Keefektifan Building Learning Commitment (BLC) dalam peningkatan kinerja belajar peserta pelatihan di UPT Latkesmas Murnajati Lawang / Arini Damar Yati
Main Author: | Yati, Arini Damar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/5217/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKYatiAriniDamar.2017.KeefektifanBuildingLearningCommitment(BLC)dalamPeningkatanKinerjaBelajarPesertaPelatihandiUPTLatkesmasMurnajatiLawang.Skripsi.JurusanPendidikanLuarSekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.HardikaM.Pd.(II)Dr.UmiDayatiM.Pd.KataKunciKeefektifanBLCKinerjaBelajarPelatihanKeefektifanBuildingLearningCommitment(BLC)adalahsuatutingkatkeberhasilanyangdicapaidarisuatukegiatanpembelajarandalampelatihanyangkhususnyaberfokuspadapembentukankomitmenbelajarpesertapelatihandalamkelas.Kinerjabelajarpesertapelatihanadalahhasildarikegiatanbelajarpesertapelatihanyangberhubungandengankeaktifandalammengikutipelatihanmotivasimengikutipelatihanhasilbelajarsertaintegritaspeserapelatihanselamamengikutipelatihan.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikankeefektifanBLCdalampeningkatankinerjabelajarpesertapelatihandiUPTLatkesmasMurnajatiLawang.PenelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganrancanganpenelitiandeskriptifyaitumendeskripsikankeefektifanBLCdalampeningkatankinerjabelajarpesertapelatihandiUPTLatkesmasMurnajatiLawang.Metodepengumpulandatayangdigunakanadalahangket.SampeldalampenelitianiniyaitupesertapelatihanAkreditasiPuskesmasangkatanXXXVIIdanXXXVIIIsebanyak64orang.Analisisdatamenggunakanstatistikdeskriptifyangberupapersentasepemusatandataberupamedianmodussertaskoraktualdanmaksimal.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)hasilpersentasevariabelkeefektifanBLCmengenaipencairansuasananilai-nilaikontrolbersamadankomitmenbelajardikategorikansangattinggisedangkaninventarisasigayabelajarpemahamandiritentangbelajardanjurnalbelajarpribadidikategorikantinggi(2)hasilpersentasesubvariabeldarikinerjabelajaryangmeliputikeaktifanmotivasibelajardanintegritaspesertapelatihandikategorikantinggisedangkanhasilbelajardikategorikansangattinggi(3)keefektifanBLCdalampeningkatankinerjabelajarpesertapelatihanmenghasilkanpersentasetotalakhiryangdikategorikantinggi(4)hasilcrosstabvariabelpenelitiandenganjeniskelaminmenghasilkandatajawabandidominasiolehrespondenperempuancrosstabdenganusiarespondendidominasiolehjawabanrespondenusia25-29crosstabdenganpendidikandidominasiolehjawabanrespondenD3dancrosstabdenganpekerjaandidominasiolehjawabanrespondennonPNS.SaranuntukUPTLatkesmasMurnajatihendaknyamateriBLCtetapdipertahankankarenahasilpenelitianmenunjukkanbahwaBLCmemilikikeefektifanyangtinggiuntukmeningkatkankinerjabelajarpesertapelatihan.UntukWIsupayalebihinovatifdalammemberikanmateriBLCsupayatetapefektifdantidakmonoton.BagipesertapelatihanperlunyapemahamanpesertaterhadapBLCsebagaisuatukegiatandalampelatihangunamempersipkandiripesertauntukmemulaikegiatanpelatihan.UntukjurusanPLSperlumenjalinkerjasamadenganLatkesmasMurnajatidalamberbagaiaspektentangpelatihan.