Interaksi sosial pedagang di sekitar kawasan Wisata Religi Makam Gus Dur di Dusun Tebuireng Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang / Najmuddin MayaÔÇÖba

Main Author: MayaÔÇÖba, Najmuddin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/52279/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMayabaNajmuddin.2018.InteraksiSosialPedagangdiSekitarKawasanWisataReligiMakamGusDurdiDusunTebuirengKecamatanDiwekKabupatenJombang.SkripsiJurusanHukumdanKewarganegaraanFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SriUntariM.Si(II)Dr.NuruddinHadySH.MH.KataKunciPedagangWisataReligiInteraksiSosialTebuirengWisatareligibelakanganmenjaditrenpariwisatasebagaisaranauntukmempertebalkeimanan.SalahsatuwisatareligiyangsangatdigemariparawisatawanataupeziarahdiIndonesiaadalahdiJombangkarenaadanyamakamseorangulamabesarpendiridariOrmasIslamNahdlatulUlamadanjugaseorangpahlawannasionalyaituKH.HasyimAsyarikemudianyangkeduaadalahmakamdarimantanpresidenRIke-4sertacucudariKH.HasyimAsyariadalahKH.AbdurrahmanWahid(GusDur).KeberadaanmakampahlawannasionaldanmantanpresidenRIke-4inimenarikbanyakminatpeziarahdariseluruhIndonesiadenganbanyaknyapeziarahyangdatangsemakinbanyakjugaparapedagangdariluarkotayangdatanguntukmencobaberdagangdanmencobakeuntunganmerekadisekitarkawasanwisatareligimakamGusDurtersebut.Denganbanyaknyapedagang-pedagangyangbarudanberbaurmenjadisatudalamsatulingkunganyangbarujelasmenimbulkansebuahinteraksisosialmaupunkomunikasi-komunikasiyangterjalinantarpedagangtersebut.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikankarakteristikinteraksisosialdanhambatanyangterjadiantarpedagangdisekitarkawasanwisatareligimakamGusDur.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianstudikasusmenurutRobertK.Yindenganteknikpenjodohanpola.Instrumenutamadalampenelitianiniadalahpenelitisendiri.Pengumpulandatanyamenggunakanteknikoberservasiwawancaradandokumentasi.Untukmenjagakeabsahandatadilakukandengankegiatantriangulasisumberdanteknikkegiatanpenelitianinidimulaidaritahappersiapantahappelaksanaandantahappelaporan.Berdasarkanhasilanalisisdatadiperoleh3(tiga)kesimpulan.Pertamakarakteristikpedagangdapatdilihatberdasarkanjeniskegiatanusahamerekayangmayoritaspenjualpakaianaksesorismakananringanwarungnasidanjasatoiletumum.Tidakadanyajasaparkirinikarenapihakpondokpesantrensudahmenyediakanlahanparkirdanpenjaganya.Keduainteraksisosialyangtampakadalahasosiatif.Interaksiiniterlihatdenganadanyakerjasamaantarpedagangdalampengadaanbarangdagangandanpenentuanhargajualuntukbarangdaganganyangsama.Bentukasosiatifinijugaditandaidenganadanyaakomodasiyaitusebuahpenyelesaianmasalahyangdidasarkanataskompromijasapenengahjasaperantarakonsiliasidantoleransiyangterjadisekitarlingkunganpedagang.BentukasosiatifjugatampakadanyaakulturasiatauasimilasiyangmerupakanpeleburandarisatubudayadenganbudayalainsepertibanyaknyapedagangpendatangdariluardaerahJombangyangakhirnyamenetapdanmencobaperuntungandilingkungantersebut.Selainadanyainteraksiyangasosiatifsebagaiinteraksipositifadajugainteraksidisasosiatifatauinteraksinegatif.Bentukiniditandaidenganadanyapersainganantarpedagangyangmemilikidagangansamaberdasarkankualitasbarangbaikpedagangpakaianmaupunpedagangmakanan.Kemudiansetelahadanyapersaingandalamhambataninijugaadakonflikantarpedagangkonflikiniterjadikarenaadanyaseorangpedagangyangmenjualdenganhargadibawahkesepakatansesamapedagang.Konfliktersebuttidakterjadisampaiberkepanjangandanmenimbulkansebuahkonflikyangberujungkontakfisikataupunterjadisebuahkontravensiyaitumenjatuhkanpedaganglainuntukmencapaitujuanyasendiri.KetigahambatanyangterjadidalaminteraksisosialantarpedagangyangterjadidalamligkunganpedagangdimakamGusDurinihanyaadahambatandalampenyandianatausimbolhambatandaripenerimapesandanhambatanmedia.Hambatantersebutterjadiketikasituasisedanghujanderasmakamerekaharussalingmemberikankodekepadasesamapedagangyangkiosnyasalingberjauhanadanyatingkatemosiyangtidakstabildalamindividupedagangdanadanyagangguandalammenggunakanmediasosialmaupunmediaelektronik.Saranyangdiberikanolehpenulisyaitu(1)Pedagangseyogyanyamulaimencarialternatiflaindenganmembuatproduksendiriataulebihmelengkapikiosnyadenganlebihbervariasiterutamapedagangpakaiankarenapedagangpakaianmerupakanyangpalingbanyaksehinggapersainganlebihketat.(2)BagiKopontrenseyogyanyadalamorganisasiyangadadidalamnyalebihdibenahisehinggalebihjelasorganisasinyamengingatterbentuknyasudahcukuplamadanbukanorganisasibarulagi(3)PemerintahDesaCukirseyogyanyaperlumenjalinkerjasamadenganpedagangmelaluiorganisasipedagangagarkeduabelahpihaksalingmemberikankontribusimasing-masinguntukkepentinganparapedagangsehinggalebihsejahtera.(4)BagipenelitiselanjutnyaseyogyanyamengkajimengenaipedagangdisekitarkawasanwisatareligimakamGusDurdalamperspektifinteraksionismesimbolikataudapatmenelitihubunganantaraKopontrendenganPemerintahDesaCukirterkaitpengelolaankios-kiospedagangkawasanwisatareligimakamGusDur.