Pengembangan instrumen penilaian pada materi PPKn sebagai upaya untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VII SMPN 3 Malang / Nur Fadilah
Main Author: | Fadilah, Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/51817/ |
Daftar Isi:
- FadilahNur.2014.PengembanganInstrumenPenilaianpadaMateriPPKnsebagaiUpayauntukMeningkatkanKeaktifandanPrestasiBelajarSiswaKelasVIISMPN3Malang.SkripsiJurusanHukumdanKewarganegaraanProdiPendidikanPancasiladanKewarganegaraanFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.SriUntariM.Si(2)SitiAwaliyahS.Pd.M.Hum.KataKunciInstrumenPenilaianMateriPPKnKelasVIISMPN3MalangPenilaiantermasuksalahsatubagianyangterpentingdalamkegiatanpembelajaransebabkegiataniniakandijadikancerminanuntukmelihatperkembanganataukemajuanbelajarsiswadariwaktukewaktu.Pengembangankurikulum2013memfokuskanpelaksanaanpenilaianpadaberbagaiaspekpenilaiandalampencapaiantujuanpembelajaran.Gurudituntutuntukmengembangkaninstrumenpenilaianyangharusmencakupsemuaaspekdalampencapaiantujuanpembelajaran.Namundalampelaksanaangurumasihkesulitandalammenentukanpenilaianpadaberbagaiaspekpenilaianbaikkognitifafektifdanpsikomotor.Gurumasihmenekankanpadaaspekpenguasaanpengetahuanyangmenekankanpadaaspekpengulanganmateridengancaramengingatmenghafalsejumlahkonsepwalaupunsesungguhnyamenyadaribahwadalampelaksanaanpenilaiansecaramenyeluruhbaikdariaspekafektifkognitifdanpsikomotortidaklahrelevanjikahanyamenggunakaninstrumenpenilaianyanghanyadapatmenekankanpadaaspekpengulanganmateritersebut.Kendalatersebutmunculkarenabelumadanyaacuanyangjelasdianggapmasihbelumterencanadanterstrukturdandiperlukanpersiapandalampelaksanaan.BerdasarkanuraiandiatastujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahuntukmengembangkaninstrumenpenilaianpadamateriPPKnsebagaiupayauntukmeningkatkankeaktifandanprestasibelajarsiswakelasVIISMPNegeri3Malang.ModelPenelitiandanpengembanganyangdigunakandalampengembanganinstrumenpenilaianadalahmodelpengembanganBorgandGall1989.MengacupadamodelpengembanganolehBorgdanGalldalamSukmadinata(2013169-170)darimakadalampenelitiandanpengembanganinimengambildanmenggunakan8langkah.Pengambilan8langkah-langkahpengembangantersebutdisesuaikandenganpendapatArdhana(200209)yangmengemukakanbahwaprosedurpelaksanaanpenelitiandanpengembanganbukanmerupakanlangkahyangkakusetiaplangkahpengembangantentunyadapatmemilihsertamenentukanlangkah-langkahyangtepatdalampengembanganprodukberdasarkankondisikhususyangdihadapiolehpenelitidalamprosespengembangan.ModelPengembangandilakukanhanyasebataspadaujiprototypeprodukmengingatpertimbanganwaktuyanglamadansederhana.Langkah-langkahpengembanganyangdigunakanpenelitidalammengembangkaninstrumenpenilaianyaitu(1)analisiskebutuhanawal(2)merancangproduk(3)membuatprodukinstrumenpenilaian(4)ujivalidasiahliprodukinstrumenpenilaian(5)revisiprodukI(6)ujicobalapanganterbatas(7)revisiprodukII(8)produkakhirinstrumenpenilaian.HasilpenelitianpadapenelitianpengembanganiniadalahberupaprodukyaituinstrumenpenilaianyangtelahdivalidasiolehahlipenilaianIIIsertadilaksanakanujicobalapanganterbataspadasasaranpenggunaprodukyaitusiswakelasVIISMPNegeri3Malangsebanyak6orangsiswa.BerdasarkanhasilujivalidasidalamBabIVsecarakeseluruhanprodukpengembanganinstrumenpenilaianyangdikembangkanmemperolehhasilvalidasidariahlipenilaianIdenganpresentasesebesar75%.HasilvalidasiyangdilaksanakanolehahlipenilaianIImemperolehhasilvalidasisebesar7667%.Hasilujicobalapanganterbataspengisisanangketpenerapaninstrumenpenilaiandiperolehhasilpresentasesebesar7833%.Darihasilketigavalidasiinstrumenpenilaianpadaaspekkognitifafektifdanpsikomotordikategorikanhasilvalidlayaksehinggatidakperluadanyarevisidandapatdigunakandalampembelajaran.Hasilpengerjaaninstrumenpenilaiansiswamenunjukkanhasilyangbaik.Penilaianpadaaspekkognitifdanpsikomotordiataskriteriaketuntasanminimal80sertapenilaianaspeksikapjugamenunjukkankriteriabaik.DiharapkanhasilpenelitianinidapatdijadikansebagaidasarataureferensibagipengembangyanglainuntukmengembangkanInstrumenpenilaianuntukpembelajaranpadamateriPPKnyanglain.Selainitudiharapkanpulauntukmengujicobakaninstrumenpenilaianyangdikembangkanpadakelompoksubyekujicobayanglebihbesaragarmemperolehkriteriayangsangatvalidlayakdanefektifdalampembelajaran.