Penerapan metode pembelajaran diskusi teknik buzz group dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada matass pelajaran PPKn di kelas X AK 4 SMK Negeri 1 Turen / Sholikatus Afriyanti

Main Author: Afriyanti, Sholikatus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/51985/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAfriyantiSholikatus.2015.PenerapanMetodePembelajaranDiskusiTeknikBuzzGroupdalamMeningkatkanKeaktifanBelajarSiswapadaMataPelajaranPPKndiKelasXAK4SMKNegeri1Turen.SkripsiProgramStudiPendidikanPancasiladanKewarganegaraanJurusanHukumdanKewarganegaraanFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.ArbaiyahPrantiasihM.Si.(II)Hj.YuniastutiSHM.Pd.KataKunciMetodePembelajaranDiskusiTeknikBuzzGroupKeaktifanBelajarObservasiawalyangdilakukanpadapembelajaranPPKndikelasAK4SMKNegeri1Turenpadatanggal22September2015dan29September2015ditrmukanbahwaterdapatpermasalahanpadapenggunaanmetodepembelajaranyangditetapkanolehgurusehinggabanyaksiswayangpasifdalampembelajaran.Olehsebabitudiperlukansuatupenggunaanmetodepembelajaranyangdapatmendorongmotivasibelajarsiswaagardapatmeningkatkankeaktifanbelajarsiswa.BerkaitandenganpermasalahantersebutpenggunaanmetodepembelajarandiskusiteknikBuzzGroupdilakukansebagaiupayauntukmembantusiswadalammemahamimaterisertameningkatkankeaktifanbelajarsiswadalammatapelajaranPPKn.TujuanpenerapanmetodepembelajarandiskusiteknikBuzzGroupadalahuntukmengembangkanpengetahuansiswatentangmateripelajaranyangtelahdipelajarinyamemperolehinformasibertukarinformasimemecahkansuatumasalahmendorongpercayadiripesertadidikdalammenyampaikanpendapatdanmeningkatkankeaktifanbelajarsiswa.PenelitiantentangpenerapanmetodepembelajarandiskusiteknikBuzzGroupinimenggunakanjenisPenelitianTindakanKelas(PTK).PenelitianTindakanKelasiniterdiridariduasiklus.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasXAK4SMKNegeri1Turenyangberjumlah37siswa.PelaksanaanPTKiniterdiridariperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkankeaktifanbelajarsiswa.Pengumpulandatadilakukandenganobservasidandokumentasi.Berdasarkanhasilanalisisdatayangdilakukandiperolehkesimpulansebagaiberikut(1)penggunaanmetodepembelajarandiskusiteknikBuzzGroupdalammatapelajaranPPKnpadasiswakelasXAK4diSMKNegeri1Turendiawalidenganpengkondisiankelasuntukmelaksanakandiskusi.Gurumemberikankasuspermasalahankepadasetiapkelompokuntukdidiskusikankemudiansetiapkelompokmenyampaikanhasildiskusinyadidepankelasdenganditanggapiolehkelompoklain(2)penggunaanmetodepembelajarandiskusiteknikBuzzGroupdalammatapelajaranPPKnpadasiswakelasXAK4diSMKNegeri1Turendapatmeningkatkankeaktifanbelajarsiswa.Keaktifanbelajarsiswadapatdilihatmelaluinilairata-rataantarasiklusIdansiklusII.Rata-ratakeaktifanbelajarsiswapadasiklusIadalah65135danrata-ratakekatifanbelajarsiswapadasiklusIIsebesar79189.Peningkatanrata-ratakeaktifanbelajarsiswadarisiklusIkesiklusIIsebesar14054atau21577%.SaranyangdiberikanpenelitikepadagurumatapelajaranPPKnagarmenggunakanmetodepembelajarandiskusiteknikBuzzGroupsebagaialternatifuntukmenjadikansiswalebihaktifdantidakmerasabosandalammengikutiprosesbelajarmengajar.SelainitudiharapkanpadapenelitiselanjutnyaagarlebihmemgembangkanpenerapanmetodepembelajarandiskusiteknikBuzzGroupdengancakupanpembahasanyanglebihluassertadapatmemadukandenganmetodepembelajaranlain.