Penggunaan model discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas X G SMA Negeri 9 Malang / Sischa Fajarwati
Main Author: | Fajarwati, Sischa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52188/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSischaFajarwati.2017.PengunaanModelDiscoveryLearningdalamMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisSiswaPadaMataPelajaranPPKndiKelasXGSMANegeri9Malang.SkripsiJurusanHukumdanKewarganegaraanProgramStudiPendidikanPancasiladanKewarganegaraanFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.ArbaiyahPrantiasihM.Si(II)Dr.SutoyoS.HM.Hum.KatakunciModelDiscoveryLearningKemampuanBerpikirKritisSiswakelasXGSMANegeri9MalangBerdasarkanobservasipratindakanyangdilaksanakanpadatanggal11Januari2017dikelasXGSMANegeri9Malangtemuanyangdidapatkanadalahsebagaiberikut(1)Siswaharusditunjukterlebihdahuluagarmaumenjawabpertanyaanguru(2)Siswadalammenjawabmasihterpakupadabukupaket(3)Kondisikelassaatkegiatanpembelajaranmasihpasifdansulitterjadinyainteraksiaktifbaikantarsiswamaupunsiswadenganguru(4)Selamapelajaranberlangsungtidakadasiswayangmengajukanpertanyaan.PenelitianinibertujuanuntukmendiskripsikanpenggunaanmodelDiscoveryLearningdikelasXGSMANegeri9MalangdanuntukmenganalisispengunaanmodelDiscoveryLearningdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswadikelasXGSMANegeri9MalangpadamatapelajaranPPKn.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(ClassroomActionResearch)yangdilaksanakandalamduasiklustindakanyangterdiridaritahapperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Setiapsiklusterdiridariduapertemuanselama2x45menitdandilakukanevaluasidisetiapakhirsiklus.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasXGSMANegeri9Malangdenganjumlah34siswayangterdiridari23siswaperempuandan11siswalaki-laki.Pengumpulandatadalampenelitianinidilakukandenganmetodewawancaraobservasitesdokumentasidancatatanlapangan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenggunaanmodelDiscoveryLearningdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa.Haltersebutdapatdilihatdarinilaipresentasesetiapindikatorpadasetiapsiklus.Padaaspekmelakukanpengamatanmeningkat9%yaitudarisiklusIsebesar701%kesiklusII791%.Aspekmerumuskanhipotesismeningkatsebesar298%darisiklusIsebesar529%kesiklusII827%.Aspekmelakukandiskusimenunjukkanskorpeningkatansebesar168%darisiklusIsebesar651%kesiklusII819%.Aspekketerampilanbertanyameningkat298%darisiklusI533%dan831%padasiklusII.Aspekketerampilanmenjawabpertanyaanmeningkatsebesar228%darisiklusI555%dansiklusII783%.Aspekmembuatkesimpulanmengalamipeningkatansebesar294%darisiklusI511%kesiklusII805%.Aspekmenerapkankonsepmeningkatsebesar249%darisiklusI581%kesiklusII83%.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkansebagaiberikut(1)PenggunaanmodelDiscoveryLearningdikelasXGSMANegeri9Malangdilaksanakandengantahapan-tahapanyaitupendahuluankegiatanintidenganpenerapanmodelDiscoveryLearningdengantahapansebagaiberikutstimulasiidentifikasimasalahpengumpulandatapengolahandatapembuktiandanmenarikkesimpulantahapselanjutnyarefleksisertaevaluasi(2)PengunaanmodelDiscoveryLearningdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa.Haliniberdasarkanindikatorberpikirkritisyaitumelakukanpengamatanmerumuskanhipotesismelakukandiskusiketerampilansiswabertanyaketerampilansiswamenjawabmembuatkesimpulandanmenerapkankonsep.