Pengembangan multimedia pembelajaran IPA "Energi dalam Sistem Kehidupan" kelas VII B semester 2 kurikulum 2013 di SMPN 23 Malang / Raditya Susetyo Wiyono

Main Author: Wiyono, Raditya Susetyo
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/515/
Daftar Isi:
  • Wiyono, Raditya Susetyo. 2014. Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPAÔÇ£Energi Dalam Sistem KehidupanÔÇØ Kelas VII B Semester II Kurikulum 2013 di SMP Negeri 23 Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dr. Sulthoni, M.Pd., (II) Yerry Soepriyanto, S.T., M.T. Kata kunci : multimedia pembelajaran IPA, kelas VII B semester II, SMP Negeri 23 Malang Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang menekankan pada pendekatan ilmiah. Pendekatan ilmiah (scientific approach) merupakan pengembangan sikap, keterampilan, dan pengetahuan peserta didik dalam pendekatan yang memenuhi kriteria ilmiah, yang meliputi mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan. Dalam analisis kebutuhan yang dilakukan pada mata pelajaran IPA kelas VII di SMP Negeri 23 Malang,(a) pembelajaran di kelas masih didominasi oleh guru sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran,(b) kurang lengkapnya materi ÔÇ£Energi dalam Sistem KehidupanÔÇØ yang tersaji dalam buku pegangan siswa,(c) terdapatnya laboratorium komputer yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran IPA. Berkaitan dengan itu, diperlukan pengembangan multimedia pembelajaran yang dapat mempermudah siswa dalam memahami materi energi dalam sistem kehidupan di SMP Negeri 23 Malang. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran dan mengetahui tingkat validitas produk pengembangan multimedia pembelajaran IPA energi dalam sistemkehidupan kelas VII B semester 2 kurikulum 2013 di SMP Negeri 23 Malang. Peneliti menggunakan metode yang diadaptasi dari model pengembangan media yang dikembangkan oleh Stephen M.Alessi & Stanley R. Trollip yang terdiri dari (1) Preparation (Mempersiapkan Bahan) (2) Design (Mendesain Pembelajaran) (3) Flowcharting ( Membuat Flowchart Pembelajaran) (4) Storyboarding (Membuat StoryboardPembelajaran) (5) Programing and Support Materials (Memprogram dan Bahan Pendukung) (6) Evaluation (Evaluasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Multimedia pembelajaran IPA ini dinyatakan valid atau layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPA untuk SMP kelas VII semester 2 dengan materi energi dalam sistem kehidupan. Hal itu ditunjukkan dengan hasil perhitungan ahli media 73,7 %, ahli materi 85 % dan siswa individual/perorangan 90 % serta siswa kelompok kecil 92,5 % dan uji lapangan 93,6 %.Hasil uji coba dan uji lapangan menyatakan bahwa media telah layak digunakan dalam pembelajaran di kelas. Multimedia pembelajaran dengan materi energi dalam sistem kehidupan ini valid dan layak digunakan dalam pembelajaran, sehingga multimedia ini dapat digunakan siswa sebagai alternatif belajar yang menarik agar siswa tidak jenuh dalam menerima materi pelajaran IPA, bagi guru dapat dijadikan bahan pertimbangan sebagai alternatif mediauntuk meningkatkan prestasi belajar siswa, dan bagi pengembang lain disarankan agar mengembangkan dengan materi pokok lain sesuai dengan karakteristik bidang studinya.