Implementasi pembelajaran berbasis proyek dalam upaya meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Yunita Permatasari
Main Author: | Permatasari, Yunita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52068/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPermatasariYunita.2016.ImplementasiPembelajaranBerbasisProyekDalamUpayaMeningkatkanPartisipasidanHasilBelajarSiswaPadaMataPelajaranPendidikanPancasilaDanKewarganegaraan(PPKn)diSMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalang.SkripsiJurusanHukumKewarganegaraanProgramStudiS1PPKnFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.ArbaiyahPrantiasihM.Si(II)Drs.MargonoM.PdM.SiKataKunciPembelajaranKooperatifPembelajaranBerbasisProyek.PartisipasiBelajarSiswaHasilBelajarBerdasarkanhasilobservasidenganguruPPKndiSMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalangpadatanggal10dan15Agustus2015diketahuibahwaprosespembelajarandikelasmasihdidominasiolehguru(teacheroriented)siswamendengarkanmenyimakdanmencatatpenjelasandarigurusertamengerjakansoal-soalyangadapadamodul.Hasilwawancaradiketahui(58%)atau17siswadinyatakantuntasdan12siswa(42%)lainnyamasihbelumtuntas.Sehinggaperluadanyaupayautukmeningkatkanpartisipasidanjugahasilbelajardarisiswatersebut.TujuanpenelitianiniuntukmeningkatkanpartisipasibelajarsiswapadamatapelajaranPPKndenganmengimplementasikanpembelajaranberbasisproyek.Siswayangmasihdikategorikanpasifataukurangantusiasdalamkegiatanpembelajarandiharapkanlebihberpartisipasidalamkegiatanpembelajaran.PenelitianinidirancangdenganmenggunakanPenelitianTindakanKelas(PTK)denganmengunakanpembelajaranberbasisproyekyangdiberlakukanpadakelasVIII-GsemesterganjildiSMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalangdenganmateriNilaiPancasiladalamKehidupanBermasyasrakatBerbangsadanBernegara.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaimplementasipembelajaranberbasisproyek(projectbasedlearning)mampumeningkatkanpartisipasibelajarsiswaVIII-Gsecarakeseluruhansebesar10%yakni62%padasiklusImenjadi72%padasiklusII.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutsaranyangdapatdiberikanyaitupembelajaranberbasisproyekdapatdijadikansebagaisalahsatualternatifmetodepembelajaranyangdapatmeningkatkanpartisipasibelajarsiswasehinggadapatmeningkatkankualitaspembelajarandisekolah.