Peningkatan partisipasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran deep dialogue/critical thinking di kelas VIIID di SMP Negeri 1 Malang / Faridhotul A.M

Main Author: Faridhotul A.M.
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/51758/
Daftar Isi:
  • FaridhotulA.M.2013.PeningkatanPartisipasidanPrestasiBelajarSiswapadaMataPelajaranPKndenganMenggunakanModelPembelajaranDeepDialogue/CriticalThingking(DD/CT)diKelasVIIIDSMPNegeri1Malang.SkripsiJurusanHukumdanKewarganegaraanProgramStudiS1PendidikanPancasiladanKewarganegaraanFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.ArbaiyahPrantiasihM.Si.(II)Hj.YuniAstutiS.HM.PdKatakunciPartisipasiBelajarPrestasiBelajarDeepDialogue/CriticalThingking(DD/CT)Berdasarkanobservasipratindakanyangdilaksanakanpadatanggal11Oktober2013dikelasVIIIDSMPN1Malangtemuanyangdidapatkanadalahsebagaiberikut(1)pengkondisiankelaskurangdilakukanolehguruterutamadiawalpelajarandimanakelasterlihatsangatgaduh(2)responyangdiberikansiswadalammenggapipertanyaandarigurutergolongkurangdimanaselamaprosespembelajaranhanyasatuorangsiswayangberanimengancungkantanganuntukmenjawabpertanyaanyangdiutarakanolehguru(3)Partisipasisiswakurangyanglainditunjukkandenganpengajuanpertanyaanselamapembelajaranberlangsungtidakadasiswayangmengajukanpertanyaan.Penelitianinibertujuanuntuk(1)UntukmendeskripsikanpenerapanmodelDeepDialogue/CriticalThinkingdikelasVIIIDSMPNegeri1Malang(2)UntukmenganalisispenerapanmodelDeepDialogue/CriticalThinkingdalammeningkatkanPartisipasiBelajarsiswakelasVIIIDSMPNegeri1Malang(3)UntukmenganalisispenerapanmodelDeepDialogue/CriticalThinkingdalammeningkatkanPrestasiBelajarsiswakelasVIIIDSMPNegeri1Malang.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(ClassroomActionResearch)yangdilaksanakandalamduasiklustindakansetiapsiklusterdiridariduapertemuanselama2x40menitdandilakukanevaluasidisetiapakhirsiklus.SubjekpenelitianinisiswakelasVIIIDsemesterganjiltahunajaran2013-2014SMPN1Malangdenganjumlah30siswayangterdiridari14siswalaki-lakidan16siswaperempuan.Datayangdiperolehdaripenelitianiniyaitupartisipasidanprestasibelajarsiswayangdidapatdarihasilobservasiselamapembelajarandanpadasaatevaluasi.Instrumenyangdigunakanberupalembarobservasidancatatanlapangandansoalsubyektif.Hasilpenelitianmenunjukanbahwa(1)PelaksanaanpembelajarandenagnmenggunakanmodelDeepDialogue/CriticalThinkingterdiridari5tahapyaituheningmembangunkomunitaspenemuankonsepdenganstrategiCooperativeLearningrefleksidanevaluasi(2)Rata-rataperolehanskorpartisipasibelajarsiswapadasiklusImasihtergolongpadakriteriacukupyaitusekitar60%padasiklusIIjumlahsiswayangmendapatpredikatbaikdansangatbaikmencapai867%dantidakadasiswayangmendapatpredikatkurang(3)PrestasibelajarsiswapadasiklusIbelumtergolongpadakriteriatuntaskarenaketuntasanklasikalbelummencapai80%yaituhanya7667%dengannilairata-ratakelas834.PadasiklusIIdapatdikatakantuntaskarenaketuntasanklasikalmencapai90%dengannilairata-ratakelassebesar864.Berdasarkanhasilpenelitianadapunkesimpulanyangdiperolehadalah(1)PenerapanmodelpembelajaranDeepDialogue/CriticalThinking(DD/CT)dikelasVIIIDdilaksanakandengantahapan-tahapanyaituHeningMembangunKomunitasPenemuanKonsepdenganStrategiCooperativeLearningRefleksisertaEvaluasi.(2)PenelitianyangdilakukandikelasVIIIDSMPN1MalangdenganmenggunakanmodelpembelajaranDeepDialogue/CriticalThinking(DD/CT)dapatmeningkatkanpartisipasibelajarsiswapadaStandartKompetensimemahamiberbagaikonstitusiyangpernahdigunakandiIndonesia.(3)PenelitianyangdilakukandikelasVIIIDSMPN1MalangdenganmenggunakanmodelpembelajaranDeepDialogue/CriticalThinking(DD/CT)dapatmeningkatkanprestasibelajarsiswapadaStandartKompetensimemahamiberbagaikonstitusiyangpernahdigunakandiIndonesia.Berdasarkanpenelitianyangtelahdilaksanakanpenelitimenyampaikanbeberapasaranyaitu(1)UntukGuru(a)GuruharusdapatmengelolawaktudankelasdenganbaikpadapembelajaranmodelDeepDialogue/CriticalThinking(DD/CT)agarpembelajarandapatberjalansesuairencanadantujuanyangdiharapkan(b)Guruharusmelibatkansiswadalampembelajaranagartidakmembuatsiswajenuhterutamauntuksiswayangsudahmemilikiinputyangbagusdenganmenggunakanberbagaimodelpembelajaranyanglain.(2)UntukSiswa(a)Siswaseharusnyadatangkesekolahtidakdengantangankosongmelainkansudahmembawabekalterkaitdenganmateripembelajaranyangakandibelajarkanpadaharitersebutsehinggaakanmempermudahprosespembelajaran(b)Siswaharusjujurdansalingmemberiyangterbaikyaitubertanyaapabilatidakpahamdenganmateridanmemberitahupadatemanyangkesulitanmemahamimateripelajarandenganjujur.(3)UntukPenelitiSelanjutnya(a)PembelajaranmodelDeepDialogue/CriticalThinking(DD/CT)dapatmenjadipilihanyangbaikuntukmengatasimasalahrendahnyapartisipasidanprestasibelajarsiswapadamatapelajaranPendidikanKewarganegaraandisesuaikandenganmateridantujuanpembelajaran(b)PenggunaanmodelDeepDialogue/CriticalThinking(DD/CT)hendaknyaditerapkanuntukmateriyangmenuntutsiswauntukberpikiranalitistidakhanyasekedarteoritetapijugabagaimanaprakteknyasehinggaakanmendorongsiswauntukberpikirlebihkritis(c)Padatahapmembangunkomunitaslaguyangdinyanyikanseharusnyadisesuaikandenganmateriyangakandisampaikan.