Pembentukan karakter TGP (Tentara Genie Pelajar) pada kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SMP Negeri 2 Sumberpucung Kabupaten Malang / Frinsania Sajidah

Main Author: Sajidah, Frinsania
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52131/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSajidahFrinsania.2016.PembentukanKarakterTGP(TentaraGeniePelajar)PadaKegiatanEkstrakulikulerPramukadiSMPNegeri2SumberpucungKabupatenMalang.SkirpsiProgramStudiPendidikanPancasiladanKewarganegaraanJurusanHukumdanKewarganegaraanFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.MargonoM.Pd.M.Si.(2)Dra.ArbaiyahPrantiasihM.SiKataKunciPendidikanKarakterEkstrakulikulerPramukaNilaiKrakterSekolahMenengahPertama(SMP)merupakanlembagapendidikanformalpadajenjangpendidikanmenengahyangbertujuanuntukmengembangkanpotensidalamdirisebagaidisiplinilmu.Sebagaisuatupendidikanformalyangmenyelenggarakanpengajaranuntukpesertadidiknyamakasegalasesuatuharusdisusundandiaturmenurutpoladansistematikatertentuagarkegiatanpembelajarandapatberlangsungterarahpadapembentukandanpengembangankarakterpesertadidik.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntuk(1)mengetahuiapasajaprogrampembentukankarakterTGPpadaekstrakulikulerPramukadiSMPNegeri2Sumberpucung(2)mengetahuibagaimanapelaksanaanprogrampembentukankarakterTGPpadakegiatanPramukadiSMPNegeri2Sumberpucung(3)mengetahuiapasajanilai-nilaikarakterTGPyangditerapkanpadakegiatanPramukadiSMPNegeri2Sumberpucung(4)mengetahuifaktorapasajayangmenghambatmenerapkankarakterTGPpadapesertadidikdiSMPNegeri2Sumberpucung(5)memberitahukanuntukmengetahuisolusiuntukmengatasifaktorpenghambatpenerapankarakterTGPpadakegiatanPramukadiSMPNegeri2Sumberpucung.Penelitianinimenggunakanjenispenelitiankualitatifdeskriptif.PadapenelitiandeskriptifinipenelitibeusahauntukmenjelaskanbagaimanapenerapankarakterTGPpadakegiatanPramukadiSMPNegeri2SumberpucungKabupatenMalang.MelaluijenispenelitianinidatayangtelahterkumpulmerupakanhasildariwawancaratentangbagaimanamenerapkankarakterTGPpadasiswa-siswiSMPNegeri2Sumberpucungyangdisusunsecarasistematisakuratdanfactual.HaltersebutuntukmemberikanpenjelasansecaraterperincidansesuaidenngankeadaanyangterjadidiSMPNegeri2SumberpucungKabupatenMalangtanpaadarekayasa.Hasiltemuanpenelitianinimenunjukkanbahwa(1)programpenerapanTGPdiSMPNegeri2Sumberpucungdilaksanakanmelaluiserangkaiankegiatan(2)PelaksanaanprogrampembentukankarakterTGPpadaekstrakulikulerdibagimenjadi2yaitukegiatanrutindankegiatantahunan(3)nilai-nilaikarakteryangditerapkanpadakegiatanekstrakurikulerPramukaantaralaindidapatdarikegiatanbaris-berbarisishomapenyampaianmateripenempuhansyaratkecakapanumum(SKU)danperkemahan(4)terdapatbeberapakendaladalammenerapkankarakterTGPpadakegiatanekstrakulikulerPramukaantaralainkendaladarisiswakendaladaripembinadankendalaanggarandana(5)solusiuntukmneyelesaikanbeberapakendalayangadapadasaatmenerapkankarakterTGPpadakegiatanekstrakulikulerPramukadiSMPNegeri2Sumberpucung.BerdasarkandatatersebutdapatdiambilkesimpulanbahwaprogrampembentukankarakterpadakegiatanPramukadiSMPNegeri2Sumberpucungyangpalingseringdilaksanakanadalahkegiatanrutin.DalammenerapkankarakterTGPpadakegiatanPramukasangatlahdibutuhkankerjasamaantarapembinaPramukakakakpembinaPramukaPanitiaGugusDepandanDewanGalangSMPNegeri2SumberpucunguntuklebihseiriusdalammenerapkankarakterTGPpadapesertadidik.