Nilai-nilai moral yang melandasi perilaku santri dalam berinteraksi sosial (Studi kasus di pondok Pesantren Miftahul Ulum Al-Yasini Areng-areng, Wonorejo, Ngabar-Kraton, Pasuruan) / Ika Kharistia Lilyana

Main Author: Lilyana, Ika Kharistia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/51543/
Daftar Isi:
  • KatakunciNilai-nilaimoralperilakusantriinteraksisosialPerilakumanusiaselaluditampakkandalaminteaksisosial.Interaksisosialmerupakanhubunganyangterteradalambentuktindakan-tindakanyangberdasarkannilai-nilaidannorma-normasosialyangberlakumasyarakat.Nilai-nilaimoralyangdikembangkandipondokpesantrendigunakanuntukberinteraksiantaraparasantridankyaisantridanustadzahsantridansesamasantri.HubunganyangakrabantarasantridengansantrihidupsecaramandiridansederhanaadanyasuasanakebersamaandansantriterlatihhidupdisiplindantaqwaPenelitianbertujuan(1)untukmendeskripsikannilai-nilaimoralyangdikembangkandalamberinteraksisosialdipondokpesantrenMiftahulUlumAlYasiniAreng-arengWonorejoNgabarKratonPasuruan(2)untukmendeskripsikanbentukinteraksisosialdilingkunganpondokpesantrenMiftahulUlumAlYasiniAreng-arengWonorejoNgabarKratonPasuruan(3)untukmendeskripsikannilai-nilaiapasajayangmenjadilandasanperilakusantridalamberinteraksisosialdilingkunganpondokpesantrenMiftahulUlumAlYasiniAreng-arengWonorejoNgabarKratonPasuruan.PenelitianinidilakukandiPondokPesantrenMiftahulUlumAlYasiniAreng-arengWonorejoNgabarKratonPasuruanbulanOktobersampaiDesember2010.MetodepenelitianyangdigunakanadalahkualitatifdenganteknikobservasikajianpustakawawancaradenganKyaikepalabidangHumasustadzahsantridanorang-orangyangterkaitdenganPondokPesantrenMiftahulUlumAlYasini.Jenispenelitiannyaadalahpenelitiandeskriptifdananalisishasilpenelitianyangdipakaiadalahreduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Hasilpenelitianmenunjukkan(1)nilai-nilaimoralyangdikembangkandalamberinteraksisosialdipondokpesantrenMiftahulUlumAlYasiniadalahnilaikeagamaanberupakajiankitabkuningyangmengajarkanbeberapakitabdiantaranyakitabsullamtaufiqkitabakhlaqlilbanin.Kitabriyadussolihinkitabbulughulmaromkitabfathulqoribkitabihyaulumudinkitabshohihbukhorikitabibnuaqil.(2)bentukinteraksisosialdilingkunganPondokPesantrenMiftahulUlumAlYasiniadalahkegiatanestrakurikulersenihadrahkajiankitabkuningsenibeladirimubalighohasramamubalighohkubrodiba.(3)nilai-nilaiyangmenjadilandasanperilakusantridalamberinteraksisosialdilingkunganPondokPesantrenMiftahulUlumAlYasiniadalahnilaikeagamaansepertisholatpuasamengajikitabkuningnilaikebersamaansepertimakanmandimencucibajuberangkatsekolahpulangsekolahnilaikedisplinansepertimemakaibusanamuslimpiketkamarmandipiketkamartidur.Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanpondokagarsantrilebihseringberinteraksidengansantriyangbedakamarseyogyanyapondoklebihbanyakmengadakankegiatanyangbermanfaatagarsantrilebihmengenalkarakteristiksantrimasing-masingpengajardanpengasuhdipondokpesantrenseyogyanyadapatmenjadifigurdancontohyangteladanbagisantrimelaluisikapsehari-hari.Sehinnggasantridapatmencontohfigurpengajardanpengasuhnyaagarsantridapatmengamalkanilmuyangdidapatdaripondokbaikilmuagamamaupunilmuumumseyogyanyasantriharustekunbelajardengangiat.