Implementasi pembelajaran berbasis proyek dalam upaya meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Yunita Permatasari

Main Author: Permatasari, Yunita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/52068/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPermatasariYunita.2016.ImplementasiPembelajaranBerbasisProyekDalamUpayaMeningkatkanPartisipasidanHasilBelajarSiswaPadaMataPelajaranPendidikanPancasilaDanKewarganegaraan(PPKn)diSMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalang.SkripsiJurusanHukumKewarganegaraanProgramStudiS1PPKnFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.ArbaiyahPrantiasihM.Si(II)Drs.MargonoM.PdM.SiKataKunciPembelajaranKooperatifPembelajaranBerbasisProyek.PartisipasiBelajarSiswaHasilBelajarBerdasarkanhasilobservasidenganguruPPKndiSMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalangpadatanggal10dan15Agustus2015diketahuibahwaprosespembelajarandikelasmasihdidominasiolehguru(teacheroriented)siswamendengarkanmenyimakdanmencatatpenjelasandarigurusertamengerjakansoal-soalyangadapadamodul.Hasilwawancaradiketahui(58%)atau17siswadinyatakantuntasdan12siswa(42%)lainnyamasihbelumtuntas.Sehinggaperluadanyaupayautukmeningkatkanpartisipasidanjugahasilbelajardarisiswatersebut.TujuanpenelitianiniuntukmeningkatkanpartisipasibelajarsiswapadamatapelajaranPPKndenganmengimplementasikanpembelajaranberbasisproyek.Siswayangmasihdikategorikanpasifataukurangantusiasdalamkegiatanpembelajarandiharapkanlebihberpartisipasidalamkegiatanpembelajaran.PenelitianinidirancangdenganmenggunakanPenelitianTindakanKelas(PTK)denganmengunakanpembelajaranberbasisproyekyangdiberlakukanpadakelasVIII-GsemesterganjildiSMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalangdenganmateriNilaiPancasiladalamKehidupanBermasyasrakatBerbangsadanBernegara.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaimplementasipembelajaranberbasisproyek(projectbasedlearning)mampumeningkatkanpartisipasibelajarsiswaVIII-Gsecarakeseluruhansebesar10%yakni62%padasiklusImenjadi72%padasiklusII.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutsaranyangdapatdiberikanyaitupembelajaranberbasisproyekdapatdijadikansebagaisalahsatualternatifmetodepembelajaranyangdapatmeningkatkanpartisipasibelajarsiswasehinggadapatmeningkatkankualitaspembelajarandisekolah.