Implementasi pendekatan ilmiah (scientific) pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 9 Malang / Lia Nurul Fauziyah
Main Author: | Fauziyah, Lia Nurul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/51890/ |
Daftar Isi:
- FauziyahLiaNurul.2011.ImplementasiPendekatanIlmiah(Scientific)PadaMataPelajaranPPKndiSMPNegeri9Malang.SkripsiJurusanHukumdanKewarganegaraanFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.ArbaiyahPrantiasihM.Si(2)Dr.H.A.RosyidAlAtokM.PdM.H.KataKunciKurikulum2013pendekatanilmiahmatapelajaranPPKnKurikulum2013adalahkurikulumpenyempurnaKTSPyangesensinyamenggunakanpendekatanscientificyangbertujuanuntukmengembangkanranahsikappengetahuandanketerampilanpesertadidik.SejalandengantujuanpendekatanscientificMataPelajaranPPKnadalahmatapelajaranyangsubstansinyabermuatannilai-nilaiPancasiladenganmisimembudayakandanmemberdayakanpesertadidikagarmenjadiwarganegarayangcerdasdanbaiksertamenjadipemimpinbangsadannegaraIndonesiadimasadepanyangamanahjujurcerdasdanbertanggungjawab.PenelitianinidilakukanuntukmendeskripsikanbeberapahalmengenaipenerapanpendekatanilmiaholehguruPPKnpadamatapelajaranPPKndikelasVIIdankelasVIIISMPNegeri9MalangyangtelahmenerapkanKurikulum2013secarabertahapmulaitahunajaran2013/2014.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankualitatifdeskriptif.DatapenelitianmerupakanjabarandarihasilpenelitianyangdijabarkandalambabpaparandatadanhasilpenelitianyangkemudiandibahasdalambabVtentangpembahasan.Datadiperolehpenelitidenganmenggunakanteknikdokumentasiwawancaradanobservasi.Untukmenjagakeabsahandatapenelitimenggunakanperpanjanganpengamatanmeningkatkanketekunantriangulasidanmenggunakanbahanreferensi.KegiatananalisisdatadenganmelakukananalisisdatasebelummemasukilapangansertaanalisisdatadenagnmenggunakanmodelMillesHubermanyangmeliputidatareductiondatadisplaydanconclusiondrawing/verification.BerdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiperolehhasilpenelitianyangdijabarkansebagaiberikutPertamaKurikulum2013adalahkurikulumpenyempurnaKTSPyangmenggunakanprosespembelajarandenganpendekatanilmiah(scientific).Kurikulum2103diterapkandiSMPNegeri9MalangsecarabertahapyaknipadabulanJuli2013dikelasVIIkemudianpadabulanJuli2014mulaiditerapkandikelasVIII.Untukmempersiapkanpenerapanpendekatanilmiahatauscientificsaatprosespembelajarangurumengikutipelatihan-pelatihandalamforumMGMPdiklatdiSMPNegeri20MalangsertamengikutiworkshopmengenaiimplementasiKurikulum2013.KeduadalampelaksanakurikulumgurutelahmemahamidenganbaikmengenaipendekatanscientifickompetensiyangdikembangkandalampendekatanscientificsertatujuanpendekatanscientificsepertiyangdiaturdalamlampiranIIIPermendikbudNomor58Tahun2014TentangKurikulum2013SekolahMenengahPertama/MadrasahTsanawiyah.KetigapenerapanpendekatanilmiahpadamatapelajaranPPKnadalahdenganmengembangkankompetensi-kompetensiyangdikembangkandalamtiaptahap-tahapilmiahsertadalampenanamankarakterguruPPKnmenggunakanpembiasaan-pembiasaanuntukmembentuksikappesertadidikagarmenjadiwarganegarayangcerdasdanbaiksertamenjadipemimpinbangsadannegaraIndonesiadimasadepanyangamanahjujurcerdasdanbertanggungjawab.KeempatdalammenerapkanpendekatanilmiahsesuaiyangdiamanatkanKurikulum2013guruPPKnSMPNegeri9Malangmengalamikesulitanpadapenghafalannamasiswa.KelimameninjaukesulitanyangdihadapiBapakBambangselakuguruPPKnkelasVIIdanIbuSustianiselakuguruPPKnkelasVIIImakaupayayangdapatdilakukanadalahmemintapesertadidikmenggunakannomordadayangberisinomorabsenyangbertujuanuntukmempermudahgurudalammengetahuinamasiswa.BerdasarkanhasilpenelitiankesimpulanyangdiperolehadalahPertamaPersiapanguruPPKndalammenerapkanpendekatanilmiahpadamatapelajaranPPKndiSMPNegeri9Malangadalahdenganmengikutipelatihan-pelatihandalamforumMGMPdiklatsertamengikutiworkshopmengenaiimplementasiKurikulum2013.Keduagurutelahmemahamidenganbaikmengenaipendekatanscientifickompetensiyangdikembangkandalampendekatanscientificsertatujuanpendekatanscientific.KetigapenerapanpendekatanilmiahpadamatapelajaranPPKnyangdilakukanolehguruPPKndiSMPNegeri9Malangadalahdenganmengembangkankompetensi-kompetensiyangdikembangkandalamtiaptahap-tahapilmiahsertamenanamkansikapsesuaidengantujuanpembelajaranPPkn.KeempathambatanyangdihadapiguruPPKndalammenerapkanpendekatanilmiahpadamatapelajaranPPKndiSMPNegeri9Malangadalahpenghafalannamasiswa.KelimaupayayangdilakukanguruPPKndalammenghadapihambatanpenerapanpendekatanilmiahpadamatapelajaranPPKndiSMPNegeri9Malangadalahmemintapesertadidikmenggunakannomordadayangberisinomorabsensiswa.BerdasarkanhasilpenelitiansaranyangdiberikanpenulisadalahUntukJurusanHukumdanKewarganegaraansaranyangdiberikanpenulisadalahperlumengadakanseminarmengenaiKurikulum2013agarmahasiswaHukumdanKewarganegaraanmengetahuidenganbaikmengenaiKurikulum2013.UntukGurusaranyangdiberikanpenulisagarguruPPKnSMPNegeri9Malangmeningkatkanmediapembelajaranagarpesertadidiktermotivasimengikutiprosespembelajaran.