Upaya guru dalam mengintegrasikan materi kearifan lokal pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri 4 Nganjuk / Yurika Novita Sari

Main Author: Sari, Yurika Novita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/51646/
Daftar Isi:
  • KatakunciUpayagurukearifanlokalPendidikankewarganegaraan.Indonesiamerupakannegaramajemukyangterdiridariberbagaisukubahasadanagama.KeberagamantersebutmembuatIndonesiamemilikiberbagaikebudayaandaerahyangberbeda-beda.Setiapkebudayaandaerahmemilikiciridancoraktersendiri.Kebudayaandaerahyangbernilaibaikdandiikutituruntemurunolehmasyrakatnyadisebutkearifanlokal.Kearifanlokalbudayadaerahyangmenjadiakarkebudayaannasionalsangatpentingapabiladiberikankepadasiswamengingatkurangnyapemahamansiswaterhadapkearifanbudayalokalyangterusmenerushilangkarenaditelanderasnyaarusglobalisasi.Gurumemilikiperanyangpentingdalammenentukankualitaspengajaranyangdilaksanakandisekolah.GuruPendidikanKewarganegaraanmemilikiperananyangsangatpentingyaitudalammembentuksiswakaraketristikmaupunsikapdalamberperilakukesehariansehinggadiharapkansetiapindividumampumenjadipribadiyangbaik.MakaadanyaupayapemerintahdaerahyangbekerjasamadenganDinasPendidikanuntukmengintegrasikanmaterikearifanlokaldalampembelajaranPendidikanKewarganegaraan(PKn).UntukitulahpenelitidisiniinginmengetahuiupayagurudalammengintegrasimaterikearifanlokaldalampembelajaranPendidikanKewarganegaraan(PKn)diSMPNegeri4Nganjuk.Penelitianinidilakukanuntukmengetahui(1)RagamkearifanlokaldiKabupatenNganjuk(2)PemahamansiswaSMPNegeri4NganjuktentangkearifanlokaldiKabupatenNganjuk(3)UpayagurudalammengintegrasikanmaterikearifanlokalpadapembelajaranPKndiSMPNegeri4Nganjuk(4)KendalayangdihadapiolehgurudalammengintegrasikanmaterikearifanlokalpadapembelajaranPKn.Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdeskriptif.Untukmencapaitujuantersebutdatadikumpulkanmelaluiobservasipartisipatifwawancaramendalamdandokumentasi.DatayangdikumpulkanmeliputidatayangberasaldariberlangsungnyakegiatanpembelajaranPKndiSMPNegeri4Nganjukdansejumlahorangyangterlibatdalamkegiatan.Untukmenjagavaliditasdatamakapenelitimelakukanperpanjanganpengamatanpeningkatanketekunantriangulasidanmembercheck.Hasiltemuanpenelitianmenunjukkan(1)RagamkearifanlokaldiKabupatenNganjuk(2)PemahamansiswaSMPNegeri4NganjuktentangkearifanlokaldiKabupatenNganjuk(3)UpayagurudalammengintegrasikanmaterikearifanlokalpadapembelajaranPKndiSMPNegeri4Nganjuk(4)KendalayangdihadapiolehgurudalammengintegrasikanmaterikearifanlokalpadapembelajaranPKn.BahwaadanyaupayagurumengintegrasikannilaikearifanlokaldalampembelajaranPendidikanKewarganegaraanmelaluimaterinilainormadanadatistiadatyangdiajarkanpadasiswakelasVII.Adapuncaramengintegrasikedalammateriyaitudengancarapengenalansertaobservasilapanganberupamencarinarasumberwawancaradanmencarigambar.KendalayangdihadapigurudalammengintegrasimaterikearifanlokaldalampembelajaranPendidikanKewarganegaraan(PKn)yaitukurangnyaminatdanmotivasisiswadalampembelajarankarenamenganggaphalinimerupakansesuatuyangkunodanketinggalanjaman.Selainitukendalayangdihadapiadalahkurangnyadatayangdiperolehsiswapadasaattugasrumahwawancaratentangmaterikearifanlokalkarenakurangnyanarasumberyangbisamemberikandatadanterbatasnyaalatdanmediayangdigunakansiswapadasaatwawancaraberlangsung.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankanagarpemerintahdaerahbekerjasamadenganwargamasyarakatuntukterusmemperkenalkannilaibudayalokalterhadapgenerasimudakarenamengingatkurangnyapemahamangenerasimudaterhadapnilaibudayalokaldanagarnilaibudayalokaltersebuttidakhilangditelanarusglobalisasi.