Penggunaan model pembelajaran Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar PKn bagi siswa kelas VII-D di SMP Negri 19 Malang / Oktavia Abrianti Putri
Main Author: | Putri, Oktavia Abrianti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/51671/ |
Daftar Isi:
- KataKunciHasilBelajarPKnModelPembelajaranTalkingStickDalammeningkatkanprosespembelajaranpendidikankewarganegaraangurumenjadifasilitatoruntukmengarahkansiswadalammenemukaninformasidanjugapengetahuanyangsecarayangdapatmencapaitujuanpembelajaran.Untukmeningkatkanaktivitasbelajardanhasilbelajarsiswaharusdipilihmodelpembelajaranyangtepat.PembelajaranPKndenganmenggunakanmodeltalkingstickdapatdipandangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakarenasiswadidoronguntukberanimengemukakanpendapat.Modelpembelajarantalkingsticksangatdiperlukanuntukmeningkatkanpolapikirmereka.Rumusanmasalahpenelitianiniadalah(a)apakahpenggunaanmodelpembelajarantalkingstickdapatmeningkatkanhasilbelajarpadamatapelajaranPKndiSMPNegeri19Malang(b)bagaimanapelaksanaanmodelpembelajarantalkingstick.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranPKndiSMPNegeri19MalangdenganpenggunaanmodelpembelajarantalkingstickbagisiswakelasVII-D.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatantindakankelas.Penelitianiniterdiridariduasiklus.Tiapsiklusdilaksanakandengantahapansebagaiberikut(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasidan(4)refleksi.Metodepenelitianyangdigunakanadalahmetodepenelitiandeskriptifkualitatif.SubjekpenelitianiniadalahguruPKnkelasVII-dansiswakelasVII-DSMPNegeri19Malang.Teknikpengumpulandatayangdigunakanpadapenelitianiniadalahobservasiwawancaradandokumentasi.Datayangdiperolehdianalisissecaradeskriptif.Pengecekankeabsahantemuanmenggunakantekniktriangulasipembahasantemansejawatevaluasidanrefleksi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelpembelajarantalkingstickdapatmeningkatkanhasilbelajarPKnpadatahapsiklusIpenggunaanmodelpembelajarantalkingsticksecaraindividusedangkanpadasiklusIImenggunakanmodelpembelajarantalkingsticksecrakelompok.PadasiklusIuntukmengetahuihasilbelajarpadamatapelajarnPKndikelasVII-DyaitupadaakhirpelajaranpenelitimemberikanposttestdansiswayangsesuaiKKMyaituberjumlah10orang(233%)sedangkanyangtidakmemenuhiberjumlah33orang(767%).HasilbelajarpadapenelitiansiklusIIsecarakelompoksudahmeningkatyaitudengansiswayangmemenuhiKKMberjumlah42orangsedangkansiswayangtidakmemnuhiKKMberjumlah1orang.PadasiklusIIsiswayangdapatmenjawabpertanyaandenganbenardanpercayadirimencapai714%atau10kelompokdari14kelompokyangmenjawabpertanyaansedangkanyangtidakmenjawabyaitudenganprosentase285%atauberjumlah4kelompok.HasiliibelajarpadasiklusIIsudahmengalamipeningkatanyaitudenganprosentase481%.PelaksanaanpadamodelpembelajarantalkingstickdalammeningkatkanmatapelajaranPKndiSMPNegeri19Malangyaituterdapatdalam4tahapyangsmaapadasiklusIsecaraindividualdanIIsecaraberkelompokyaitutahapperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.PadatahappelaksanaanpenelitimenentukanKDdanSKkemudianmenyusunRPP.Tahapselanjutnyamenjelaskanlangkahmodeltalkingsticktahappelaksanaangurumenjelaskanmateriterlebihdahulukemudianmenjelaskanlangkah-langkahmodeltalkingstickyaitugurumenjelaskanmaterikemudianmempersiapkantongkatmemberkantongkatkepadasiswadanbergilirketemanyanglainnyajikasalahsatumendapatkantongkatdansekaligusmendapatkanpertanyaan.TahappengamatansiswapadasiklusIcenderungmasihramaijikamendapatkangilirantongkatuntuksiapmendapatkanpertanyaantidakbisamwnjawabdenganalasanmalu-malu.Tahaprefleksigurumemberikankesimpulanbersamasiswatentanghakekatnorma-notmayangberlakudimasyarakatdalamprosespembelajaranpadasiklusIdansiklusII.Daripenelitiandiatasmakadikemukakansaransebagaiberikut(1)siswajudadapatmeningkatkankeberaniansiswapadaprosespembelajarandikelasdenganmenggunakanmodelpembelajarantalkingstick(2)gurujugaharusmampumeningkatkankemampuanyadalampenyusunanprogrampembelajaranyangbaik(3)gurujugaharusmampumeningkatkankemampuanyadalampenelitiantindakankelasuntukpeningkatankualitaspembelajarandanhasilbelajarpadamatapelajarnyangdiasuhnya(3)penelitijugaharusmengembangkandanmenggunakanmodelpembelajaranyangberhubungsndenganmodelpembelajarantalkingstickdalamprosesbelajar-mengajar.