Penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) pada mata pelajaran PPKN untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 8 Malang / Muhammad Rohman
Main Author: | Rohman, Muhammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/51978/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRohmanMuhammad.2015.PenerapanModelPembelajaranStudentFacilitatorAndExplaining(SFAE)PadaMataPelajaranPPKnUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasVIIIBSMPNegeri8MalangProgramStudiPendidikanPancasiladanKewarganegaraanJurusanHukumdanKewarganegaraanFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SutoyoSH.M.Hum(2)Dr.SriUntariM.SiKatakunciModelPembelajaranStudentFacilitatorAndExplaining(SFAE)HasilBelajarPPKnPeningakatankualitaspendidikandapatdiawalidenganperbaikantampilanseoranggurudalammenggunakanmodelpembelajarandenganbaik.SalahsatumodelpembelajaranyangbisamembuatsiswaaktifdanmampumeningkatkanhasilbelajaradalahmodelpembelajaranStudentFacilitatorandExplaining(SFAE).Tujuanpenelitianiniadalahuntukmenjelaskan(1)penerapanmodelpembelajaranStudentFacilitatorandExplaining(SFAE)padamatapelajaranPPKnpadasiswakelasVIIIBSMPNegeri8Malang(2)apakahpenerapanmodelpembelajaranStudentFacilitatorandExplaining(SFAE)padamatapelajaranPPKndapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIIIBSMPNegeri8Malang.MetodeyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(ClassroomActionResearch).SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVIIIBSMPNegeri8Malangdenganjumlah32siswa.DatadiperolehdarihasilwawancaraobservasidokumentasidantessebelumdansesudahdilakukantindakansiklusIdansiklusII.Datadiolahdandianalisisdenganmenggunakanteknikanalisisdatakualitatif.Hasilpenelitianiniadalah(1)penerapanmodelpembelajaranStudentFacilitatorandExplaining(SFAE)padamatapelajaranPendidikanPancasiladanKewarganegaraanpadasiswakelasVIIIBSMPNegeri8Malangdilakukandalam6sintaksyaitua)Gurumenyampaikankompetensiyangingindicapaib)Gurumendemonstrasikan/menyajikanmatertic)memberikankesempatansiswauntukmenjelaskankepadasiswalainnyamisalnyamelaluibagan/petakonsepd)Gurumenyimpulkanide/pendapatdarisiswae)Gurumenerangkansemuamateriyangdisajikansaatituf)Penutup.(2)penerapanmodelpembelajaranStudentFacilitatorandExplaining(SFAE)padamatapelajaranPPKndapatmeningkatkanhasilbelajarsiswahalinidapatdilihatpadarata-ratanilaipengetahuansiswapadasaatobservasiawaladalah7998meningkatpadasiklusImenjadi8837danlebihmeningkatlagipadasiklusIImenjadi978.Ketuntasanbelajarklasikalsiswasaatobservasiawalhanya6452%kemudianmengalamipeningkatanpadasiklusImenjadi8387%.SedangkanuntuksiklusIIlebihmeningkatdarisiklusIyaituketuntasanbelajarklasikalmencapai9677%.Tidakhanyaaspekpengetahuansajayangmengalamipeningkatannamunaspeksikapdanketerampilanjuga.SiklusIsaatditerapkanmodelpembelajaranStudentFacilitatorandExpalining(SFAE)rata-ratanilaisikapsiswaadalah827.JumlahinimeningkatpadasiklusIImenjadi895.Rata-ratanilaiketerampilansiswapadasiklusIadalah798.JumlahinimengalamipeningkatanpadasiklusIImenjadi866.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdisarankanbagikepalaSMPNegeri8MalanguntukmenginstruksikangurumenggunakanmodelpembelajaranStudentFacilitatorandExplaining(SFAE)sebagaivariasikarenaberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswa.KepadaguruSMPNegeri8MalangdancalonguruuntuklebihmemahamikonsepmodelpembelajaranStudentFacilitatorandExplaining(SFAE)agarlebihsempurnalagidalampenerapandanhasilbelajarnya.KepadapenelitilainyanginginmelakukanpenelitiansejenisterlebihdahuluuntukmemperhatikankarakteristiksiswadanmateripembelajaransebelummenerapkanmodelpembelajaranStudentFacilitatorandExplaining(SFAE)ini.