Hubungan motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar PKn di SMP Negeri 1 Singosari / Yustinus Hendry Adi
Main Author: | Adi, Yustinus Hendry |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/51787/ |
Daftar Isi:
- AdiYustinusHendry.2013.HubunganMotivasiBelajarDanLingkungankeluargaterhadapHasilBelajarPKNDISMPNegeri1Singosari.SkripsiProgramStudiPendidikanPancasilaDanKewarganegaraanJurusanHukumDanKewarganegaraanFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SuparlanAlHakimM.Si.(II)SitiAwaliyahS.PdM.hum.KatakuncimotivasibelajarlingkungankeluargahasilbelajarMotivasiberfungsisebagaipendorongusahadanpencapaianprestasi.Seseorangmelakukansuatuusahakarenaadamotivasi.Adanyamotivasiyangkuatdalambelajarakanmenunjukkanhasilyangbaik.Danadanyalingkungankeluargayangbaikakanberdampakpadahasilbelajar.Motivasisiswadanlingkungankeluargaakansangatmenentukantingkatpencapaianhasilbelajarnya.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui1)motivasibelajarpadasiswasiswi2)lingkungankeluargapadasiswasiswi3)adatidaknyahubunganantaramotivasielajardanlingkungankeluargaterhadaphasilbelajarPKNdiSMPNegeri1SingosariDesainyangdigunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifdankorelasional.Desaindeskriptifuntukmendeskripsikanvariabelmotivasibelajarlingkungankeluargadanhasilbelajar.Sedangkandesainkorelasionaluntukmengetahuiadanyakorelasiantaramotivasibelajardanlingkungankeluargadenganhasilbelajar.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasVIIIsebanyak262orang.Tekniksamplingyangdigunakanadalahsamplingpopulasisebanyak72orang.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahangketmotivasibelajardanlingkungankeluarga.Sedangkandatahasilbelajardiambildarinilaiujiantengahsemester.Darihasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwa1)motivasibelajarsiswa-siswikelasVIIIcukuptinggi2)lingkungankeluargasiswa-siswikelasVIIISMPN1Singosaritergolongsangatsejahtera3)terdapathubunganyangpositifpadavariabelmotivasibelajardanlingkungankeluargaterhadaphasilbelajar.Berdasarkankesimpulandiatasmakadiajukansaran-saranyaitu1)kepadaKepalaSekolahagarlebihmeningkatkanpengadaansaranadanprasaranayangdibutuhkansiswagunamenunjangprosesbelajarsiswasehinggasiswadapatmencapaihasilyangmaksimaldalambelajardanselalumemotivasisiswaagarmemilikidanmeningkatkanminatbelajarsiswasehinggahasilbelajaryangoptimaldapatdicapai.2)disarankankepadaguruagarlebihmeningkatkansuasanabelajaryangmenyenangkanbagisiswasehinggasiswamenjadilebihtertarikpadapelajaranselainitugurudapatlebihmeningkatkanpemberianmotivasikepadasiswasehinggasiswalebihgiatuntukbelajardanjugagurudapatlebihmeningkatkanmediapembelajaranagarsiswamenjaditertarikdanbersemangatdalambelajar3)untuksiswadisarankanagardapatmembiasakandiriuntukgiatbelajarbaikdirumahmaupunberdiskusidengantemanorangtuadanpihaklainyangbisamendukungprosesbelajarsiswasehinggawawasansiswamenjadisemakinluasdandiharapkanhasilbelajarsiswaakantercapaisecaraoptimal.Selainitudisarankanagarsiswadapatmenyadaridanmenumbuhkanmotivasidalamdirimasing-masinguntukbelajardenganrajinlebihfokusterhadapmatapelajaranpendidikankewarganegaraan4)kepadaparapenelitiselanjutnyayangtertarikdengantemadisarankanmelakukanpenelitiandenganmenambahkanvariabelbebaslainnya.