Marketing politik pasangan calon walikota dan wakil walikota Blitar terpilih pada pemilihan kepala daetrah tahun 2015 / Acik Mei Prayuni

Main Author: Prayuni, Acik Mei
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/52228/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPrayuniAcikMei.2017.MarketingPolitikPasanganCalonWalikotadanWakilWalikotaBlitarTerpilihPadaPemilihanKepalaDaerahTahun2015.SkripsiJurusanHukumdanKewarganegaraanProgramStudiPancasiladanKewarganegaraanFakultasIlmuSosial.Pembimbing(I)Drs.SuparlanAlHakimM.Si.(II)Drs.PetirPudjantoroM.Si.KataKunciMarketingPolitikWalikotadanWakilWalikotaPilkadaMarketingpolitikmerupakanerabarudalamproseskampanye.Sekarangsetiapelitpolitiksemakinmempercantikdiriuntukmencuriperhatianpublikagardianggaplayakuntukdipilih.Setiappartaipolitikdibuatsemenarikmungkinbukanhanyadarisisiwarnanamalogotetapiaspekatributdankemasanvisi-misimenjadipentinguntukdiperhatikan.Berkembangnyaproseskampanyedimasyarakatmembuatpersainganpartaipolitikyangjumlahnyasangatbanyakmemaksasetiapelitpolitikuntukmembuatsesuatuyangbarudanmenarikdemimencariperhatianpublik.Yangmemudahkanmasyarakatdalammemilihkandidatialahcirikhasyangdimilikiolehkandidattersebut.Makadariitumarketingpolitikiniperludigunakangunasebagaijalansuksesmemenangkanpilkada.HalinijugadilakukanolehSamanhudiAnwardanSantososelaluWalikotadanWakilWalikotaBlitarterpilihpadaPilkadatahun2015.Dalammenjalankanmarketingpolitiknyabanyakhalyangharusdilakukanmulaidarisegmentasipemilihpenguatancitrakandidatmerencanakanprodukdanpemilihanmediapromosi.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahui(1)bentuk-bentukmarketingpolitikyangdilakukanolehSamanhudiAnwardanSantosopadaPilkadatahun2015(2)UntukmengetahuialasanSamanhudiAnwardanSantosomenggunakanmarketingpolitik(3)UntukmengetahuikendalayangdihadapiolehpasanganSamanhudiAnwardanSantosodalammenjalankanmarketingpolitikpadaPilkadatahun2015.Penelitianiniinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif.Denganmetodeinipenelitiberusahauntukmengumpulkaninformasidandatasebanyak-banyaknyasertamendalamyangterkaitdenganmarketingpolitikpasanganCalonWalikotadanWakilWalikotaBlitarpadaPilkadatahun2015.Prosedurpengumpulandatayangdilakukanmelaluiobservasilapanganwawancaraterhadapinformandandokumentasidilapangan.TeknikanalisisdatayangdigunakanadalahreduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulansepertipolayangdiungkapkanolehMilesdanHuberman.UntukmenjaminkeabsahandatayangdiperolehpenelitimelakukanpegecekandatadenganmelaluitriangulasisumbertriangulasiteknikAdapunhasilpenelitianadalah(1)bentuk-bentukmarketingpolitikyangdilakukanolehSamanhudiAnwardanSantosopadaPilkadatahun2015adalahpenerapanstrategipushmarketingpullmarketingdanpassmarketing.Adabeberapastrategiyangdilakukanolehtimsuksesialahdengancarasegmentasipemilihpenguatancitrakandidatmerencanakanprodukdanpemilihanmediapromosi.(2)AlasanSamanhudiAnwardanSantosomenggunakanmarketingpolitikadalahagarmasyarakatmerasalebihdekatdengancalonpemimpinmerekasehinggamenjatuhkanpilihanyasaatpilkada(3)kendalayangdihadapiolehpasanganSamanhudiAnwardanSantosodalammenjalankanmarketingpolitikpadaPilkadatahun2015adalahterjadikerusuhansaatkampanyeakbarmasyarakatyangkurangpahamdengansosialisasiyangdilakukanolehtimsuksessaatkarenafaktorusia.Saranyangdiberikanpenelitisetelahmelakukanpenelitianadalah(1)UntukpasanganCalonSamanhudiAnwardanSantosoharusamanahselamamenjadipemimpindiKotaBlitarmerealisasikanprogram-programyangsudahdijanjikankepadamasyarakat(2)kepadaTimSuksesSamanhudiAnwardanSantosolebihmenjagalingkunganketikaberkampanye.Jangansampaibannerdanalatperagakampanyelainyamenggangguketertibanumum.Memanfaatkanpotensipemilihpemulasebagaipendongkraksuara.Dankemenanganpadaperiodekeduainidisikapidenganbijakselalumenjalankanamanahyangtelahdiberikanolehmasyarakat.selalumendahulukankepentinganrakyatdaripadakepentinganpribadiataupungolongan(3)MasyarakatpemilihKotaBlitarharuslebihkritisdalammenyikapisegalabentukperpolitikandiKotaBlitaragarpadasaatparatimsuksesmaupunpasangancalonmelakukankecuranganmasyarakatharuslebihseletifdansiapmenolaksegalabentukkecuranganyangdilakukanolehtimsuksesdankandidat(4)UntukpenelitiselanjutnyalebihkongkritdanjelasdalammenjelaskantentangmarketingpolitikmulaidarisegmentasipolitiklebihbaikdigolongkandariumursampaidengankelassosialbudayamasyarakatKotaBlitar.