Penggunaan model pembelajaran Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar PKn bagi siswa kelas VII-D di SMP Negri 19 Malang / Oktavia Abrianti Putri

Main Author: Putri, Oktavia Abrianti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/51671/
Daftar Isi:
  • KataKunciHasilBelajarPKnModelPembelajaranTalkingStickDalammeningkatkanprosespembelajaranpendidikankewarganegaraangurumenjadifasilitatoruntukmengarahkansiswadalammenemukaninformasidanjugapengetahuanyangsecarayangdapatmencapaitujuanpembelajaran.Untukmeningkatkanaktivitasbelajardanhasilbelajarsiswaharusdipilihmodelpembelajaranyangtepat.PembelajaranPKndenganmenggunakanmodeltalkingstickdapatdipandangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakarenasiswadidoronguntukberanimengemukakanpendapat.Modelpembelajarantalkingsticksangatdiperlukanuntukmeningkatkanpolapikirmereka.Rumusanmasalahpenelitianiniadalah(a)apakahpenggunaanmodelpembelajarantalkingstickdapatmeningkatkanhasilbelajarpadamatapelajaranPKndiSMPNegeri19Malang(b)bagaimanapelaksanaanmodelpembelajarantalkingstick.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranPKndiSMPNegeri19MalangdenganpenggunaanmodelpembelajarantalkingstickbagisiswakelasVII-D.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatantindakankelas.Penelitianiniterdiridariduasiklus.Tiapsiklusdilaksanakandengantahapansebagaiberikut(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasidan(4)refleksi.Metodepenelitianyangdigunakanadalahmetodepenelitiandeskriptifkualitatif.SubjekpenelitianiniadalahguruPKnkelasVII-dansiswakelasVII-DSMPNegeri19Malang.Teknikpengumpulandatayangdigunakanpadapenelitianiniadalahobservasiwawancaradandokumentasi.Datayangdiperolehdianalisissecaradeskriptif.Pengecekankeabsahantemuanmenggunakantekniktriangulasipembahasantemansejawatevaluasidanrefleksi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelpembelajarantalkingstickdapatmeningkatkanhasilbelajarPKnpadatahapsiklusIpenggunaanmodelpembelajarantalkingsticksecaraindividusedangkanpadasiklusIImenggunakanmodelpembelajarantalkingsticksecrakelompok.PadasiklusIuntukmengetahuihasilbelajarpadamatapelajarnPKndikelasVII-DyaitupadaakhirpelajaranpenelitimemberikanposttestdansiswayangsesuaiKKMyaituberjumlah10orang(233%)sedangkanyangtidakmemenuhiberjumlah33orang(767%).HasilbelajarpadapenelitiansiklusIIsecarakelompoksudahmeningkatyaitudengansiswayangmemenuhiKKMberjumlah42orangsedangkansiswayangtidakmemnuhiKKMberjumlah1orang.PadasiklusIIsiswayangdapatmenjawabpertanyaandenganbenardanpercayadirimencapai714%atau10kelompokdari14kelompokyangmenjawabpertanyaansedangkanyangtidakmenjawabyaitudenganprosentase285%atauberjumlah4kelompok.HasiliibelajarpadasiklusIIsudahmengalamipeningkatanyaitudenganprosentase481%.PelaksanaanpadamodelpembelajarantalkingstickdalammeningkatkanmatapelajaranPKndiSMPNegeri19Malangyaituterdapatdalam4tahapyangsmaapadasiklusIsecaraindividualdanIIsecaraberkelompokyaitutahapperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.PadatahappelaksanaanpenelitimenentukanKDdanSKkemudianmenyusunRPP.Tahapselanjutnyamenjelaskanlangkahmodeltalkingsticktahappelaksanaangurumenjelaskanmateriterlebihdahulukemudianmenjelaskanlangkah-langkahmodeltalkingstickyaitugurumenjelaskanmaterikemudianmempersiapkantongkatmemberkantongkatkepadasiswadanbergilirketemanyanglainnyajikasalahsatumendapatkantongkatdansekaligusmendapatkanpertanyaan.TahappengamatansiswapadasiklusIcenderungmasihramaijikamendapatkangilirantongkatuntuksiapmendapatkanpertanyaantidakbisamwnjawabdenganalasanmalu-malu.Tahaprefleksigurumemberikankesimpulanbersamasiswatentanghakekatnorma-notmayangberlakudimasyarakatdalamprosespembelajaranpadasiklusIdansiklusII.Daripenelitiandiatasmakadikemukakansaransebagaiberikut(1)siswajudadapatmeningkatkankeberaniansiswapadaprosespembelajarandikelasdenganmenggunakanmodelpembelajarantalkingstick(2)gurujugaharusmampumeningkatkankemampuanyadalampenyusunanprogrampembelajaranyangbaik(3)gurujugaharusmampumeningkatkankemampuanyadalampenelitiantindakankelasuntukpeningkatankualitaspembelajarandanhasilbelajarpadamatapelajarnyangdiasuhnya(3)penelitijugaharusmengembangkandanmenggunakanmodelpembelajaranyangberhubungsndenganmodelpembelajarantalkingstickdalamprosesbelajar-mengajar.