Hubungan pola asuh orang tua dengan aktivitas belajar dan prestasi belajar PKn siswa di SMP Negeri 17 Malang / Handoko Guruh Santoso

Main Author: Santoso, Handoko Guruh
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/51521/
Daftar Isi:
  • KatakuncipolaasuhprestasibelajarPolaasuhorangtuaakanmemberikanhubunganyangpositifantarapolaasuhorangtuaterhadapaktivitasbelajardenganprestasibelajarSiswaSMPN17Malang.Polaasuhdansikaporangtuayangdemokratismenjadikanadanyakomunikasiyangdialogisantaraanakdanorangtuadanadanyakehangatanyangmembuatanakmerasaditerimaolehorangtuasehinggaadapertautanperasaan(Lutfi199180).Anakyangcerdasdanprosesbelajaryangbaikdisekolahterkadangbelummampumenunjukkanprestasiyangsesuaidenganharapanorangtuadanguru.Haliniantaralaindisebabkanolehlingkungankeluargayangkurangmendukungbaikdalambentukkurangmendukungnyapenyediaansaranabelajarketidakharmonisandalamkeluargamaupunketidaktepatanpolaasuhorangtuayangnantinyadapatmenyebabkanmotivasibelajaranakmenurun.Penurunanmotivasibelajarininantinyaakanberpengaruhpadaprestasibelajarsiswayangjugaakanmenurun.Orangtuadanpolaasuhmemilikiperanyangbesardalammenanamkandasarkepribadianyangikutmenentukancorakdangambarankepribadianseseorangsetelahdewasakelak.Orangtuamemilikicaradanpolatersendiridalammengasuhdanmembimbinganak.Caradanpolatersebuttentuakanberbedaantarasatukeluargadengankeluargayanglainnya.Dalammendidikanakorangtuaharussedinimungkinmenanamkankebiasaanbelajaryangbaikdanmenumbuhkandisiplindirikepadaanak.TujuanPenelitian(1)UntukmengetahuijenispolaasuhyangditerapkanorangtuasiswaSMPNegeri17Malang(2)UntukmengetahuiaktivitasbelajarsiswaSMPN17Malang(3)UntukmengetahuibagaimanaprestasibelajarsiswaSMPNegeri17Malang(4)UntukmengetahuipengaruhyangsignifikanantarapolaasuhorangtuaterhadapprestasibelajarsiswaSMPNegeri17Malang.Penelitianinitergolongpenelitiandeskriptifkorelasional.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswaSMPNegeri17Malangdenganjumlah70siswa.Dalampengambilansampelyaitupenggunaanteknikproporsionalrandomsampling.Teknikpengumpulandatadenganmenggunakanangketdandokumentasi.DarihasilpenelitiandapatdiketahuipolaasuhyangdominanberpengaruhterhadapprestasibelajarsiswaiSMPN17Malangadalahpolaasuhotoritersebesar132%demokratissebanyak763%permisifsebanyak105%.PolaasuhberpengaruhsecarasignifikanterhadapY(Prestasibelajarsiswa).Darihasilanalisisdiketahuibahwa291%perubahanvariabely(prestasibelajarsiswa)disebabkanolehperubahanvariabelX(polaasuhorangtua)sedangkansisanya709%disebabkanolehfaktordiluarperubahanvariabelXyangtidakditelitidalampenelitianini.Sebagaiseorangsiswadantentunyasebagaianakjanganterlaluterpakupadajenispolaasuhyangditerapkanolehorangtua.Apadanbagaimanaorangtuamengasuhkitaitumerupakanhalterbaikyangdiberikanolehorangtua.Tugasutamaanaksebagaipelajaradalahbelajardengangiatuntukdapatmemperolehprestasiyanggemilang.Sebagaiorangtuamendidikanakmerupakanhalyangutamauntukmembentukkepribadiankepadaanak.Makadariitupenerapanpolaasuhyangtepatkepadaanakdapatmemberikandampakpositifkepadaanak.Denganpenerapanpolaasuhyangsesuaidengankondisianakakanmenyebabkananakmerasanyamansehinggaanaktidakraguuntukmengembangkanpotensiyangdimilikinya.Untukpenelitiselanjutnyahendaknyalebihbisamencarivariabel-variabellainyangberkaitandenganjudulpenelitianini.Sehinggapenelitianyangselanjutnyaakanbisalebihdikembangkanlagidanbisamenjadilebihbaiklagi