Hubungan pola asuh orang tua dengan aktivitas belajar dan prestasi belajar PKn siswa di SMP Negeri 17 Malang / Handoko Guruh Santoso
Main Author: | Santoso, Handoko Guruh |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/51521/ |
Daftar Isi:
- KatakuncipolaasuhprestasibelajarPolaasuhorangtuaakanmemberikanhubunganyangpositifantarapolaasuhorangtuaterhadapaktivitasbelajardenganprestasibelajarSiswaSMPN17Malang.Polaasuhdansikaporangtuayangdemokratismenjadikanadanyakomunikasiyangdialogisantaraanakdanorangtuadanadanyakehangatanyangmembuatanakmerasaditerimaolehorangtuasehinggaadapertautanperasaan(Lutfi199180).Anakyangcerdasdanprosesbelajaryangbaikdisekolahterkadangbelummampumenunjukkanprestasiyangsesuaidenganharapanorangtuadanguru.Haliniantaralaindisebabkanolehlingkungankeluargayangkurangmendukungbaikdalambentukkurangmendukungnyapenyediaansaranabelajarketidakharmonisandalamkeluargamaupunketidaktepatanpolaasuhorangtuayangnantinyadapatmenyebabkanmotivasibelajaranakmenurun.Penurunanmotivasibelajarininantinyaakanberpengaruhpadaprestasibelajarsiswayangjugaakanmenurun.Orangtuadanpolaasuhmemilikiperanyangbesardalammenanamkandasarkepribadianyangikutmenentukancorakdangambarankepribadianseseorangsetelahdewasakelak.Orangtuamemilikicaradanpolatersendiridalammengasuhdanmembimbinganak.Caradanpolatersebuttentuakanberbedaantarasatukeluargadengankeluargayanglainnya.Dalammendidikanakorangtuaharussedinimungkinmenanamkankebiasaanbelajaryangbaikdanmenumbuhkandisiplindirikepadaanak.TujuanPenelitian(1)UntukmengetahuijenispolaasuhyangditerapkanorangtuasiswaSMPNegeri17Malang(2)UntukmengetahuiaktivitasbelajarsiswaSMPN17Malang(3)UntukmengetahuibagaimanaprestasibelajarsiswaSMPNegeri17Malang(4)UntukmengetahuipengaruhyangsignifikanantarapolaasuhorangtuaterhadapprestasibelajarsiswaSMPNegeri17Malang.Penelitianinitergolongpenelitiandeskriptifkorelasional.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswaSMPNegeri17Malangdenganjumlah70siswa.Dalampengambilansampelyaitupenggunaanteknikproporsionalrandomsampling.Teknikpengumpulandatadenganmenggunakanangketdandokumentasi.DarihasilpenelitiandapatdiketahuipolaasuhyangdominanberpengaruhterhadapprestasibelajarsiswaiSMPN17Malangadalahpolaasuhotoritersebesar132%demokratissebanyak763%permisifsebanyak105%.PolaasuhberpengaruhsecarasignifikanterhadapY(Prestasibelajarsiswa).Darihasilanalisisdiketahuibahwa291%perubahanvariabely(prestasibelajarsiswa)disebabkanolehperubahanvariabelX(polaasuhorangtua)sedangkansisanya709%disebabkanolehfaktordiluarperubahanvariabelXyangtidakditelitidalampenelitianini.Sebagaiseorangsiswadantentunyasebagaianakjanganterlaluterpakupadajenispolaasuhyangditerapkanolehorangtua.Apadanbagaimanaorangtuamengasuhkitaitumerupakanhalterbaikyangdiberikanolehorangtua.Tugasutamaanaksebagaipelajaradalahbelajardengangiatuntukdapatmemperolehprestasiyanggemilang.Sebagaiorangtuamendidikanakmerupakanhalyangutamauntukmembentukkepribadiankepadaanak.Makadariitupenerapanpolaasuhyangtepatkepadaanakdapatmemberikandampakpositifkepadaanak.Denganpenerapanpolaasuhyangsesuaidengankondisianakakanmenyebabkananakmerasanyamansehinggaanaktidakraguuntukmengembangkanpotensiyangdimilikinya.Untukpenelitiselanjutnyahendaknyalebihbisamencarivariabel-variabellainyangberkaitandenganjudulpenelitianini.Sehinggapenelitianyangselanjutnyaakanbisalebihdikembangkanlagidanbisamenjadilebihbaiklagi