Upaya guru dalam mengintegrasikan materi kearifan lokal pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri 4 Nganjuk / Yurika Novita Sari
Main Author: | Sari, Yurika Novita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/51646/ |
Daftar Isi:
- KatakunciUpayagurukearifanlokalPendidikankewarganegaraan.Indonesiamerupakannegaramajemukyangterdiridariberbagaisukubahasadanagama.KeberagamantersebutmembuatIndonesiamemilikiberbagaikebudayaandaerahyangberbeda-beda.Setiapkebudayaandaerahmemilikiciridancoraktersendiri.Kebudayaandaerahyangbernilaibaikdandiikutituruntemurunolehmasyrakatnyadisebutkearifanlokal.Kearifanlokalbudayadaerahyangmenjadiakarkebudayaannasionalsangatpentingapabiladiberikankepadasiswamengingatkurangnyapemahamansiswaterhadapkearifanbudayalokalyangterusmenerushilangkarenaditelanderasnyaarusglobalisasi.Gurumemilikiperanyangpentingdalammenentukankualitaspengajaranyangdilaksanakandisekolah.GuruPendidikanKewarganegaraanmemilikiperananyangsangatpentingyaitudalammembentuksiswakaraketristikmaupunsikapdalamberperilakukesehariansehinggadiharapkansetiapindividumampumenjadipribadiyangbaik.MakaadanyaupayapemerintahdaerahyangbekerjasamadenganDinasPendidikanuntukmengintegrasikanmaterikearifanlokaldalampembelajaranPendidikanKewarganegaraan(PKn).UntukitulahpenelitidisiniinginmengetahuiupayagurudalammengintegrasimaterikearifanlokaldalampembelajaranPendidikanKewarganegaraan(PKn)diSMPNegeri4Nganjuk.Penelitianinidilakukanuntukmengetahui(1)RagamkearifanlokaldiKabupatenNganjuk(2)PemahamansiswaSMPNegeri4NganjuktentangkearifanlokaldiKabupatenNganjuk(3)UpayagurudalammengintegrasikanmaterikearifanlokalpadapembelajaranPKndiSMPNegeri4Nganjuk(4)KendalayangdihadapiolehgurudalammengintegrasikanmaterikearifanlokalpadapembelajaranPKn.Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdeskriptif.Untukmencapaitujuantersebutdatadikumpulkanmelaluiobservasipartisipatifwawancaramendalamdandokumentasi.DatayangdikumpulkanmeliputidatayangberasaldariberlangsungnyakegiatanpembelajaranPKndiSMPNegeri4Nganjukdansejumlahorangyangterlibatdalamkegiatan.Untukmenjagavaliditasdatamakapenelitimelakukanperpanjanganpengamatanpeningkatanketekunantriangulasidanmembercheck.Hasiltemuanpenelitianmenunjukkan(1)RagamkearifanlokaldiKabupatenNganjuk(2)PemahamansiswaSMPNegeri4NganjuktentangkearifanlokaldiKabupatenNganjuk(3)UpayagurudalammengintegrasikanmaterikearifanlokalpadapembelajaranPKndiSMPNegeri4Nganjuk(4)KendalayangdihadapiolehgurudalammengintegrasikanmaterikearifanlokalpadapembelajaranPKn.BahwaadanyaupayagurumengintegrasikannilaikearifanlokaldalampembelajaranPendidikanKewarganegaraanmelaluimaterinilainormadanadatistiadatyangdiajarkanpadasiswakelasVII.Adapuncaramengintegrasikedalammateriyaitudengancarapengenalansertaobservasilapanganberupamencarinarasumberwawancaradanmencarigambar.KendalayangdihadapigurudalammengintegrasimaterikearifanlokaldalampembelajaranPendidikanKewarganegaraan(PKn)yaitukurangnyaminatdanmotivasisiswadalampembelajarankarenamenganggaphalinimerupakansesuatuyangkunodanketinggalanjaman.Selainitukendalayangdihadapiadalahkurangnyadatayangdiperolehsiswapadasaattugasrumahwawancaratentangmaterikearifanlokalkarenakurangnyanarasumberyangbisamemberikandatadanterbatasnyaalatdanmediayangdigunakansiswapadasaatwawancaraberlangsung.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankanagarpemerintahdaerahbekerjasamadenganwargamasyarakatuntukterusmemperkenalkannilaibudayalokalterhadapgenerasimudakarenamengingatkurangnyapemahamangenerasimudaterhadapnilaibudayalokaldanagarnilaibudayalokaltersebuttidakhilangditelanarusglobalisasi.