Implementasi program penguatan pendidikan karakter siswa melalui full day school di SMP Negeri 3 Malang / Liesa Nur Habibah

Main Author: Habibah, Liesa Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52332/
Daftar Isi:
  • HabibahLiesaNur2018.ImplementasiProgramPenguatanPendidikanKarakterSiswaMelaluifullDayschooldiSMPNegeri3Malang.Skripsi.JurusanHukumdanKewarganegaraanFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.DidikSukrionoS.HM.Hum(2)RusdiantoUmarS.HM.HumKataKunciImplementasipenguatanpendidikankarakterfulldayschoolPenyelenggaransistempendidikansemakinlamasemakinmaju.DalampenyelenggaraansistempendidikanyangbaikdanmeratasetiapmasyarakatyangberadadalamnegaraRepublikIndonesiawajibmemperolehpendidikanyangmerata.Dewasainisemakinbanyakbertumbuhnyasekolahdenganpendidikanyanglebihbaikkualitassumberdayanyabaiktenagapendidikmaupunsumberdayapesertadidiknya.Haltersebuttentudidukungolehberbagaifasilitasyangsesuaidengankelayakan.Menciptakanpendidikanyangbermutudanberkualitasdiperlukanberbagaiaspekantaralainyaitupendidikankarakter.Pendidikankarakterialahusahasadardanterencanauntukmewujudkansuasanasertaprosespemberdayaanpotensidanpembudayaanpesertadidikgunamembangunkarakterpribadiataukelompokyangunikbaiksebagaiwarganegara.Pendidikankaraktermerupakanaspekyangpentingbagigenerasipenerus.Seorangindividutidakcukuphanyadiberibekalpembelajarandalamhalintelektualbelakatetapijugaharusdiberihaldalamsegimoraldanspiritualnya.Pendidikankarakterseharusnyadiberikanseiringdenganperkembanganintelektualnyayangdalamhaliniharusdimulaisejakdinikhususnyadilembagapendidikan.PendidikankarakterpentingbagipendidikandiIndonesia.Pendidikankarakterakanmenjadidasardalampembentukankarakterberkualitasbangsayangtidakmengabaikannilai-nilaisosialsepertitoleransikebersamaankegotongroyongansalingmembantudanmenghormatidansebagainya.Pendidikankarakterakanmelahirkanpribadiunggulyangtidakhanyamemilikikemampuankognitifsajanamunmemilikikarakteryangmampumewujudkankesuksesan.Pelaksanaanprogrampenguatanpendidikankarakterinidilaksanakanmelaluisistemfulldayschool.PenelitianyangberjudulImplementasiProgramPenguatanPendidikanKarakterSiswaMelaluiFullDaySchooldiSMPNegeri3Malangbertujuanuntukmendeskripsikan(1)programpenguatanpendidikankaraktersiswamelaluifulldayschoolyangdilaksanakandiSMPNegeri3Malang(2)pelaksanaanprogrampenguatanpendidikankaraktersiswamelaluifulldayschooldiSMPNegeri3Malangserta(3)kendalayangdialamipadapelaksanaanprogrampenguatanpendidikankaraktersiswamelaluifulldayschooldiSMPNegeri3Malang.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifyangmenghasilkandatadeskriptif.Dalampenelitianinipenelitiberperansebagaiinstrumenpenelitian.PenelitimemilihlokasipenelitiandiSMPNegeri3MalangyangberlokasidiKotaMalang.Sumberdatadalampenelitianiniterbagimenjadiduayaitusumberdataprimeryangdiperolehdarihasilwawancaradansumberdatasekunderyangdiperolehdarihasilobservasidandokumentasi.Prosedurpengumpulandatadilakukandengantigateknikyangmeliputiteknikobservasiwawancaradandokumentasi.Analisisdatayangdigunakanyaitureduksidatapenyajiandatadaniipenarikankesimpulanatauverifikasidata.Pengecekankeabsahandatayangdigunakanolehpenelitiyaituperpanjangankeikutsertaanmeningkatkanketekunandantriangulasi.Hasilpenelitianiniantaralain(1)programpenguatanpendidikankaraktersiswamelaluifulldayschoolyangdilaksanakandiSMPNegeri3Malangyaitukegiatankeagamanbudaya5S(SenyumSapaSalamSopandanSantun)literasikokurikulermenyanyikanlaguIndonesiaRayadanlagu-lagunasonalsertakegiatan5Jumat(2)pelaksanaanprogrampenguatanpendidikankaraktersiswamelaluifulldayschoolyaitupadakegiatankeagamaanterbagimenjadi2yaitukegiatanhariandankegiatanmingguan.KegiatanHarianyangterdiridarimembacaAsmaulhusnamembacaAl-QuranmembacadoabersamakultumdansholatdhuhurberjamaahsedangkanuntukkegiatanmingguanterdiridarikeputriansholatJumatberjamaahdanistighosah.Kemudianbudaya5Syangdilaksanakansetiapharidansetiapwaktu.Selanjutnyakegiatanliterasiyangdilaksanakansetiaphari15menitsetelahjamke-4.Kegiatanselanjutnyayaitukokurikuleryangdilakukakansetiaphariyangberupamengerjakantugasdisekolah.KegiatanselanjutnyayaitumenyanyikanlaguIndonesiaRayapadasaatawalpelajaranPPKndanmenyanyikanlagu-lagunasionalsaatakhirpelajaranPPKn.Terakhiradalahkegiatan5JumatyangterdiridariJumatbersihJumatpokjajumatliterasiJumataksidankreasisertaJumatsehatyangdilaksanakansetiaphariJumatsecarabergantian(3)kendalayangdialamipadapelaksanaanprogrampenguatanpendidikankaraktersiswamelaluifulldayschoolyaitubeberapasiswakurangpedulidankurangtanggapterhadappembiasaanrasajenuhyangmunculakibatfulldayschoolsehinggamembuatsiswamenjadiacuhpadasaatjampelajaranberlangsungdanprosespenanamankarakteryangtidakdapatdilaksanakandalamwaktusingkat.Saranyangdiberikanolehpenulisyaitu(1)Sekolahhendaknyaterusberupayamendukungpenanamankaraktersiswamelaluipembiasaan-pembiasaanyangdilakukanolehsekolahsesuaidenganprogramyangsudahberjalan(2)sekolahlebihmengoptimalkanfasilitas-fasilitasyangadauntukmenunjangjalannyaprogram-programpenguatanpendidikankaraktersehinggahasilyangdicapaidapatmaksimal(3)jikamemungkinkansekolahhendaknyamenambahprogrampenguatanpendidikankarakteragarcakupanpendidikankaraktersiswalebihluaslagi(4)guruhendaknyatiadahenti-hentinyamembericontohyangbaikagarsiswamenjadikangurusebagaipanutanuntukberperilakuyangbaikjuga(5)bagiorangtuahendaknyajugamengontrolkegiatananakdirumahterlebihlagidalampelaksanaanpembiasaankarakteryangtelahdilakukandisekolah.sertamemotivasianakagartetapberkarakteryanglebihbaik.