Persepsi guru PPKn SMP dalam melaksanakan kurikulum 2013 di Kabupaten Bondowoso / Manik Nur Haq
Main Author: | Haq, Manik Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/51838/ |
Daftar Isi:
- HaqManikNur.2014.PersepsiGuruPPKnSMPdalamMelaksanakanKurikulum2013diKabupatenBondowoso.Skripsi.JurusanHukumdanKewarganegaraanFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.ArbaiyahPrantiasihM.Si(II)SitiAwaliyahS.PdM.HumKataKunciPersepsiGuruMataPelajaranPPKnKurikulum2013Pendidikanadalahprosesdimanasuatubangsamempersiapkangenerasimudanyauntukmenjalankankehidupanmemilikirasakebangsaandancintatanahair.Darisekianbanyakunsursumberdayapendidikankurikulummerupakansalahsatuunsuryangmemberikankontribusiyangsignifikanuntukmewujudkanprosesberkembangnyakualitaspotensipesertadidik.PersepsigurubesarpengaruhnyadalamkeberhasilanpelaksanaanKurikulum2013karenapadaKurikulum2013gurubertindaksebagaitutorfasilitatorsertapengendalikegiatanbelajarmengajar.PersepsiguruyangbaiktentunyaakanberpengaruhpositifdalammenunjangketerlaksanaanKurikulum2013.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk1)mengetahuigambaranmengenaipersepsiGuruPPKnSMPdalammelaksanakanKurikulum2013diKabupatenBondowoso2)mengetahuihambatandanupayaGuruPPKnSMPuntukmengatasihambatandalammelaksanakanKurikulum2013diKabupatenBondowoso.Penelitianinimemakaimetodedeskriptifkuantitatifyaitucaraanalisisdenganmendeskripsikanataumenggambarkandatayangtelahterkumpulsebagaimanaadanyatanpamembuatkesimpulanyangberlakuuntukumum.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhGuruPPKnSMPdiKabupatenBondowosoyaitusebanyak156guru.Sedangkanjumlahsampeldalampenelitianinisebanyak10responden.TeknikpengambilansampelyangdigunakandalampenelitianiniyaituteknikrandomsamplingyangdidasarkanpadaletakgeografisdandifokuskanpadaguruyangtelahmenerapkanKurikulum2013.Teknikanalisisdatanyamenggunakanmodelpersentasesedangkanpengukurannyamenggunakanskalalikertyangsudahdimodifikasi.Hasilanalisisdatamenunjukkanbahwa1)persepsigurumengenaiperencanaanpembelajarandalamKurikulum2013mencapai7571%dandikategorikansangatbaikpersepsigurumengenaimateriPPKndalamKurikulum2013mencapai80625%dikategorikansangatbaikpersepsigurumengenaiKBMdalamKurikulum2013sebesar7107%dikategorikanbaikdanpersepsigurumengenaievaluasipembelajarandalamKurikulum2013mencapai55%dikategorikanbaik.SecaraumumpersepsiguruPPKnSMPdiKabupatenBondowosodalammelaksanakanKurikulum2013mencapaiangka712%sehinggadikategorikanbaik2)hambatanyangdialamigurudalammelaksanakanKurikulum2013antaralain(a)indikatorpadabukuguruyangkadangtidaksesuaidengankompetensidasar(b)gurumerasakesulitanuntukmerancangRPPyangmengacupadapembelajaranproyekdanpembelajaranberbasispenemuan(c)gurukesulitandalammenentukanmediayangsesuaidenganKBM(d)koneksiinternetyangsulitdijangkausehinggamenghambatguruuntukmendapatkaninformasisertamateritambahan(e)kurangnyadukunganmasyarakatdalampenanamansikaptanggungjawabdandisiplin(f)penerapanmetodepembelajaranberbasisproyekdanmasalahdanpenemuanterkendalawaktudanbiaya(g)kurangnyasaranadanprasaranayangmendukungKBM(h)penilaianyangdilakukansetiapharisulituntukdirekapitulasi(i)penilaianyangharusdibuatgurumeliputiaspekyangsangatbanyakdanrumit.Sedangkanupaya-upayayangdilakukanguruuntukmengatasihambatandalampelaksanaanKurikulum2013yaitu(a)denganmelakukandiskusi/sharingantarsesamaguruPPKnditingkatKabupatenmelaluiforumMGMPPPKn(b)bertanyapadainstrukturKurikulum2013(c)memanfaatkandanaBOSuntukpenyediaanalatdanbahanyangdiperlukanuntukpembelajaran(d)bekerjasamadenganorangtuamuriddalamhalpenanamannilaiimtaqakhlaqmuliadisiplindansopansantun(e)lebihmembukadiripadaperubahansertabelajardaripengalamanpribadimaupunoranglain(f)melatihdirisupayadapatberadaptasidenganKurikulum2013.Saranpeneliti1)bagisekolahhendaknyamenyediakanalat-alatpraktikummaupunsaranaprasaranayangmemadaiuntukmempermudahprosesbelajarmengajar2)bagigurusebaiknyaguruberpartisipasiaktifdalamforumMGMPPPKnmembangunkomunikasiyangbaikdenganorangtuamuriddanlembagamasyarakatmeningkatkankompetensisiswadenganpenerapanmodelprojectbasedlearningproblembasedlearningdandiscoverylearningdalamKBMlebihmembukadiripadaperubahanbelajardaripengalamanpribadimaupunoranglaindanterusmelatihdirisupayadapatberadaptasidenganKurikulum20133)bagipemerintahhendaknyatetapmemberikanbantuanberupaalat-alatpraktikumpenambahankoleksibukuperpustakaandanperbaikansaranaprasaranasekolahdanterusmengadakankegiatanpendampingan/evaluasisepanjangpelaksanaanKurikulum2013.