Pengembangan media pembelajaran PPKn berbasis multimedia interaktif pada materi Lembaga Negara Indonesia berdasarkan Undang-Undang Dasar Negera Republik Indonesia yahun 1945 untuk siswa kelas VIII SMP / Irfan Wahyu Permana
Main Author: | Permana, Irfan Wahyu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/51906/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPermanaIrfanWahyu.2015.PengembanganMediaPembelajaranPPKnBerbasisMultimediaInteraktifpadaMateriLembagaNegaraIndonesiaBerdasarkanUndang-undangDasarNegaraRepublikIndonesiaTahun1945untukSiswaKelasVIIISMP.SkripsiJurusanHukumdanKewarganegaraanProgramStudiPendidikanPancasiladanKewarganegaraanFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SriUntariM.Si.(II)SitiAwaliyahS.PdM.Hum.KatakunciPengembanganMediaPembelajaranMultimediaInteraktifLembagaNegaraIndonesiaPembelajaranmerupakansebuahsistemyangterdiridaribeberapakomponenyangsalingberhubungan.Salahsatukomponenyangterdapatdalamsebuahsistempembelajaranadalahmediapembelajaran.Mediapembelajaranmerupakaninstrumenataualatyangdigunakanuntukmempermudahdalammenyampaikaninformasidarigurukepadasiswasehinggamemperolehpemahamanyangsamadalamrangkamencapaitujuanpembelajaranyangtelahditentukan.Mediapembelajaranterdiridaribeberapajenisyaknimediateksgambarsuaravideodankombinasidaribeberapajenismediayangdisebutmultimedia.MultimediadapatdigunakandalamkegiatanpembelajarandisekolahtermasukuntukmengajarmatapelajaranPendidikanPancasiladanKewarganegaraan(PPKn).BerdasarkanhasilobservasiyangdilakukandiSMPNegeri20MalangpembelajaranPPKnmasihdilakukandengancarakonvensional(ceramahdanpenugasan)sedangkanfasilitasyangdisediakansudahlengkapdanmemadai.Berdasarkanpengamatanyangdilakukanolehpenelitiselamamelakukanpraktikpengalamanlapangan(PPL)penelitiberasumsibahwasiswamerasabosandenganmodelpembelajaranceramahdanpenugasansehinggasiswakurangbersungguh-sungguhdalammengikutipembelajaran.Olehsebabitudiperlukansebuahmediapembelajaranyanginovatifdanmenarikyangdibuatdenganmempertimbangkankebutuhansiswadansaranaprasaranayangtersedia.BerangkatdaripermasalahantersebutdilakukansebuahpenelitianpengembanganmediapembelajaranPPKnberbasismultimediainteraktifpadamaterilembaganegaraIndonesiaberdasarkanUndang-undangDasarNegaraRepublikIndonesiaTahun1945untuksiswakelasVIIISMP.Penelitianyangdilakukanbertujuanuntukmengembanganmediapembelajaranyangvaliddandapatdigunakandalamkegiatanpembelajaransertamendeskripsikanhasilvalidasimediapembelajaranyangtelahdibuat.ModelpenelitianyangdigunakandalampengembanganmediapembelajaraniniadalahmodelBorgGallyangtediridari10langkahdandireduksimenjadi7langkah.Langkah-langkahpenelitiandanpengembanganmeliputi(1)penelitiandanpengumpulandata(2)perencanaan(3)pengembangandrafproduk(4)validasiahlimediamateripembelajaran(5)revisiproduk(6)ujilapangandan(7)revisiprodukakhir.HasilakhirdaripenelitanpengembanganiniadalahmediapembelajaranPPKnberbasismultimediainteraktifmaterilembaganegaraIndonesiaberdasarkanUndang-undangDasarNegaraRepublikIndonesiaTahun1945yangdikemasdalambentukCD(compactdisk)dandapatdioperasikanpadakomputeryangmenggunakansistemoperasiWindowsyangmemilikiCDROM.Mediapembelajaranyangdihasilkanmemuat(1)kompetensiinti(2)kompetensidasar(3)tujuanpembelajaran(4)materipembelajaran(5)videopembelajaran(6)ujikompetensi(7)permainandan(8)biodatapembuatmediapembelajaran.Produkmediapembelajaranyangdihasilkanjugadilengkapidenganbukupetunjukpenggunaan(manualbook)yangdapatdigunakanuntukmembantumempermudahdalampengoperasianmediapembelajaran.Untukmengujitingkatkelayakanmediapembelajarandilakukanvalidasiolehbeberapaahlisertaujicoba.(1)Validasiyangdilakukanolehahlimediamenunjukkantingkatkelayakansebesar9479%yangartinyasangatlayakdandapatdigunakantanparevisi.(2)Validasiyangdilakukanolehahlimaterimenunjukkantingkatkelayakansebesar9456%yangartinyasangatlayakdandapatdigunakantanparevisi.(3)Validasiyangdilakukanolehahlipembelajaranmenunjukkantingkatkelayakansebesar9762%yangartinyasangatlayakdandapatdigunakantanparevisi.(4)Hasilujicobakelompokkecilmenunjukkantingkatkelayakansebesar9529%yangartinyasangatlayakdandapatdigunakantanparevisi.(5)Hasilujicobakelompokbesarmenunjukkantingkatkelayakansebesar9151%yangartinyasangatlayakdandapatdigunakantanparevisi.BerdasarkanhasilvalidasidanujicobayangtelahdilakukandapatdisimpulkanbahwamediapembelajaranPPKnberbasismultimediainterktifmaterilembaganegaraIndonesiaberdasarkanUndang-undangDasarNegaraRepublikIndonesiaTahun1945dinyatakansangatlayakdigunakanuntukkegiatanbelajarmengajarsiswaSMPkelasVIII.SaranpenelitianlebihlanjutuntukpengembanganmediapembelajaranPPKnberbasismultimediainteraktifpadamaterilembaganegaraIndonesiaberdasaranUndang-undangDasarNegaraRepublikIndonesiaTahun1945untuksiswakelasVIIISMPdapatdikembangkanuntukmateriataumatapelajaranlain.Penelitianpengembanganiniterbatashanyauntukmenghasilkanmediapembelajarandanmengujitingkatkelayakannyaolehsebabitubisadilakukanpenelitianlebihlanjutuntukmengetahuiseberapabesartingkatkeefektifandarimediapembelajaranyangtelahdibuat.Selainitumediapembelajaranyangdihasilkandapatdikembangkanmenjadimediapembelajaranyangkompleksyangdapatdioperasikanpadaperangkat-perangkatyangberkembangsaatini.