Penerapan metode pembelajaran simulasi dengan media permainan monopoli untuk meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas XI SMA Negeri 1 Singosari Malang / Mukhammad Khoirul Fathoni
Main Author: | Fathoni, Mukhammad Khoirul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52026/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFathoniMukhammadKhoirul.2016.PenerapanMetodePembelajaranSimulasidenganMediaPermainanMonopoliuntukMeningkatkanHasilBelajarPPKnSiswaKelasXISMANegeri1SingosariMalang.SkripsiJurusanHukumdanKewarganegaraanFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.M.YuhdiBatubaraSHM.Hum(II)Dr.NurWahyuRochmadiM.PdM.SiKataKunciMetodePembelajaranSimulasiMediaPermainanMonopoliHasilBelajarPendidikanmerupakansaranauntukmendapatkanpengajaransertamemperolehilmuyanglebihbaikdanmenjadikanmanusiayangtidaktahumenjaditahu.Padadasarnyatujuandarisetiappembelajaranadalahagarterjadiperubahankearahyanglebihbaik.BegitujugadalampembelajaranformalmelaluiPendidikanPancasiladanKewarganegaraanyangmerupakanmatapelajaranyangmemegangperananpentingkarenaberhubungandengansikapdanmennalanakdimasamendatang.TujuanutamaPendidikanPancasiladanKewarganegaraanadalahuntukmenumbuhkanwawasandankesadaranbernegarasikapsertaperilakuyangcintatanahairberkebudayaanbangsasertawawasannusantara.MelaluiPendidikanPancasiladanKewarganegaraanwarganegaradiharapkanmampumemahamimenganalisadanmenjawabmasalah-masalahyangdihadapiolehmasyarakatsesuaidengancita-citadantujuannasionalseprtiyangtelahdigariskandalampembukaanUUD1945.OlehkarenaitudalamranahpendidikandisekolahPendidikanPancasiladanKewarganegaraanmengajarkanpadasiswauntukmengimplementasikannilai-nilaiyangtercantumdalamPancasila.NamunminatsiswaterhadapmatapelajaranPendidikanPancasiladanKewarganegaraancederungrendahterbuktidenganadanyaperolehannilaiulangansiswayangrendah.OlehkarenaitudibutuhkanmetodepengajaranyangtepatagarsiswamampudanlebihmudahmemahamimateripelajaranPendidikanPancasiladanKewarganegaraan.Dalampenelitianinimetodesimulasidenganpermainanmonopolidipilihkarenadapatmemunculkankerjasamaantarindividuyangdikemasmelaluikerjakelompokyangnantinyasiswadalambidangakademikdapatmembantutemanyanglainsehinggadapatbelajarbersama.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiprosespelaksanaanmetodepembelajaransimulasidenganmediapermainanmonopolidanuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswasebelumdansetelahmenggunakanmetodepembelajaransimulasidenganmediapermainanmonopolidalampembelajaranPendidikanPancasiladanKewarganegaraandikelasXIMIA-4SMANegeri1Singosari.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelasyangditerapkandenganmenggunakan2siklus.SumberdataprimeryangdiperolehdaripenelitianinimelaluiguruPendidikanPancasiladanKewarganegaraandansiswakelasXIMIA-4SMANegeri1Singosari.Sementaradatasekunderdiperolehdaripendapatparaahiyangmengetahuidanmendalamiperistiwasebagaiacuanatausumberinformasidalammelakukanpenelitian.Pengumpulandatayangdigunakandalampenelitianiniadalah(1)observasi(2)wawancara(3)dokumentasidan(4)teshasilbelajar.Prosedurpenelitianinimeliputi(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)pengamatandan(4)refleksi.Analisisdatadalampenelitianinidilakukansecaradeskriptifbaikdeskriptifkualitatifmaupundeskriptifkuantitatif.Deskriptifkualitatifmeliputireduksidatapenyajiandatasertapenarikankesimpulanatauverfikasi.SementaradeskriptifkuantitatifmeliputipeningkatanhasilbelajarsiswasebelumdansesudahmenggunakanmediapermainanmonopolidalampembelajaranPendidikanPancasiladanKewarganegaraandikelasXIMIA-4SMANegeri1Singosari.Hasilpenelitianiniadalah(1)Pelaksanaanmetodepembelajaransimulasidenganmediapembelajaranmonopolimemilikikelebihandiantaranyasiswamampumemahamimateriyangdiajarkansiswadapatmembiasakandirimengemukakanpendapatdidepankelassiswadapatterlibataktifdalampembelajaransiswadilatihuntukbekerjasamadenganbaikbersamatemansekelompoknya.Sedangkankelemahanyangditemukanberupagurumengalamikesulitansaatmengkoordinasikankelaskarenamenggunakankelompokbesarpembelajarandenganmetodeinimembutuhkanwaktuyangrelatifbanyak.(2)HasilbelajarpadatindakansiklusIdenganmenggunakanmetodepembelajaransimulasidenganmediapermainanmonopolimengalamipeningkatanhasilbelajardibandingkandengankegiatanpratindakandenganmenggunakanmetodeceramahdantanyajawab.Rata-ratahasilbelajarsiswapadapratindakanadalah634.SedangkanhasilbelajarpadatindakansiklusIadalah741dantindakansiklusIIadalah878dengankatalainhasilbelajartindakansiklusIImengalamipeningkatan244%darikegiatanpratindakandanmengalamipeningkatan137%daritindakansiklusI.SecaragarisbesarsiswasudahmengalamipeningkatandansudahmencapainilaiKKMyangtelahditetapkan.SarandaripenelitibagiguruPendidikanPancasiladanKewarganegaraansebaiknyalebihdapatmengkondisikankelasdanmeningkatkanhasilbelajarsiswamelaluitanyajawabsaatpenyampaianmateri.Gurumenggunakanmetodepembelajaranyangmenyenangkanagarsiswatidakbosansalahsatunyamenggunakanmetodepembelajaransimulasidenganmediapermainanmonopoli.Guruhendaknyamengaitkanmateripembelajarandengankeadaannyataagarmelatihsiswamengenalikehidupandisekitar.Sementarasaranbagisiswaseharusnyalebihberanidalammengutarakanpendapatdalammengalamikesulitanmemahamimateriyangdisampaikan.Siswadapatbelajarkelompokuntukmemahamimateridenganmenggukanmetodepembelajaranyangmenyenangkan.Saranbagipenelitidiharapkandapatmemberikanvariasidalampenelitianselanjutnyaagarsiswalebihtertarikdalammengikutipembelajara.Penelitidiharapkanmelakukanpenelitiantentangpembelajaransimulasidenganmediapermainanmonopolidenganmenggunakanmateriyangberbedauntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.