Perlindungan konsumen terhadap tanggung jawab pelaku usaha jasa laundry di sekitar wilayah kampus Universitas Negeri Malang / Erika Dewi

Main Author: Dewi, Erika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/51529/
Daftar Isi:
  • KataKunciPerlindunganKonsumenTanggungjawabPelakuusahajasalaundryWilayahKampusUniversitasNegeriMalangPerlindunganhukumbagikonsumenpadaakhir-akhirinimemangmendapatperhatianyangcukupluasbaikdaripemerintahmaupunmasyarakat.Halinidikarenakanmasihbegitubanyakkerugian-kerugianyangdialamiolehkonsumenyangterlibatdenganperjanjianbaku.Dalambisnislaundrypengusahalaundrymencantumkanklausuleksonerasiatauklausulbakuhaltersebutmerupakanupayadaripelakuusahalaundryuntukmeminimalkantanggungjawabterhadapkonsumen.PenjelasanPasal18ayat(1)Undang-UndangPerlindunganKonsumenmenyebutkantujuandarilaranganpencantumanklausulabakuyaituLaranganinidimaksudkanuntukmenempatkankedudukankonsumensetaradenganpelakuusahaberdasarkanprinsipkebebasanberkontrak.tetapiditemukanperjanjianbakusepertidalamperjanjiankonsumendenganperusahaanjasalaundry.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan(1)jenis-jeniskerugianyangditanggungkonsumenpenggunajasalaundry(2)pertanggungjawabanpelakuusahajasalaundryterhadapkerugianyangditanggungkonsumenpenggunajasalaundry(3)perlindunganhukumbagikonsumenpenggunajasalaundry(4)upayayangdapatdilakukanolehkonsumenpenggunajasalaundrytersebutterhadapkerugianyangditanggungkonsumenpenggunajasalaundryPenelitianinimenggunakanpendekatanpenelitiankualitatif.Datayangdiperolehdisajikandalamalternatifdeskriptif.Adapunjenispenelitianyangdigunakanadalahstudikasus.SumberdatayangdiperolehdarikonsumenpenggunajasalaundrydisekitarwilayahkampusUniversitasNegeriMalangpelakuusahajasalaundrydisekitarwilayahkampusUniversitasNegeriMalangdanPerlindunganKonsumenkotaMalang.Pengambilandatadilakukandengantekhnikobservasiwawancaradandokumentasi.Hasilpenelitianinimenyimpulkanbahwa(1)konsumenpenggunajasalaundrymasihmengalamikerugianakibatkelalaianpelakuusahajasalaundrycontohkerugiansepertikelunturanwarnabajuyanglainsobekakibatprosespencuciankurangbersihdanwangiataupuntertukarpakaiandenganpelangganyanglain.Sertaketerlambatanpengambilan.Selainitubentukperjanjianbakujugadianggapmerugikankonsumen.(2)Usahajasalaundryinimemberikanpelayananyangmaksimalkepadakonsumennyanamundalampelayananiniditemukanbeberapaklaimdarikonsumenyaitukerusakanpakaiankurangbersihnyapakaiansertakehilanganaksesorispakaianyangdiakibatkanolehkelalainpihakusahajasalaundrydanbersediamenggantikerugiankonsumentanpaharusdimintaolehkonsumen.Tidaksemuapelakuusahajasalaundrybertanggungjawabataskelalaianyangterjadi.Parapelakuuasahajasalaundrymencantumkanklausulaeksonerasiatauklausulabakupadastruktransaksihaltersebutmerupakanupayadaripengusahalaundryuntukmeminimalkantanggungjawabterhadapkonsumen(3pengusahalaundrymencantumkanklausuleksonerasiatauklausulbakuhaltersebutmerupakanupayadaripengusahalaundryuntukmeminimalkantanggungjawabterhadapkonsumen.Pasal18ayat(1)dan(2)Undang-UndangPerlindunganKonsumenmenyebutkantujuandarilaranganpencantumanklausulabaku.PerlindungankonsumenselaindiaturdalamUndang-UndangrepublikIndonesiaadapunlembaga-lembagayangmelindunginyayaituLembagaPerlindunganKonsumen(4)Dari20konsumenyangmengalamikerugianada25%atau5orangyangmemintagantirugikepadapelakuusaha65%atau13orangyangdiamkarenatidaktahuharusmelaporkemanadan10%atau2orangyangmelaporpadaLembagaPerlindunganKonsumen.Saranyangdapatdisampaikanberkaitandenganhasilpenelitianadalahsebagaiberikut(1)Diharapkankosumenlebihtelitidalammenentukanpilihanatasbarangataujasayangdikonsumsikarenaberpengaruhbagikelangsunganhidupsertamengetahuiupayaapayangdilakukanjikadirugikan(2)Pelakuusahaberkewajibanmentaatiperaturanyangberlakusebagailangkahuntukmenjamintidakadapemasanganperjanjianbakuyangmerugikankonsumendantidakmelakukankecurangan-kecuranganyangmengakibatkankerugianterhadapkonsumen(3)DinasperijinandanLembagaPerlindunganKonsumenMalanglebihmemberikanpenyuluhansecarakhusustentangperdaganganjasalaundry.SedangkandalamhaladvokasiyangdilakukanLembagaPerlindunganKonsumenMalangberfungsisebagainegosiatordanbertindaksebagaiwakilkonsumenyangmembelakepentingankonsumendanberpihakpadakonsumen.