Implementasi program penguatan pendidikan karakter siswa melalui full day school di SMP Negeri 3 Malang / Liesa Nur Habibah
Main Author: | Habibah, Liesa Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52332/ |
Daftar Isi:
- HabibahLiesaNur2018.ImplementasiProgramPenguatanPendidikanKarakterSiswaMelaluifullDayschooldiSMPNegeri3Malang.Skripsi.JurusanHukumdanKewarganegaraanFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.DidikSukrionoS.HM.Hum(2)RusdiantoUmarS.HM.HumKataKunciImplementasipenguatanpendidikankarakterfulldayschoolPenyelenggaransistempendidikansemakinlamasemakinmaju.DalampenyelenggaraansistempendidikanyangbaikdanmeratasetiapmasyarakatyangberadadalamnegaraRepublikIndonesiawajibmemperolehpendidikanyangmerata.Dewasainisemakinbanyakbertumbuhnyasekolahdenganpendidikanyanglebihbaikkualitassumberdayanyabaiktenagapendidikmaupunsumberdayapesertadidiknya.Haltersebuttentudidukungolehberbagaifasilitasyangsesuaidengankelayakan.Menciptakanpendidikanyangbermutudanberkualitasdiperlukanberbagaiaspekantaralainyaitupendidikankarakter.Pendidikankarakterialahusahasadardanterencanauntukmewujudkansuasanasertaprosespemberdayaanpotensidanpembudayaanpesertadidikgunamembangunkarakterpribadiataukelompokyangunikbaiksebagaiwarganegara.Pendidikankaraktermerupakanaspekyangpentingbagigenerasipenerus.Seorangindividutidakcukuphanyadiberibekalpembelajarandalamhalintelektualbelakatetapijugaharusdiberihaldalamsegimoraldanspiritualnya.Pendidikankarakterseharusnyadiberikanseiringdenganperkembanganintelektualnyayangdalamhaliniharusdimulaisejakdinikhususnyadilembagapendidikan.PendidikankarakterpentingbagipendidikandiIndonesia.Pendidikankarakterakanmenjadidasardalampembentukankarakterberkualitasbangsayangtidakmengabaikannilai-nilaisosialsepertitoleransikebersamaankegotongroyongansalingmembantudanmenghormatidansebagainya.Pendidikankarakterakanmelahirkanpribadiunggulyangtidakhanyamemilikikemampuankognitifsajanamunmemilikikarakteryangmampumewujudkankesuksesan.Pelaksanaanprogrampenguatanpendidikankarakterinidilaksanakanmelaluisistemfulldayschool.PenelitianyangberjudulImplementasiProgramPenguatanPendidikanKarakterSiswaMelaluiFullDaySchooldiSMPNegeri3Malangbertujuanuntukmendeskripsikan(1)programpenguatanpendidikankaraktersiswamelaluifulldayschoolyangdilaksanakandiSMPNegeri3Malang(2)pelaksanaanprogrampenguatanpendidikankaraktersiswamelaluifulldayschooldiSMPNegeri3Malangserta(3)kendalayangdialamipadapelaksanaanprogrampenguatanpendidikankaraktersiswamelaluifulldayschooldiSMPNegeri3Malang.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifyangmenghasilkandatadeskriptif.Dalampenelitianinipenelitiberperansebagaiinstrumenpenelitian.PenelitimemilihlokasipenelitiandiSMPNegeri3MalangyangberlokasidiKotaMalang.Sumberdatadalampenelitianiniterbagimenjadiduayaitusumberdataprimeryangdiperolehdarihasilwawancaradansumberdatasekunderyangdiperolehdarihasilobservasidandokumentasi.Prosedurpengumpulandatadilakukandengantigateknikyangmeliputiteknikobservasiwawancaradandokumentasi.Analisisdatayangdigunakanyaitureduksidatapenyajiandatadaniipenarikankesimpulanatauverifikasidata.Pengecekankeabsahandatayangdigunakanolehpenelitiyaituperpanjangankeikutsertaanmeningkatkanketekunandantriangulasi.Hasilpenelitianiniantaralain(1)programpenguatanpendidikankaraktersiswamelaluifulldayschoolyangdilaksanakandiSMPNegeri3Malangyaitukegiatankeagamanbudaya5S(SenyumSapaSalamSopandanSantun)literasikokurikulermenyanyikanlaguIndonesiaRayadanlagu-lagunasonalsertakegiatan5Jumat(2)pelaksanaanprogrampenguatanpendidikankaraktersiswamelaluifulldayschoolyaitupadakegiatankeagamaanterbagimenjadi2yaitukegiatanhariandankegiatanmingguan.KegiatanHarianyangterdiridarimembacaAsmaulhusnamembacaAl-QuranmembacadoabersamakultumdansholatdhuhurberjamaahsedangkanuntukkegiatanmingguanterdiridarikeputriansholatJumatberjamaahdanistighosah.Kemudianbudaya5Syangdilaksanakansetiapharidansetiapwaktu.Selanjutnyakegiatanliterasiyangdilaksanakansetiaphari15menitsetelahjamke-4.Kegiatanselanjutnyayaitukokurikuleryangdilakukakansetiaphariyangberupamengerjakantugasdisekolah.KegiatanselanjutnyayaitumenyanyikanlaguIndonesiaRayapadasaatawalpelajaranPPKndanmenyanyikanlagu-lagunasionalsaatakhirpelajaranPPKn.Terakhiradalahkegiatan5JumatyangterdiridariJumatbersihJumatpokjajumatliterasiJumataksidankreasisertaJumatsehatyangdilaksanakansetiaphariJumatsecarabergantian(3)kendalayangdialamipadapelaksanaanprogrampenguatanpendidikankaraktersiswamelaluifulldayschoolyaitubeberapasiswakurangpedulidankurangtanggapterhadappembiasaanrasajenuhyangmunculakibatfulldayschoolsehinggamembuatsiswamenjadiacuhpadasaatjampelajaranberlangsungdanprosespenanamankarakteryangtidakdapatdilaksanakandalamwaktusingkat.Saranyangdiberikanolehpenulisyaitu(1)Sekolahhendaknyaterusberupayamendukungpenanamankaraktersiswamelaluipembiasaan-pembiasaanyangdilakukanolehsekolahsesuaidenganprogramyangsudahberjalan(2)sekolahlebihmengoptimalkanfasilitas-fasilitasyangadauntukmenunjangjalannyaprogram-programpenguatanpendidikankaraktersehinggahasilyangdicapaidapatmaksimal(3)jikamemungkinkansekolahhendaknyamenambahprogrampenguatanpendidikankarakteragarcakupanpendidikankaraktersiswalebihluaslagi(4)guruhendaknyatiadahenti-hentinyamembericontohyangbaikagarsiswamenjadikangurusebagaipanutanuntukberperilakuyangbaikjuga(5)bagiorangtuahendaknyajugamengontrolkegiatananakdirumahterlebihlagidalampelaksanaanpembiasaankarakteryangtelahdilakukandisekolah.sertamemotivasianakagartetapberkarakteryanglebihbaik.