Penerapan metode role playing atau bermain peran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VII SMP Negeri 3 Malang / Frista Wahyu
Main Author: | Wahyu, Frista |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/51670/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimetoderoleplayingmotivasibelajarsiswaMatapelajaranPendidikanKewarganegaraanmerupakansebuahpembelajaranyangbukanhanyamenuntutsiswaberperilakusesuaiaturandannormayangadatapijugamenuntutsiswamembentukpolakepribadiansiswauntukmenjadiwarganegarayangunggulnantinya.DalamrangkapembentukanpolasikapinidibutuhkanlahsebuahmetodepembelajarantepatgunayangbukanhanyadapatmenyampaikanmateripembelajaranPKntetapijugadapatmembentukpolasikapsiswa.Metodepembelajarantersebutharuslahmetodepembelajaranyangaktifdenganmelibatkanaspekkognitifafektifsertapsikomotoriksiswa.SehingganantinyasiswalebihtermotivasiuntukmengikutisertamempelajarimatapelajaranPKn.Tapidalampelaksanaannyaguruseringkalimenerapkanmetodepembelajaranyangmembuatsiswakurangaktifdankurangtermotivasi.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatkanmotivasibelajarsiswamelaluipenerapanmetoderoleplayingataubermainperan.SubyekpenelitianadalahsiswakelasVIISMPNegeri3Malang.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahrancanganpenelitianquasiexperimentaldesigndengandesignmonequivalentcontrolgroupdesign.Padapenelitianinimelibatkankelompokkontroldankelompokeksperimen.SebagaikelaskontroladalahVII.3dankelaseksperimenadalahkelasVII.2.Kelaskontroldiajardenganmenggunakanmetodeyangbiasadigunakanolehguruyaitumetodeceramah.Sedangkanpadakelaseksperimendiajarmenggunakanmetoderoleplaying.Mula-mulasiswadiberisoalpretestterlebihdahulukemudiandiberikanperlakuanterhadapkeduanyayaituberupapembahasanmateridenganmenggunakanmetodepembelajarankemudiandiakhirpelajarandiberikansoalposttestdanangket.Untukmengujimotivasibelajarsiswadigunakanlahujit.Berdasarkananalisisdatapenelitiandiperolehthitung33danttabel2552.Sehinggathitungttabelartinyaterdapatperbedaanantaramotivasibelajarsiswapadakelaseksperimendengankelaskontrol.PerbedaanmotivasibelajarsiswadalammempelajarimatapelajaranPKnjugaterlihatdalamrata-ratahasilperolehankemampuanakhirataupost-testsetelahadanyaperlakuan.Diketahuirata-ratahasilperolehankemampuanakhirataupost-testpadakelaseksperimenadalah97.43danuntukkelaskontrolsebesar90.43.Perolehanhasilprosentasemotivasibelajarpadakelaseksperimendankelaskontroljugaberbeda.HaliniterbuktidenganketekunansiswadalammembacabukumatapelajaranPKnpadakelaseksperimensebesar11.76%sangatseringmembacabukumatapelajaranPKn50.00%seringmembacabukumatapelajaranPKndan38.24%jarangmembacabukumatapelajaranPKn.Sedangkanpadakelaskontrolsebesar3.12%siswasangatseringmembacabukumatapelajaranPKn9.38%siswaseringmembacabukumatapelajaranPKn46.88%siswajarangmembacabukumatapelajaranPKndan40.62%siswatidakpernahmembacabukumatapelajaranPKn.Selanjutnyauntukkeaktifansiswadalammengemukakanpendapatpadakelaseksperimensebesar35.29%siswasangataktifdalammengemukakanpendapatdikelassedangkanpadakelaskontrolhanyasebesar21.88%siswayangaktifdalammengemukakanpendapatdikelas.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajarandenganmenggunakanmetoderoleplayingdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswa.Sehinggasangatdisarankanuntukpembelajarandikelassebagaimetodepembelajaransaatgurumengajar.Terutamamateri-materiyangbersifatpenanamansikapdanpemecahanmasalah.