Analisis interaksi komunikasi antara guru PAUD dengan orang tua dalam memantau perkembangan sosial anak usia dini (studi kasus pada PAUD Mutiara Kasih Mangli, Kab. Jember) / Yorinoprina Sriningdyah Bekti Utami

Main Author: Utami, Yorinoprina Sriningdyah Bekti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/5230/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSriningdyahBektiUtamiYorinoprina.2017.AnalisisInteraksiKomunikasiantaraGuruPAUDdenganOrangTuadalamMemantauPerkembanganSosialAnakUsiaDini.SkripsiJurusanPendidikanLuarSekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.ZulkarnainM.Pd(2)Dr.AchRasyadM.Pd.KataKunciPAUDInteraksiKomunikasiPerkembanganSosialPendidikanAnakUsiaDini(PAUD)merupakanlembagapendidikanpertamayangmelaksanakantugasperkembangansosialdiluarrumahbagianakusiadini.Kegiatansosialsepertibermainbekerjasamamenerimatemansebayadanmemperlakukantemandapatdiarahkandalampergaulansehari-haridiPAUD.Anakusiadinimenemukanlingkungansosialyangmemberikanpengaruhpadakehidupanselanjutnya.PemberianbantuanpadaanakusiadinidariorangdewasadilingkunganmerekasangatdiperlukanyaituyangdisebutdenganScaffolding.Karenaanaktidakdapattumbuhdanmelaksanakantugasperkembangannyadenganbaiktanpabantuanorangdewasadisekitarnya.OrangdewasadisekitaranakusiadiniyangsangatberperanadalahOrangTuadanGuruPAUD.KarenaitusinergidankerjasamaantaraGurudanOrangTuadilembagaPAUDdalammembantutugas-tugasperkembangananaksangatdiperlukan.HaliniyangmelatarbelakangipenelitiuntukmelakukanpenelitianterkaitanalisisinterkasikomunikasiantaraGuruPAUDdenganOrangTuadalammemantauperkembangansosialanakusiadininya.PenelitianinibertujuanuntukmemperolehinformasitentangmateripesanpenyampaipesancaradanmediayangdigunakansertakapandilaksanakanterkaitkegiataninteraksikomunikasiantaraGuruPAUDdenganOrangTuadalammemantauperkembangansosialanakusiadini.Metodepenelitianyangdigunakanadalahpenelitiandeskriptifkualitatifyaknipenelitianyangmengungkapfaktakeadaanfenomenavariabeldankeadaanyangterjadisaatpenelitianberjalandanmenyuguhkanapaadanya.PenelitianinimengungkaphasilanalisisfaktadilapanganterkaitinteraksikomunikasiantaraGuruPAUDdenganOrangTuadalammemantauperkembangansosialanakusiadini.SubyekpenelitiandalamhaliniadalahAnakUsiaDinipadaPAUDMutiaraKasihMangliKab.Jember.PAUDMutiaraKasihberalamatkandiJalanKaumanRT001RW003DesaWonosariKelurahanMangliKecamatanKaliwatesJember.KehadiranpenelitiadalahsebagaipengamatdansumberdatayangdiperolehdariGuruPAUDdanOrangTuaanaksertateknikpengumpulandatadilakukandenganteknikwawancaraobservasidandokumentasi.HasilpenelitianyangdiperolehdarianalisisinterkasikomunikasiantaraGuruPAUDdanOrangTuaanakyaitu1)materipesanyangdisampaikanadalahterkaitperilakudansikapanakketikadisekolahmaupundirumah2)PesantersebutdisampaikanolehGuruatauolehOrangTuaanak3)Cara/TeknikyangdilakukandalamkegiataninterkasidankomunikasiitudilakukansecaralangsungketikamerekabertemudilembagaPAUDmemenuhiundanganPAUDbaikmelaluisurattertulisataumenggunakanalatkomunikasiyaitutelephonrumahatautelephongenggam(handphone)4)InteraksikomunikasiantaraGuruPAUDdanOrangTuadapatdilakukansecaraformalmaupuninformaldalamwaktuperiodikmisalnyasetiapseminggusekaliatausebulansekaliatausecaraspontanitasketikaditemukanmasalahlangsungbertemu.Daripenelitianyangsudahdilaksanakandapatmemberigambaranbahwainteraksikomunikasitersebutmemberikandampakpositifdalammemantauperkembangansosialanakusiadiniyaitumemunculkankepercayaandiripadaanakperkembangansosialanakdapatdipantaudandideteksiketikaterjadimasalahsehinggamempercepatpenanganansertamenjadiwahanadalammenyiapkanmentalanakuntukmemasukilembagasekolahselanjutnya.KarenaituinteraksikomunikasiGuruPAUDdenganOrangTuadisarankanuntukdilaksanakanlebihintensifdanberkualitas.