Hubungan antara kebiasaan belajar dan fasilitas belajar siswa dengan prestasi belajar PKn di SMP Negeri 13 Malang / Lailatul Badriyah
Main Author: | Badriyah, Lailatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/51590/ |
Daftar Isi:
- KataKunciKebiasaanBelajarFasilitasBelajarPrestasiBelajarPKnSalahsatuupayapeningkatansumberdayamanusiadapatdilakukandenganmeningkatkanmutupendidikan.Kegiatanbelajarmerupakankegiatanyangtidakdapatdipisahkandarikegiatanpendidikan.Berhasilataugagalnyapencapaiantujuanpendidikaniniamatbergantungpadaprosesbelajaryangdialamisiswabaikketikaiaberadadisekolahmaupundilingkunganrumahataukeluarganyasendiri.Prestasibelajarmerupakansalahsatuindikatoruntukmenentukankualitaspendidikan.PrestasibelajarmerupakanhasilbelajaryangmenggambarkankemampuanyangdimilikiolehsiswadalammenguasaisejumlahmatapelajarandiantaranyaialahpadamatapelajaranPendidikanKewarganegaraan(PKn).Didalamprosesbelajarsiswaterdapatbanyakfaktoryangmempengaruhi.Salahsatufaktorinternyangmempengaruhiprosesbelajarialahkebiasaanbelajarkebiasaanbelajarmerupakanmasalahinterndalamprosesbelajarsiswauntukbelajardenganbaiksiswaharusmengatasimasalahtersebut.Faktoryangtakkalahpentingnyauntukdipahamiialahsaranadanprasaranapencapaitujuanbelajarmisalnyaperlengkapanbelajaralatpraktikumbukutekspelajarandansebagainya.KebiasaanbelajardanprasaranasaranabelajarsiswamemilikiperanyangsangatpentingdalamprosesbelajarPKnsiswa.SebagaimanakitaketahuiprosesbelajaryangdilakukanolehsiswaakanmempengaruhihasilbelajaratauprestasibelajarPKnsiswa.Tujuandaripenelitianiniadalah(1)mendeskripsikankebiasaanbelajarPKnsiswaSMPNegeri13Malang(2)mendeskripsikanfasilitasbelajarPKnsiswaSMPNegeri13Malang(3)mendeskripsikanprestasibelajarPKnsiswaSMPNegeri13Malang(4)menjelaskanhubunganantarakebiasaanbelajarPKnsiswadenganprestasibelajarPKnsiswaSMPNegeri13Malang(5)menjelaskanhubunganantarafasilitasbelajarPKnsiswadenganprestasibelajarPKnsiswaSMPNegeri13Malang(6)menjelaskanhubunganantarakebiasaanbelajardanfasilitasbelajarPKnsiswadenganprestasibelajarPKnsiswaSMPNegeri13Malang.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifkorelasional.LokasipenelitiandiSMPNegeri13Malang.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswaSMPNegeri13MalangkelasVIIdanVIIITahunPelajaran2010/2011yangberjumlah622siswadengansampelsiswasebanyak62(10%).SumberdatadalampenelitianiniadalahsiswaSMPNegeri13Malangdandokumen.Tehnikpengumpulandatayangdigunakanadalahmetodeangketdandokumentasi.Proseduranalisisdatamenggunakanteknikanalisisdeskriptifdaninferensial(analisiskorelasi).Temuanpenelitianmenunjukkanbahwa(1)KebiasaanbelajarsiswaSMPNegeri13Malang.Sebesar13%atau8siswamemilikikebiasaanbelajardalamkategoribaiksebesar84%atau52siswamemilikikebiasaanbelajardalamkategoricukupsebesar3%atau2siswamemilikikebiasaanbelajardalamkategorikurangdan0%atau0siswamemilikikebiasaanbelajardalamkategorisangatkurang(2)FasilitasbelajarsiswaSMPNegeri13Malang.Sebesar79%atau49siswamemilikifasilitasbelajardalamkategoribaiksebesar21%atau13siswamemilikifasilitasbelajardalamkategoricukupsebesar0%atau0siswamemilikifasilitasbelajardalamkategorikurangsebesar0%atau0siswamemilikifasilitasbelajardalamkategorisangatkurang(3)PrestasiBelajarPKnSiswaSMPNegeri13MalangTahunPelajaran2010/2011.Sebesar161%atau1siswamemilikiprestasibelajarPKnyangbaiksebesar9193%atau57siswamemilikiprestasibelajarPKnyangcukupsebesar646%atau4siswamemilikiprestasibelajaryangkurangdan0%atau0siswamemilikiprestasibelajaryangsangatkurang(4)Terdapathubungan(korelasi)yangsignifikanantarakebiasaanbelajarsiswadenganprestasibelajarPKnsiswadengankorelasisebesar0554dengantarafsignifikan0003besarnyaprobabilitas0003