Peran Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Blitar dalam pemberian bekal keterampilan terhadap anak didik pemsayarakatan di LPKA Kelas I Blitar / Anis Choirun Ni'mah
Main Author: | Ni'mah, Anis Choirun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/52010/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNimahAnisChoirun.2016.PeranLembagaPembinaanKhususAnak(LPKA)KelasIBlitardalamPemberianBekalKeterampilanterhadapAnakDidikPemasyarakatandiLPKAKelasIBlitar.SkripsiProgramStudiSIPendidikanPancasiladanKewarganegaraanJurusanHukumdanKewarganegaraanFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SutoyoSH.M.Hum(II)Dr.NuruddinHadySH.M.H.KataKunciBekalketerampilananakdidikpemasyarakatanLPKAAnakadalahbagiandariwarganegarayangharusdilindungikarenamerekamerupakangenerasipenerusbangsayangakanmelanjutkankepemimpinanbangsaIndonesia.Setiapanakdisampingwajibmendapatpendidikanformaljugaperlumendapatpendidikannonformalsehinggamerekadapattumbuhmenjadianakyangbergunabagibangsadannegara.TemasukanakyangtelahmelakukansuatutindakpidanadanharusmasukdiLembagaPembinaanKhususAnak(LPKA).DiLPKAanaktidakhanyamendapatpendidikanformalsajatetapijugapendidikannonformalsepertihalnyapemberianbekalketerampilansangatbermanfaatbagimerekauntukmemperolehpengalamandanbekalketikanantinyamerekakeluardariLPKAdandapatditerimadimasyarakat.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan(1)BekalketerampilanyangdiberikankepadaanakdidikpemasyarakatanuntukmandiriketikanantisudahkeluardariLPKAKelasIBlitar(2)HambatandalampelaksanaanpemberianbekalketerampilanterhadapanakdidikpemasyarakatandiLPKAKelasIBlitar(3)SolusiyangditerapkanuntukmengatasihambatandalampemberianbekalketerampilankepadaanakdidikpemasyarakatandiLPKAKelasIBlitar.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanteknikobservasiwawancaradandokumentasi.DatapenelitianyangberupadokumentasidanhasilwawancaradenganbeberapainformanyaitupembinaLPKAdananakdidikpemasyarakatan.Kegiatananalisisdatadenganmenggunakanmodelanalisisinteraktifyangdimulaidaritahap(1)Reduksidata(2)Penyajiandata(3)Verifikasidata.Berdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiperolehtigahasilpenelitiansebagaiberikut.PertamabentukbekalketerampilanyangdiberikanLPKAyaitu(1)bidangpertanian(2)bidangpeternakan(3)bidangperikanan(4)pembuatanhandycraft(5)kegiatanmenjahit(6)pembuatankesetdarikainperca.KeduahambatanyangdihadapiLPKAdalampemberianbekalketerampilanterhadapanakdidikpemasyarakatanyaitu(1)Faktorkemalasan(2)Kurangnyatenagapembina(3)Faktoranggaran(4)Faktorpemasaran.Ketigasolusidalammengatasihambatanyangdihadapidalampemberianbekalketerampilanyaitu(1)Menjalinkomunikasidanmotivasidenganbaik(2)Perlukesabarandanketelatenanpembina(3)Hasilkaryaanakdipamerkankepadasetiappengunjungyangdatang(4)Pelatihandrumbbanddilaksanakansendiriolehanak.Beberapasarandaripenelitidiajukankepadabeberapapihakyakni(1)BagiLPKAseharusnyamelakukanpenambahantenagapembinauntukmelatihanakdalampemberianbekalketerampilan(2)KepadaLPKAhendaknyadapatmemberikansosialisasikepadamasyarakatmengenaipemberianbekalketerampilanolehLPKAterhadapanakdidikpemasyarakatan.SehinggamasyarakatmengetahuibahwadiLPKAanakjugadiberikanpendidikanformaldannonformaluntukbekalmerekaketikanantikeluardariLPKA(3)KepadaMenteriHukumdanHAMhendaknyamemberikantambahananggaranbagipembinaananakdidikpemasyarakatandiLPKAagarpelaksanaankegiatanberlangsungsecaralancardanterpenuhisegalakebutuhan(4)Bagianakdidikpemasyarakatanperluadanyakesadaranmengikutipelatihanbekalketerampilandengansemanagatdanpenuhketekunan.MengingathaltersebutsangatbermanfaatketikanantinyamerekakeluardariLPKA