Penerapan metode role playing atau bermain peran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VII SMP Negeri 3 Malang / Frista Wahyu

Main Author: Wahyu, Frista
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/51670/
Daftar Isi:
  • KataKuncimetoderoleplayingmotivasibelajarsiswaMatapelajaranPendidikanKewarganegaraanmerupakansebuahpembelajaranyangbukanhanyamenuntutsiswaberperilakusesuaiaturandannormayangadatapijugamenuntutsiswamembentukpolakepribadiansiswauntukmenjadiwarganegarayangunggulnantinya.DalamrangkapembentukanpolasikapinidibutuhkanlahsebuahmetodepembelajarantepatgunayangbukanhanyadapatmenyampaikanmateripembelajaranPKntetapijugadapatmembentukpolasikapsiswa.Metodepembelajarantersebutharuslahmetodepembelajaranyangaktifdenganmelibatkanaspekkognitifafektifsertapsikomotoriksiswa.SehingganantinyasiswalebihtermotivasiuntukmengikutisertamempelajarimatapelajaranPKn.Tapidalampelaksanaannyaguruseringkalimenerapkanmetodepembelajaranyangmembuatsiswakurangaktifdankurangtermotivasi.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatkanmotivasibelajarsiswamelaluipenerapanmetoderoleplayingataubermainperan.SubyekpenelitianadalahsiswakelasVIISMPNegeri3Malang.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahrancanganpenelitianquasiexperimentaldesigndengandesignmonequivalentcontrolgroupdesign.Padapenelitianinimelibatkankelompokkontroldankelompokeksperimen.SebagaikelaskontroladalahVII.3dankelaseksperimenadalahkelasVII.2.Kelaskontroldiajardenganmenggunakanmetodeyangbiasadigunakanolehguruyaitumetodeceramah.Sedangkanpadakelaseksperimendiajarmenggunakanmetoderoleplaying.Mula-mulasiswadiberisoalpretestterlebihdahulukemudiandiberikanperlakuanterhadapkeduanyayaituberupapembahasanmateridenganmenggunakanmetodepembelajarankemudiandiakhirpelajarandiberikansoalposttestdanangket.Untukmengujimotivasibelajarsiswadigunakanlahujit.Berdasarkananalisisdatapenelitiandiperolehthitung33danttabel2552.Sehinggathitungttabelartinyaterdapatperbedaanantaramotivasibelajarsiswapadakelaseksperimendengankelaskontrol.PerbedaanmotivasibelajarsiswadalammempelajarimatapelajaranPKnjugaterlihatdalamrata-ratahasilperolehankemampuanakhirataupost-testsetelahadanyaperlakuan.Diketahuirata-ratahasilperolehankemampuanakhirataupost-testpadakelaseksperimenadalah97.43danuntukkelaskontrolsebesar90.43.Perolehanhasilprosentasemotivasibelajarpadakelaseksperimendankelaskontroljugaberbeda.HaliniterbuktidenganketekunansiswadalammembacabukumatapelajaranPKnpadakelaseksperimensebesar11.76%sangatseringmembacabukumatapelajaranPKn50.00%seringmembacabukumatapelajaranPKndan38.24%jarangmembacabukumatapelajaranPKn.Sedangkanpadakelaskontrolsebesar3.12%siswasangatseringmembacabukumatapelajaranPKn9.38%siswaseringmembacabukumatapelajaranPKn46.88%siswajarangmembacabukumatapelajaranPKndan40.62%siswatidakpernahmembacabukumatapelajaranPKn.Selanjutnyauntukkeaktifansiswadalammengemukakanpendapatpadakelaseksperimensebesar35.29%siswasangataktifdalammengemukakanpendapatdikelassedangkanpadakelaskontrolhanyasebesar21.88%siswayangaktifdalammengemukakanpendapatdikelas.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajarandenganmenggunakanmetoderoleplayingdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswa.Sehinggasangatdisarankanuntukpembelajarandikelassebagaimetodepembelajaransaatgurumengajar.Terutamamateri-materiyangbersifatpenanamansikapdanpemecahanmasalah.