Perbedaan prestasi belajar siswa antara kelas yang diajar menggunakan metode permainan simulasi dan diskusi kelompok pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VIII SMP Negeri 2 Wlingi / Revi Dewi Kristanti

Main Author: Kristanti, Revi Dewi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/51740/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKKristantiReviDewi.2013.PerbedaanPrestasiBelajarSiswaAntaraKelasYangDiajarMenggunakanMetodePermainanSimulasiDanDiskusiKelompokpadaMataPelajaranPendidikanKewarganegaraanKelasVIIISMPNegeri2Wlingi.SkripsiJurusanHukumdanKewarganegaraanFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.ProdiS1-PendidikanPancasiladanKewarganegaraan.Pembimbing(I)Dra.SriUntariM.Si.(II)Hj.YuniastutiS.HM.Pd.KataKunciPermainanSimulasiDiskusiKelompokPrestasiBelajarProsespembelajaranpadadasarnyaadalahterjadiadanyasuatuinteraksipositifantarapendidikdanpesertadidikdanantarapesertadidikdenganpesertadidiklainnya.Untukmenciptakansuatuinteraksiyangpositifdalamkelasdibutuhkanadanyakomunikasiduaarah/multiarahbaikdarisiswakepadasiswagurumaupundarisiswayangsatukesiswayanglainya.Namunhaliniumumnyatidaktercermindalampembelajaranyangsekarangkitalaksanakan.Prosespembelajarandapatberkembangmanakalasiswaikutberpartisipasididalamnyasehinggaperludiupayakanagarprosespembelajaranmenjadimenyenangkanbagisiswasehinggasiswamemilikikeinginanuntukikutdidalamnya.Sehinggaperluadanyasuatuinovasidalamprosespembelajaranyangberlangsungdalamhaliniadalahmetodepembelajaranyangdigunakan.Metodepembelajarandiperlukanuntukmemotivasisiswabelajar.Sepertiyangtelahdijelaskansebelumnyaprosespembelajarankonvensionalyangumumnyadilakukangurukurangdapatmemotivasisiswasehinggapencapaianprestasibelajaryangingindicapaitidakdapatterwujud.Dalampenelitianinipenelitiinginmembandingkansejauhmanasuatumetodepembelajaranyangmenyenangkandapatmempengaruhiprestasibelajarsiswa.PenelitianiniakanmembandingkanprestasibelajarsiswaantarayangdiajarmenggunakanmetodediskusikelompokdanmetodepermainansimulasiPenelitianinidilakukanuntukmengetahui(1)prestasibelajarsiswayangdiajardenganmenggunakanmetodepembelajaranpermainansimulasi(2)prestasibelajarsiswayangdiajardenganmenggunakanmetodepembelajarandiskusikelompok(3)apakahadaperbedaanprestasibelajarantarayangdiajardenganmenggunakanmetodepermainansimulasidanmetodediskusikelompok.Rancanganpenelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkomparatif.PopulasiyangdigunakandalampenelitianiniadalahsiswakelasVIIISMPNegeri2Wlingitahunajaran2012/2013yaitusebanyak340siswa.SedangkanteknikpengambilansampelyangdigunakandalampenelitianiniadalahPurposiveSamplingdenganjumlahsiswasampeladalah68siswayangberasaldarikelasVIIIAdanVIIIB.AnalisisdatadilakukandenganmenggunakanSPSS16.0forwindowsdengantarafsignifikansi5%.UntukmengetahuiapakahadaperbedaanatautidakantarakelaspermainansimulasidankelasdiskusikelompokdilakukanujiT.berdasarkanperhitungantersebutmenghasilkannilaisebesar0.003yangmemilikimaknabahwarata-ratakeduakelompokberbedayaitukelaspermainaniisimulasidandiskusikelompoksehinggadapatdisimpulkanbahwaadaperbedaanprestasibelajarsiswayangdiajardenganmenggunakanmetodepermainansimulasidanmetodediskusikelompok.Sehinggaberdasarkanpenelitianinidiperolehkesimpulanbahwaterdapatperbedaanprestasibelajarsiswayangdiajardenganmenggunakanmetodepermainansimulasidandiskusikelompok.Saranyangdapatpenelitiberikankepadasiswaagarlebihmemilikimotivasibelajaryanglebihdaripadasebelumnyadenganpenggunaanmetodepembelajaranyangmenyenangkan.Danuntukpihakguruadalahhasilpenelitianinidapatdigunakangurusebagaimediapembandingmetodepembelajaranyanglebihbaikdalamprosespembelajarandikelas.