Keefektifan program latihan keterampilan bagi remaja putus sekolah di UPT Pelayanan Sosial Remaja Terlantar (PSRT) Blitar / Bagus Hendrawan Putu Karni

Main Author: Karni, Bagus Hendrawan Putu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/5163/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPutuKarniHendrawanBagus.2016.KeefektifanProgramPelatihanKeterampilanBagiRemajaPutusSekolahdiUPT.PelayananSosialRemajaTerlantar(PSRT)Blitar.SkripsiJurusanPendidikanLuarSekolahFIPUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SupriyonoM.Pd(II)Dr.ZulkarnainM.Pd.M.SiKataKunciProgramPelatihanKeterampilanUPTPelayananSosialRemajaTerlantar(PSRT)Blitarsebagaipembinaanterhadapremajaterlantaryangtelahmelaksanakanberbagaimacamkegiatanpelatihanmeliputikegiatanpelatihanketerampilanyangmerupakankegiatanpendidikanluarsekolah.Pelatihanadalahsuatuprosesmembantuoranglainuntukmemperolehkeahliandanpengetahuan.Penelitianinibertujuan(1)Inginmengetahuigambaranlatarbelakangkeluargapesertadidik.(2)Inginmengetahuitingkatkepastiansetelahmengikutipelatihan(3)InginmengetahuirencanatindaklanjutterhadaphasilpelatihanketerampilandiUPTPelayananSosialRemajaTerlantarBlitar.Penelitianinimengunakanpendekatankuantitatifdengandesaindeskripstif.DatayangdiperolehdengancaramenyebarangketkepesertadidikUPTdengansampel81respondendiambil50%daripopulasi.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahteknikanalisadeskriptifkuantitatifdimanadatayangdikumpulkandariangketdistribusifrekuensidigambarkanbentukdiagrambatangdankemudiandideskripsiakandandianalisis.Hasilpenelitianinidiketahuipesertadidikmasihberumurbelasantahunyangsudahputussekolahsehinggaperludiberipelatihanketerampilanuntukmingkatkansumberdayamanusianya(SDM).Adapunfaktoryangmenjadikanremajatidakmelanjutkansekolahnyaadalahdarilatarbelakangkeluargayangtergolongsumberdayamanusiatergolongrendahsertaperekonomiankeluarga.Darihasilhitungstatistikmencapaiprosentase65%sudahmemilikikepastiansetelahmengikutipelatihanketerampilan.Sedangkan591%dalamkriteriasudahadakepastianrencanatindaklanjutpascapelatihan.KesimpulanpenelitianinidapatdiketahuibahwapelatihanyangadadiUPT(PSRT)Blitarsudahefektif.Denganlatarbelakangdansumberdayamanusia(SDM)pesertadidikmasihtergolongrendahsertalatarbelakangkeluarga.Pesertadidiksudahmempunyaikepastiansetelahmengikutipelatihanketerampilan.UntukrencanatidaklanjutsudahadakepastiandariUPTPelayananSosialRemajaTerlantar(Blitar).Daripenelitianinidisarankan(1)UPT(PSRT)Blitardiharapkanmemberikanpelayananyangoptimaldanefektifkepadapesertadidik.(2)Pesertadidikdiharapkanmemilikiperasaankepastianoptimismesetelahmengikutipelatihanketerampilan.SertameningkatkanprogramrencanatindaklanjutterhadapalumniakanmeningkatanhasilterhadapprosespembelajarnyaselamadiUPT(PSRT)Blitar.