Strategi internalisasi nilai-nilai religius dalam pembelajaran PKn di SMP Tamansiswa (Taman Dewasa) Malang / Rindang Pratiwi

Main Author: Pratiwi, Rindang
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/51739/
Daftar Isi:
  • KataKunciStrategiinternalisasinilaireligiuspembelajaranPKnStrategiinternalisasinilai-nilaireligiusdalampembelajaranPKndilandasipemikiranbahwapenyelenggaraanpendidikandiIndonesiadiarahkanpadapembentukanManusiaIndonesiaSeutuhnyayangberkualitasyaknimanusiayangberimandanbertaqwaterhadapTuhanYangMahaEsacerdasterampilberbudipekertiluhurkreatifinovatifdanbertanggungjawabterhadappembangunanbangsasertamenjadipribadiyangmemilikikesadaranberagama.SelainituPKndiharapkanmampumerefleksifungsinyadalamkapasitassebagaipendidikannilaimoraldanbudipekertisertaetikanasionalbangsaIndonesiaBerdasarkanpemaparantersebutmakadiperlukanpembahasanmengenaistrategiinternalisasinilai-nilaireligiusdalampembelajaranPKngunamendukungtercapainyatujuanpendidikannasional.Tujuanpenelitianinisecararinciadalah(1)mendeskripsikantahap-tahapstrategiinternalisasinilai-nilaireligiusdalampembelajaranPKndiSMPTamansiswaMalang(2)mendeskripsikanstrategiyangdigunakandalaminternalisasinilai-nilaireligiuspadapembelajaranPKndiSMPTamansiswaMalang(3)mendeskripsikankendala-kendalastrategiinternalisasinilai-nilaireligiusdalampembelajaranPKndiSMPTamansiswaMalangdan(4)mendeskripsikanupayamengatasikendala-kendalastrategiinternalisasinilai-nilaireligiusdalampembelajaranPKndiSMPTamansiswaMalang.Melaluideskripsitersebutdiharapkandapatditemukanstrategiyangtepatdalammenginternalisasikannilai-nilaireligiusdalamprosespembelajarandisekolah.Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifdenganmenggunakanpendekatankualitatif.SubjekpenelitianadalahkepalasekolahwakakesiswaanguruPKndanpesertadidikSMPTamansiswaMalang.Datadikumpulkanmelaluiwawancaraobservasidandokumentasi.Teknikpemeriksaankeabsahandatayangdigunakanadalahtekniktriangulasidatakeajeganpengamatandanperpanjangankeikutsertaanpeneliti.Sedangkankegiatananalisisdatadilakukandenganmereduksidatadisplaydatadanverifikasiataumenarikkesimpulan.Kesimpulanhasilpenelitianmenunjukkanbahwapertamastrategiinternalisasinilai-nilaireligiusdalampembelajaranPKndiSMPTamansiswaMalangdilaksanakanmulaidaritahapperencanaandenganmenyiapkansilabusdanRPPtahappelaksanaandenganmemperhatikanlangkah-langkahkegiatanpembelajaranmediasertametodepembelajarandantahappenilaianpembelajarandenganmenggunakanpenilaianproses(nontes)melaluirubrikpengamatan.Keduastrategiyangdigunakandalaminternalisasinilai-nilaireligiuspadapembelajaranPKndiSMPTamansiswaMalangmeliputistrategiintervensidanhabituasi.Strategiintervensiterkaitdengankemampuangurudalampengelolaankomponenpembelajaranyaitumembuatpersiapanmengajarmemilihmediadanmetodepembelajaranmengorganisirkegiatan-kegiatanyangdilakukanpesertadidikdalampembelajarandanmelakukanevaluasipembelajaran.Akantetapinilai-nilaireligiusyanghendakdikembangkandalamprosespembelajarankurangsesuaidenganSKKDdanmetodepembelajaransertapenilaianyangdilakukankurangdapatmengukurketercapaianpemilikannilai-nilaireligiuspesertadidik.Sedangkanstrategihabituasidilakukangurudenganmenciptakansituasikondisidanpenguatanmelaluipembiasaanketeladanandanpengembangandiripesertadidiksecaratidakterprogramyangdapatmemungkinkanpesertadidikdalamkehidupansehari-hariberperilakusesuainilai-nilaireligiusyangdiinternalisasidaridanmelaluiprosesintervensi.Ketigakendala-kendalayangditemukanmeliputikendalainternalyangberasaldaridalamgurudankendalaeksternalyangberasaldariluarguru.Dankeempatberbagaiupayadilakukankepalasekolahbesertaparaguruuntukmengatasikendala-kendalatersebutantaralainmelakukanmonitoringdanevaluasimelakukanupayapenyadarandanmenumbuhkanniattulusgurumelakukaninovasi-inovasipembelajaranmenjalinkomunikasiyangbaikdenganpesertadidikdanmenjalinkerjasamaantarapihaksekolahdankeluarga.Saranyangdapatpenelitiajukanberkaitandenganhasilpenelitianiniantaralainkepadaparaguruseharusnyaaktifsabardantelatendalammengkonstruksipengetahuandannilai-nilaireligiusdalampembelajaransebabgurutidakdapatmemaksakannilai-nilaireligiuskepadapesertadidiknyabegitusajamelainkanmembutuhkanprosesagarpesertadidikdapatmenerimamenghayatidanmengamalkannilai-nilaireligiusyangdiajarkandankepadaparaorangtuaatauwalimuridseharusnyatidakmenjadikankesibukandalammencarinafkahmenjadialasanuntukkurangmemberikanperhatianpadaanakdanmelupakankewajibannyadalammendidikdanmenanamkannilai-nilaireligiuspadaanaksebabpendidikanagamasangatpentingdanberperanbesardalammembentukpandanganhidupseseorang.