(1)GurumatapelajaranPPKnkelasXdisarankanuntukmenerapkanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADsebagaialternatifuntukdapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswaterutamapadamaterifungsidankewenanganlembaga-lembaganegaraagarsiswatidakmerasajenuhdenganpembelajaranyangbersifatmonoton(2)PelaksanaanpembelajarankooperatiftipeSTADhendaknyadipertimbangkandandisesuaikandenganmateriyangadadidalambukusiswa.Haltersebutmembantusiswauntukmemahamimateridanmenyesuaikandengankondisilingkunganbelajarsiswasehinggasiswadapatberperanaktifdalamkegiatanpembelajaran(3)Sekolahdiharapkandapatmemberikandukunganpenuhterhadapguruuntukmengembangkanberbagaivariasimodel-modelpembelajaranyangbisaditerapkandidalamkelas(4)UntukpenelitilainPenelitianinidiharapkandapatdikembangkanuntukpenelitianselanjutnyaagardapatterusmengembangkanprosespembelajaranyangada.