Pengembangan media pembelajaran interaktif mata pelajaran IPA pada materi daur hidup hewan untuk meningkatkan pemahaman materi siswa kelas IV MI Islamiyah Muhammadiyah Sempu Banyuwangi / Fristy Retno Prastiti
Main Author: | Prastiti, Fristy Retno |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/519/ |
Daftar Isi:
- Prastiti, Fristy Retno. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matapelajaran IPA pada Materi Daur Hidup Hewan untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Siswa Kelas IV MI Islamiyah Muhammadiyah Sempu Banyuwangi. Skripsi, Jurusan S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sihkabuden, M.Pd (II) Dra. Susilaningsih, M.Pd Kata Kunci: Pengembangan media, matapelajaran IPA, pemahaman materi     Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi permasalahan tentang pembelajaran IPA dengan materi daur hidup hewan yaitu kurangnya media pembelajaran yang digunakan guru sehingga siswa mengalami kesulitan ketika memahami materi daur hidup hewan. Hal tersebut dikarenakan materi pembelajaran IPA tidak dapat diamati dalam sekali pengamatan.     Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media bahan ajar berupa media pembelajaran interaktif yang layak untuk matapelajaran IPA materi daur hidup hewan kelas IV di MI Islamiyah Muhammadiyah Sempu Banyuwangi.     Model pengembangan media CD pembelajaran interaktif ini diadaptasi dari model ADDIE. Berdasarkan model tersebut, dalam pengembangan penelitian ini ada 5 tahap pengembangan yang dilakukan yaitu (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Pelaksanaan pengembangan dilakukan berdasarkan temuan analisis kebutuhan. Kemudian peneliti menentukan kompetensi dasar dan model yang digunakan. Selanjutnya melakukan pengembangan produk. Produk yang telah dikembangkan diujicobakan pada ahli materi dan ahli media. Produk yang telah diujicobakan kemudian dievaluasi dengan cara revisi.     Berdasarkan hasil uji coba dapat dikemukakan sebagai berikut: hasil validasi ahli media yaitu sebesar 80% dari prosentase jumlah keseluruhan jawaban ahli media, ahli materi 90% dari prosentase jumlah keseluruhan jawaban ahli materi, dari siswa sebagai pengguna media sebesar, uji kelompok kecil 100%, uji kelompok besar 80%, dan uji lapangan 83,33% dari jumlah siswa tuntas dibagi jumlah keseluruhan siswa dikali 100%.     Dari penelitian pengembngan yang telah dilakukan, diperoleh simpulan bahwa media CD pembelajaran interaktif materi daur hidup hewan dikembangkan berdasarkan model ADDIE. Produk pengembangan ini dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi siswa dalam memahami materi daur hidup hewan. Media CD pembelajaran interaktif yang dikembangkan dinilai layak, sesuai dengan kriteria, dan kebutuhan siswa.