Perbedaan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan antara kelas bilingual dan kelas reguler kelas VIII di SMP Negeri 19 Malang / Dedy Irawan

Main Author: Irawan, Dedy
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/51752/
Daftar Isi:
  • IrawanDedy.2013.PerbedaanPrestasiBelajarSiswaPadaMataPelajaranPendidikanKewarganegaraanAntaraKelasBilingualDanKelasRegulerKelasVIIIDISMPNegeri19Malang.SkripsiJurusanHukumdanKewarganegaraanFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.MargonoM.PdM.Si(II)SitiAwaliyahS.PdM.HumKatakunciKelasBilingualKelasRegulerPrestasiBelajarDuniapendidikandituntutuntukmeningkatkanmutupendidikan.SejalandenganperkembanganperadabandankebudayaanmanusiapenggunaanbahasaInggrisyangdijadikanbahasaInternasionalbagipelajarmutlakdibutuhkandalammenghadapiglobalisasi.DalammeningkatkanmutupendidikansalahsatuprogrampemerintahdenganadanyaprogramSekolahBertarafInternasional.SekolahBertarafInternasionalditandaidenganadanyakelasbilingualdankelasreguler.Mengetahuifokusdaripenelitianinimakapenelitimerumuskanmasalahsebagaiberikut(1)BagaimanaprestasibelajarsiswakelasVIIIBilingualpadamatapelajaranPendidikanKewarganegaraandiSMPNegeri19Malang(2)BagaimanaprestasibelajarsiswakelasVIIIRegulerpadamatapelajaranPendidikanKewarganegaraandiSMPNegeri19Malang(3)BagaimanaperbedaanprestasiBelajarSiswaPadaMataPelajaranPendidikanKewarganegaraanAntaraKelasBilingualDanKelasRegulerKelasVIIIDISMPNegeri19Malang.Tujuandaripenelitianiniuntukmengetahui(1)prestasibelajarsiswakelasVIIIBilingualpadamatapelajaranPendidikanKewarganegaraandiSMPNegeri19Malang(2)prestasibelajarsiswakelasVIIIRegulerpadamatapelajaranPendidikanKewarganegaraandiSMPNegeri19Malang(3)perbedaanPrestasiBelajarSiswaPadaMataPelajaranPendidikanKewarganegaraanAntaraKelasBilingualDanKelasRegulerKelasVIIIDISMPNegeri19Malang.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdeskriptif.PenelitianiniberusahamenggambarkanperbedaanprestasibelajarkelasbilingualdankelasregulerditinjaudarisegiprestasibelajarkelasVIIIdiSMPN19Malangsecarapersentasedanrata-rata.PopulasidalampenelitianiniadalahhasilprestasibelajarseluruhkelasVIIIBilingualdanRegulerdiSMPN19Malangberjumlah420responden(82respondenkelasbilingualdan336kelasreguler).Sedangkansampeldalampenelitianiniadalah42respondendikelasbilingualdan168respondendikelasreguler.Sampeldiambildenganmenggunakanteknikstratifiedproporsionalrandomsampling.Penelitianinimenggunakanteknikanalisisdatamenggunakanpersentasedanrata-rata.HasilpenelitianinimenyimpulkanPertamaprestasibelajarsiswakelasVIIIBilingualpadamatapelajaranPendidikanKewarganegaraandiSMPN19Malangdari42respondenmenunjukkanbahwasebagianbesarrespondenmemperolehrata-ratanilai78dantelahmencapaiStandarKetuntasanMinimal(SKM)yaitu75.HasilnilaibelajarrespondendiatasStandarKetuntasanMinimal(SKM)berjumlah33siswa(7857%)sedangkanhasilnilaibelajarrespondendibawahStandarKetuntasanMinimal(SKM)berjumlah9siswa(2143%).HalinimenunjukkanprestasibelajarkelasVIIIBilingualpadamatapelajaranPendidikanKewarganegaraandiSMPN19MalangbaikKeduaprestasibelajarsiswakelasVIIIRegulerpadamatapelajaranPendidikanKewarganegaraandiSMPN19Malangdari168respondenmenunjukkanbahwasebagianbesarrespondenmemperolehrata-ratanilai71danbelummencapaiStandarKetuntasanMinimal(SKM)yaitu75.HasilnilairespondendiatasStandarKetuntasanMinimal(SKM)berjumlah45siswa(2678%)sedangkanhasilnilairespondendibawahStandarKetuntasanMinimal(SKM)berjumlah122siswa(7262%).HalinimenunjukkanprestasibelajarkelasVIIIRegulerpadamatapelajaranPendidikanKewarganegaraandiSMPN19MalangbelumbaikKetigaterdapatadanyaperbedaanantarakelasBilingualdankelasRegulerditinjaudariPrestasiBelajarSiswapadaMataPelajaranPendidikanKewarganegaraankelasVIIIdiSMPNegeri19Malangyaitukelasbilingualmemperolehhasilbelajaryanglebihbaikdaripadakelasreguler.HalinidikarenakanhasilnilaikelasbilingualdiatasStandarKetuntasanMinimal(SKM)7857%sedangkanhasilnilaikelasregulerdiatasStandarKetuntasanMinimal(SKM)2678%.Saranyangdapatdiajukanadalah(1)bagiSMPN19MalangsebaiknyapihakSMPN19MalanglebihmeningkatkankualitaspembelajarankhususnyapadamatapelajaranPendidikanKewarganegaraanagarsiswadapatmeningkatkanhasilbelajarnya(2)bagiGuruPendidikanKewarganegaraansebaiknyaguruPendidikanKewarganegaraanlebihmeningkatkancaramengajarnyadenganmenggunakanberbagaimetodepembelajaranyangefektifdanmenyenangkanagarsiswalebihmudahmenerimapelajarandanmampumemotivasisiswauntuklebihgiatdalambelajar(3)bagiSiswasebaiknyasiswakelasVIIIBilingualdanRegulerdiSMPN19MalanglebihmeningkatkanbelajarnyakhususnyapadamatapelajaranPendidikanKewarganegaraansehinggadapatmemperolehprestasibelajaryanglebihbaiklagi.