Persepsi masyarakat terhadap makna simbolik dalam tradisi Buka Luwur makam Sunan Kudus di Desa kauman Kecamatan Kota Kabupaten Kudus / MarÔÇÖatul Mualifah

Main Author: Mualifah, MarÔÇÖatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/52292/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMualifahM.2018.PersepsiMasyarakatTerhadapMaknaSimbolikdalamTradisiBukaLuwurMakamSunanKudusdiDesaKaumanKecamatanKotaKabupatenKudus.SkripsiJurusanHukumdanKewarganegaraanFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SriUntari.M.Si(II)RusdiantoUmar.S.H.M.Hum.KataKunciTradisiBukaLuwurMaknaMuatanEdukasi.TradisiBukaLuwurmerupakansalahsatutradisiyangterusdilaksanakandiKotaKudus.Melestarikantradisidanbudayaadalahhalpentingbagimasyarakatagaridentitasdiriyangdimilikitidakmudahtergerusolehperkembanganzaman.Menurutparaahlikebudayaansaatinisejumlahwarisanbudayamasalalusedikitdemisedikitmulaiterkenadampakdariglobalisasiyaitumasuknyabudayaluaryangdapatmenggesereksistensibudayanusantara.Haltersebutterlihatdengansemakinsedikitnyagenerasimudayangmengenaldanmemahamibudayanyasendiri.Agareksistensisuatukebudayaantidakhilangdanpunahtergerusperkembangandankemajuanzamanhendaknyaselaludiwariskankepadagenerasipenerusnyasalahsatunyaadalahmelaluipelestariantradisibudayalokalyangtentunyamemilikinilai-nilaiataumotivasitertentudalammasyarakatsebagaiwarisankekayaanbudayadaerah.TradisiBukaLuwurmerupakansalahsatuwarisanbudayaturuntemurunyangadadiDesaKaumanKecamatanKotaKabupatenKudus.TradisiinidilaksanakandenganmenggantikankainluwurpenutupmakamyangdigunakanmembungkusnisancungkupdanbangunandisekitarmakamSunanKudus.TradisiinidilaksanakansetiaptahunsekaligunamengenangsosokSunanKudusyangtelahberjasadiKotaKudus.Suatutradisitentunyamemilikimaknayangbaik.BerangkatdarihalitupenelitimengadakanpenelitianterhadapmaknasimboliktradisiBukaLuwur.Penelitianinibertujuanuntukmencaritahudanmendeskripsikanbeberapahalmeliputi(1)pelaksanaantradisiBukaLuwurmakamSunanKudus(2)maknapelaksanaaantradisiBukaLuwur(3)maknasimbolperlengkapandalamtradisiBukaLuwur(4)muatanedukasiyangterkandungdalamtradisiBukaLuwur.Metodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifexpostfacto.Pendekataninidigunakankarenasebagiandatadiperolehdaridataberupakata-kataataudatalisandariorang-orangatautindakanyangtidakbisadiwakilidenganangka-angkastatistik.Sedangkanexpostfactodikarenakantradisisudahberlangsungsebelumpenelitianinidilaksanakan.Jenispenelitianadalahpenelitianstudikasusyangdilakukansecaraintensifuntukmemperolehpengetahuanmendalamtentangsuatuperistiwa.Metodepengumpulandatayangdigunakanmelaluiwawancaraobservasidanstudidokumentasi.SubjekpenelitianiniadalahsekretarisYM3SKJuruKuncidanKepalaDesaKaumanyangterkaitlangsungdengantradisiBukaLuwursertamasyarakatsekitar.Penelitiberperansebagaiinstrumenyaitusebagaipengumpuldatadalampenelitian.KegiatananalisisdatadilakukandengananalisispenjodohanpolamenurutRobertKyinyaitudenganmembandingkanpolayangdiprediksikandengankenyataandilapangan.Pengecekankeabsahandatapenelitimenggunakanteknikketekunanpengamatandenganmembacaberbagaireferensibukumaupunhasilpenelitianataudokumenyangsejenisdengantemuanpeneliti.Berdasarkanhasilanalisisdatatersebutpenelitimemperolehempatkesimpulansebagaiberikut.PertamapelaksanaantradisiBukaLuwurterdapatbanyakrangkaianacaramulaidarikegiatanpenjamasanpusakamunadharahmasaildiniyahdoaRasuldanterbangankhatmilQuransantunananakyatimpembagianbuburAsyurapembacaanqasidahalbarjanzipengajianumumpembagianberkatsalinandanpembagiansegojangkrikatauuyahasemdanyangterakhiradalahpemasanganluwurmakamSunanKudus.KeduamaknapelaksanaantradisiBukaLuwurdiharapkanmasyarakatdapatterusmengenangjasa-jasaSunanKudusdalammendirikankotaKudusmentauladaniperjuanganSunanKudusdalammenyebarkandanmengembangkanagamaislamdikotaKudussertamentauladanikepemimpinanSunanKudusdalammembangunkaraktermasyarakatdengansemboyangusjigangdalamtradisiBukaLuwurinisemuadoa-doayangdipanjatkankepadaTuhanshodaqoh-shodaqohyangdiberikanpahalanyadikirimkankepadaSunanKudustradisiinimenjaditradisingalapberkahnyaSunanKudusyangtentunyamemilikikaromahyangbesar.KetigamaknaperlengkapanyangdigunakandalamtradisiBukaLuwurantaralainmenyaningkungoporjajanpasarsegojangkrikbuburAsyurakainluwursertapakaianyangdigunakanmemilikimaknayangbaik.KeempatmuatanedukasiyangterkandungdalamtradisiBukaLuwurantaralainkerukunangotong-royongtoleransireligiussalingberbagisalingpeduliikhlasadildemokratisdanmencintaitradisibudayadaerah.SaranbagimasyarakatDesaKaumanpenelitimengharapkanagarmasyarakatDesaKaumandapatterusmelaksanakantradisiBukaLuwursebagaiwujudpelestariantradisibudayadaerahagartidakhilang.Bagigenerasipenerusbangsapenelitimengharapkanagarpemuda-pemudidiDesaKaumankhususnyaataupemuda-pemudiKotaKuduspadaumumnyauntuktidakmelupakansejarahmenghormatiparaAuliyayangtelahberjasabagiKotaKudusgenerasimudajugadapatmentauladanispiritketokohanSunanKudusdalammenyebarkandanmengembangkanagamaislamdiKotaKudusdengansegalaajarannya.Bagipenelitilaindapatmelakukanpenelitianterkaitmasalah-masalahyangbelumdibahasataumengkajitentangtradisi-tradisibudayadiKudusyanglainsebagaiwarisankekayaanbudayadaerahyangperluuntukterusdilestarikanagartidakhilangtergerusolehperkembanganzaman.ABSTRACTMualifahM.2018.ComunityPerseptionOfSymbolicMeaningInTraditionOpenLuwurOfSunanKudusInTheKaumanVillageKotaSubdistrictKudusRegency.ThesisDepartmentofLawandCitizenshipFacultyofSocialSciencesStateUniversityofMalang.Counselor(1)Dr.SriUntari.M.Si(II)RusdiantoUmar.S.H.M.Hum.KeywordsTraditionOpenLuwurMeaningEducationContent.TraditionOpenLuwurisoneofthetraditionwhichiscarriedoutintheholycity.Knowingandpreservingtraditionsandcultureisimportantforthecommunitysothattheiridentityisnoteasilyerodedbythetimes.Accordingtoculturalexpertstodayanumberofculturalheritageofthepastlittlebylittlebegantobeaffectedbyglobalizationnamelytheentryofforeignculturethatcanshifttheculturalexistenceofthearchipelago.Thisisseenbythelessyoungpeoplewhoknowandunderstandtheirownculture.Inorderfortheexistenceofacultureisnotlostandextincterodeddevelopmentandprogressoftheerashouldalwaysbeinheritedtothegenerationofsuccessortheyoungergeneration.Oneofthemisthroughthepreservationoflocalculturaltraditionsthatcertainlyhavecertainvaluesormotivationsinthecommunityasaculturalheritageoftheregion.TraditionOpenLuwurisoneofthehereditaryculturalheritagethatexistinKaumanVillageDistrictofKudusRegency.ThistraditioniscarriedoutbyreplacingthetarpaulincoverclothusedtowraptheheadstonecupolaandbuildingaroundthetombofSunanKudus.ThistraditionisheldeveryyeartocommemoratethefigureofSunanKuduswhohasbeeninstrumentalintheHolyCity.Inatraditioncertainlyhasagoodmeaning.DepartingfromitresearchersconductedresearchonthesymbolicmeaningoftraditionsOpenLuwur.Thisresearchaimstofindoutanddescribeseveralthingsincluding(1)executionoftraditionofOpenLuwurtombofSunanKudus(2)meaningofOpenLuwurTradition(3)meaningofsymbolofequipmentinTraditionOpenLuwur(4)contentsofeducationcontainedintheOpenLuwurtradition.Themethodusedinthisresearchisqualitativeexpostfactoapproach.Thisapproachisusedbecausesomedataisderivedfromdataintheformofwordsorverbaldatafrompeopleoractionsthatcannotberepresentedwithstatisticalfigures.Whiletheexpofactoduetotraditionhasbeengoingonbeforethisresearchisimplemented.Thistypeofresearchisanintensivecasestudystudytogainin-depthknowledgeofanevent.Methodsofdatacollectionusedthroughinterviewsobservationandstudydocumentation.ThesubjectofthisresearchisthesecretaryofYM3SKInterpreterandHeadofKaumanVillagewhichisdirectlyrelatedtotheOpenLuwurtradition.Researchersactasinstrumentsnamelyascollectorsofdatainresearch.TheactivityofdataanalysisisdonebypatternpatterninganalysisaccordingtoRobertKyinthatisbycomparingthepredictedpatternwithrealityinthefield.Tomaintainthevalidityofthedatatheresearcherusesobservationaldiligencetechniquebyreadingvariousreferencesofbooksandresearchresultsordocumentssimilartothefindingsoftheresearcher.Fromtheresultsofdataanalysistheresearchersobtainedfourconclusionsasfollows.FirsttheimplementationoftheOpenLuwurtraditiontherearemanyseriesofeventsrangingfromheritagehandlingactivitiesmunadharahmasaildiniyahprayersofRasulandterbanganKhatmilQurancompensationorphansdistributionofAsyuraporridgerecitationqasidahalbarjanzipublicrecitationdivisionofcopyblessingandthedivisionofsegojangkrikoruyahasemandthelastistheinstallationoftheSunanKudustomb.SecondlythemeaningoftheimplementationoftheOpenLuwurtraditionisexpectedtocontinuetocommemoratetheservicesofSunanKudusinestablishingtheholycitymentanuladaniSunanKudusstruggleindisseminatinganddevelopingthereligionofIslaminthecityofKudusandmentauladaniSunanKudusleadershipinbuildingthecharacterofsocietywiththemottogusjiganginthisOpenLuwurtraditionallprayersareofferedtoGodshodaqoh-shodaqohgivenrewardsenttoSunanKudusthistraditionbecameatraditionofblessingSunanKuduswhichcertainlyhasagreatkaromahThirdthemeaningoftheequipmentusedinthetraditionofOpenLuwuramongothersmenyaningkungoporjajanmarketsegocricketsAsyuraporridgeluwurclothaswellasclothingusedthathasagoodmeaning.FourthlytheeducationalcontentcontainedintheOpenLuwurtraditionincludesharmonymutualassistancetolerancereligionsharingcaringsincerefairdemocraticandlovingregionalculture.SuggestionsforKaumanVillagecommunityresearchershopethatKaumanVillagecommunitycancontinuetoimplementthetraditionofOpenLuwurasaformofpreservationoflocalculturaltraditionsinordernottodisappear.ForthenextgenerationresearchersexpectyoungpeopleinKaumanVillageinparticularoryoungpeopleofKudusingeneralnottoforgethistoryrespectingtheAuliyawhohavecontributedtotheHolyCitytheyoungergenerationcanalsomentauladanispiritofSunanKuduscharacterinspreadinganddevelopthereligionofIslamintheHolyCitywithallitsteachings.ForotherresearcherscandoresearchrelatedissuesthathavenotbeendiscussedorreviewotherculturaltraditionsinKudusasalegacyofculturalrichnessoftheregionthatneedtobepreservedsoasnotlostlostbythedevelopmentofthetimes