Perbedaan prestasi belajar siswa antara kelas yang diajar menggunakan metode permainan simulasi dan diskusi kelompok pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VIII SMP Negeri 2 Wlingi / Revi Dewi Kristanti
Main Author: | Kristanti, Revi Dewi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/51740/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKKristantiReviDewi.2013.PerbedaanPrestasiBelajarSiswaAntaraKelasYangDiajarMenggunakanMetodePermainanSimulasiDanDiskusiKelompokpadaMataPelajaranPendidikanKewarganegaraanKelasVIIISMPNegeri2Wlingi.SkripsiJurusanHukumdanKewarganegaraanFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.ProdiS1-PendidikanPancasiladanKewarganegaraan.Pembimbing(I)Dra.SriUntariM.Si.(II)Hj.YuniastutiS.HM.Pd.KataKunciPermainanSimulasiDiskusiKelompokPrestasiBelajarProsespembelajaranpadadasarnyaadalahterjadiadanyasuatuinteraksipositifantarapendidikdanpesertadidikdanantarapesertadidikdenganpesertadidiklainnya.Untukmenciptakansuatuinteraksiyangpositifdalamkelasdibutuhkanadanyakomunikasiduaarah/multiarahbaikdarisiswakepadasiswagurumaupundarisiswayangsatukesiswayanglainya.Namunhaliniumumnyatidaktercermindalampembelajaranyangsekarangkitalaksanakan.Prosespembelajarandapatberkembangmanakalasiswaikutberpartisipasididalamnyasehinggaperludiupayakanagarprosespembelajaranmenjadimenyenangkanbagisiswasehinggasiswamemilikikeinginanuntukikutdidalamnya.Sehinggaperluadanyasuatuinovasidalamprosespembelajaranyangberlangsungdalamhaliniadalahmetodepembelajaranyangdigunakan.Metodepembelajarandiperlukanuntukmemotivasisiswabelajar.Sepertiyangtelahdijelaskansebelumnyaprosespembelajarankonvensionalyangumumnyadilakukangurukurangdapatmemotivasisiswasehinggapencapaianprestasibelajaryangingindicapaitidakdapatterwujud.Dalampenelitianinipenelitiinginmembandingkansejauhmanasuatumetodepembelajaranyangmenyenangkandapatmempengaruhiprestasibelajarsiswa.PenelitianiniakanmembandingkanprestasibelajarsiswaantarayangdiajarmenggunakanmetodediskusikelompokdanmetodepermainansimulasiPenelitianinidilakukanuntukmengetahui(1)prestasibelajarsiswayangdiajardenganmenggunakanmetodepembelajaranpermainansimulasi(2)prestasibelajarsiswayangdiajardenganmenggunakanmetodepembelajarandiskusikelompok(3)apakahadaperbedaanprestasibelajarantarayangdiajardenganmenggunakanmetodepermainansimulasidanmetodediskusikelompok.Rancanganpenelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkomparatif.PopulasiyangdigunakandalampenelitianiniadalahsiswakelasVIIISMPNegeri2Wlingitahunajaran2012/2013yaitusebanyak340siswa.SedangkanteknikpengambilansampelyangdigunakandalampenelitianiniadalahPurposiveSamplingdenganjumlahsiswasampeladalah68siswayangberasaldarikelasVIIIAdanVIIIB.AnalisisdatadilakukandenganmenggunakanSPSS16.0forwindowsdengantarafsignifikansi5%.UntukmengetahuiapakahadaperbedaanatautidakantarakelaspermainansimulasidankelasdiskusikelompokdilakukanujiT.berdasarkanperhitungantersebutmenghasilkannilaisebesar0.003yangmemilikimaknabahwarata-ratakeduakelompokberbedayaitukelaspermainaniisimulasidandiskusikelompoksehinggadapatdisimpulkanbahwaadaperbedaanprestasibelajarsiswayangdiajardenganmenggunakanmetodepermainansimulasidanmetodediskusikelompok.Sehinggaberdasarkanpenelitianinidiperolehkesimpulanbahwaterdapatperbedaanprestasibelajarsiswayangdiajardenganmenggunakanmetodepermainansimulasidandiskusikelompok.Saranyangdapatpenelitiberikankepadasiswaagarlebihmemilikimotivasibelajaryanglebihdaripadasebelumnyadenganpenggunaanmetodepembelajaranyangmenyenangkan.Danuntukpihakguruadalahhasilpenelitianinidapatdigunakangurusebagaimediapembandingmetodepembelajaranyanglebihbaikdalamprosespembelajarandikelas.