Problematika guru dalam melaksanakan pembelajaran PPKn berdasarkan kurikulum 2013 di SMP Negeri 13 Malang / Vinda Maya Puspita
Main Author: | Puspita, Vinda Maya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/51935/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPuspitaVindaMaya.2015.ProblematikaGurudalamMelaksanakanPembelajaranPPKnberdasarkanKurikulum2013diSMPNegeri13Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanPancasiladanKewarganegaraanJurusanHukumdanKewarganegaraanFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.ArbaiyahPrantiasihM.Si(2)SitiAwaliyahS.PdM.Hum.KataKunciproblematikagurukurikulum2013Pendidikanmemegangperananpentingdalammenjaminkelangsunganhidupsuatunegaradanbangsapendidikanjugamerupakanwahanauntukmeningkatkandanmengembangkankualitassumberdayamanusia.Kurikulummemangdinamisdanmengikutiperkembangandimasyarakat.Ilmudanteknologiberubahdanpermasalahandimasyarakatjugaberubahdantantanganyangdibutuhkanolehpesertadidiksebagiandarimasyarakatjugaberubah.sebagaibarangyangrelatifbarukurikulum2013akanmenghadapiberbagaimasalahdantantangandalampelaksanaannyabaikditingkatnasionalmaupundalamtatananlokal.Ketikaujipublikmisalnyapengembangankurikuluminisudahmendapatpenolakandaribeberapakelompokmasyarakatpedulipendidikan.Demikianhalnyadalamtatananlokalbanyakgurukepalasekolahdanpengawasyangbelum/tidaksiapmengikutiperubahantersebut.Adapunalasannyayangjelaspenolakaniniakanberdampakpadasuksestidaknyaperubahanyangdilakukan.Hamalik(200852)mengenaipermasalahanyangdialamigurutentangmengajardankurikulumsenantiasamendapattempattersendiriinidikarenakangurumengembanperanyangsangatpentingdalamkeberhasilanprosespendidikanbahkanberdasarkanpandanganyangadasekaranginibetapapunbagusdanindahnyakurikulumkeberhasilankurikulumtersebutakhirnyabergantungpadamasing-masingguru.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahui(1)problematikagurudalamperencanaanpembelajaranPPKnberdasarkankurikulum2013diSMPNgeri13Malang(2)problematikagurudalampelaksanaanpembelajaranPPKnberdasarkankurikulum2013diSMPNegeri13Malang(3)uapayagurudanpihaksekolahdalammengatasiproblematikadalampelaksanaanpembelajaranPPKnberdasarkankurikulum2013diSMPNegeri13Malang.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif.PenelitibertindaksebagaipengumpuldatadandalammengumpulkandatadiSMPNegeri13Malang.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanteknikobservasiwawancaradandokumentasi.Untukpengecekankeabsahandatadilakukandenganperpanjanganpengamatan.Untukkegiatananalisisdatadilakukanpengumpulandatareduksidatapenyajiandatapenarikankesimpulan.BerdasarkanhasilanalisisdatakesimpulandarihasilpenelitianmengenaiproblematikagurudalammelaksanakanpembelajaranPPKnberdasarkankurikulum2013diSMPNegeri13adalahPertamaadalah(a)GurumasihbelumpahammengenaipenyusunanRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)kurikulum2013(b)gurumengalamikesulitandalammenyisipkanmateriPendidikanLaluLintas(PLL)dalamRPP(c)dalampenulisanRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)bukusiswatermasukmenjadipedomanbagigurudalampenulisanRPPakantetapipadabukusiswakurikulum2013matapelajaranPPKnantarajudulbabdanisitidaksesuai.KeduaProblematikadalampelaksanaanpembelajaranberkaitandenganpendekatansaintifikmetodedanpenilaian.DalampelaksanaanpembelajaransaintifikmatapelajaranPPKnproblematikayangdihadapiadalah(a)PadatahapmengamatifasilitasyangdigunakansebagainLCDmengalamikerusakan(b)padasaattahapmenanyadanmengkomunkasikansiswacenderungpasif(c)sumberyangdigunakanolehsiswadalamprosespembelajaranberlangsungsebatasbukusiswamatapelajaranPPKnkurikulum2013(d)alokasiwaktupadatahapmengkomunikasikantidakmencukupisehinggabeberapakelompoktidakdapatmelaksanakantahapmengkomunikasikan.DalampelaksanaanmetodeproblematikayangdihadapiolehguruadalahdalammelaksanakanmodelProyekBasedLearningadalahwaktudanpelaksanaanmodeldianggapsulitsehinggapelaksanaanyatidakbisaberjalan.DalampenilaianpadamatapelajaranPPKngurumengalamikendalakarenaaspekpadapenilaiankurikulum2013sangatbanyakdiantaranyaaspeksikapyangterdiridaripenilaiandirisendiriantartemanjurnalobservasi.Untuknilaipengetahuanterdiridariulanganhariantugasulangantengahsemesterujiankenaikankelasdanketerampilanterdiridaripraktekproyekdanportofolio.KetigaUpayayangdilakukanolehpihaksekolahmaupungurudalamproblematikapelaksanaanpembelajaranPPKnberdasarkankurikulum2013diSMPNegeri13Malangadalahsebagaiberikut.Upayayangdilakukangurumengenaiproblematikayangdihadapidalamperencanaanadalah(a)Mengikutisosialisasikurikulum2013(b)DiselenggarakanMGMP(MusyawarahGuruMataPelajaran)matapelajaranPPKnsehinggapadaproblematikamengenaiperencanaanhinggaevaluasiantaragurusalingmembantudanmendiskusikansehinggamenemukansolusi.Upayayangdilakukangurumengenaiproblematikayangdihadapidalampelaksanaanpembelajaransaintifikadalah(a)PerbaikanfasilitasLCD(b)memberikanmotivasidandukungankepadasiswa(c)Pengadaanjaringaninternetdisekolah(d)MemanajemenWaktudenganbaik.Upayayangdilakukangurumengenaiproblematikayangdihadapidalampelaksanaanmetodeadalahmemberikantugasproyekyangmudahpadasiswasehinggadalampelaksanaannyasiswatidakmengalamikendalakarenatugasproyekmerupakantugasyangberjangkadanproblematikayangdihadapiolehguruadalahwaktupelaksanaan.UpayayangdilakukangurumengenaiproblematikadalampenilaianmatapelajaranPPKnberdasarkankurikulum2013adalahstrategidalampenilaiankurikulum2013dimanapadakurikulum2013aspekpenilaiansangatbanyaksehinggagurutidakmelakukansemuaaspekyangada.