Penggunaan media CD interaktif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) siswa kelas VII bilingual SMPN 2 Malang / Devanti Intania Sari
Main Author: | Sari, Devanti Intania |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/51550/ |
Daftar Isi:
- Kata-kataKunciCDInteraktifMinatHasilBelajar.Gurudalammelaksanakanprosespembelajarandituntutuntukdapatmenguasaimodelpembelajarandanmenyesuaikannyadenganmateripelajaransehinggadapattercapaitujuanpembelajarandenganbaik.BerdasarkanobsevasiDiSMPNegeri2MalangkhususnyakelasbilingualmasihbelumadanyapembelajaranyangmenggunakanmediaCDinteraktifpadahaldikelastersebutbisamemanfaatkanfasilitasyangmerekamilikidikarenakansetiapsiswamempunyailaptopsendiri-sendiri.DalambelajarPKnSiswacenderungpasifkurangbersemangatbelajarmetodeyangditerapkanguruyaitumetode-metodeceramahdandiskusikecilsertanilaihasilulanganmerekarerata59.44danketuntasanbelajarklasikalmencapai29.62%.Sehinggaperluadanyaperbaikan.KondisidemikianmembutuhkansuatuperubahandalammenerapkanmodelpembelajaranagarsiswatidakbosandalambelajarPKn.SalahsatumodelpembelajaranyangperluditerapkanadalahpenggunaanmediaCDinteraktif.Peneltianinibertujuanuntuk(1)UntukmendiskripsikanpenggunaanmediamediapembelajaranCDInteraktifpadamatapelajaranPendidikankewarganegaraan(PKn)dapatmeningkatkanminatsiswadalammatapelajaranPKndikelasVIIbilingualSMPN2Malang.(2)UntukmendiskripsikanpenggunaanmediapembelajaranCDInteraktifpadamatapelajaranPendidikankewarganegaraan(PKn)dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadalammatapelajaranPKndikelasVIIbilingualSMPN2Malang.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdenganmenggunakanduasiklustindakan.SubyekdalampenelitianiniadalahsiswakelasVIIIbilingualdiSMPNegeri2Malangyangterdiridari27siswa.MinatsiswaselamapenelitiandiamatidenganmenggunakaninstrumenyangberupaangketminatsiswadanhasilbelajarsiswadiukurdenganinstrumenberupatesyangdiberikanpadasiklusIdansiklusII.Untukmenunjangdatapenelitiandigunakandataaktifitasguruselamapembelajarandanfotosiswa.Datayangdiperolehdianalisissecaradeskritif.Hasilpenelitianmenunjukanbahwaminatsiswameningkatyaitu3siswaatau11.11%meningkatmenjadi19siswaatau90.47%.DiketahuipadaSiklusIrerata74.44danketuntasanbelajarklasikal62.96%yangbelummencapaiketuntasanbelajar85%.SedangkanpadasiklusIIdenganrerata79.44denganketuntasanklasikal88.88.%.Halinimenunjukantelahmencapainilaiketuntasanbelajar85%danhasilbelajarsiswasudahtuntas.BerdasarkanhasilpenelitiandiharapkangurumatapelajaranPKndapatmenggunakanmediaCDinteraktifyangdisesuaikandenganmateriselamaprosespembelajaran.